Janji kedatangan-Nya semakin dekat

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Janji kedatangan-Nya semakin dekat
Logo Cool.png
Suplemen Diskusi COOL
PeriodeMei 2010
MingguI (2010-18)
Sebelumnya
    Selanjutnya
      “...dan berkata kepada mereka: “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? YESUS ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke Surga” (Kisah 1:11)

      Di bulan Mei ini kita akan memperingati Kenaikan TUHAN YESUS ke Surga yang telah terjadi 2000 tahun yang lalu di bukit Zaitun yang disaksikan oleh para rasul dan orang percaya lainnya, setelah 40 hari dari kebangkitan-Nya di antara orang yang mati. Selama 40 hari YESUS telah menampakkan diri kepada para murid termasuk peristiwa di Emaus dan peristiwa Petrus yang mendapat mujizat dalam menangkap ikan.

      Waktu tidak terasa semakin cepat dan singkat saja kelihatannya, kesibukan dalam berbagai hal membuat waktu berjalan tanpa terasa, demikian juga dengan bulan ini kita sudah kembali dibawa untuk memperingati kenaikan-Nya yang telah dilakukan-Nya pada zaman dulu. Setiap memperingati kenaikan-Nya maka kita juga diingatkan akan “Janji Kedatangan-Nya”. Kedatangan-Nya memang harus ditandai dengan tanda-tanda yang harus terjadi atas dunia, manusia dan gereja-Nya. Kalau kita memperhatikan atas ke tiga area tersebut maka kedatangan-Nya untuk yang kedua kali sudah di ambang pintu. Apa yang harus kita lakukan sebagai orang percaya yang hidup di akhir zaman, pada waktu memperingati kenaikan-Nya ke surga?
      1. Mempersiapkan diri agar tidak bercacat cela tubuh, jiwa dan roh (1 Tesalonika 5:23)
      2. Paulus memerintahkan ayat tersebut kepada jemaat di Tesalonika pada saat mengalami tekanan, aniaya dan penindasan dalam hidupnya, karena kepercayaan akan KRISTUS --dengan menyatakan pengharapan bahwa imannya di dalam KRISTUS-- tidak sia-sia karena suatu saat DIA pasti datang untuk menyongsong umat-Nya. Itulah sebabnya Paulus memerintahkan untuk menjaga tubuh, jiwa dan roh untuk tidak bercacat cela. Diskusi/sharing: Bagaimana dengan tubuh, jiwa dan roh kita saat ini? Apa yang membuat tubuh, jiwa dan roh kita tercemar sehingga tidak bercacat cela? Apa yang harus kita lakukan agar tubuh, jiwa dan roh kita tidak bercacat cela? Hidup intim dengan TUHAN merupakan cara yang efektif untuk merubah tubuh, jiwa dan roh kita menjadi tak bercacat cela, sebab ketika kita intim/bergaul dengan ALLAH maka kita akan mengalami impartasi dari ALLAH dan kita berubah menerima sifat dan karakter buah Roh dalam diri kita.

      3. Mempersiapkan diri menjadi Mempelai yang Dewasa (Yohanes 3:29)
      4. Dalam konteks ayat ini, Yohanes Pembaptis memberitahukan tentang Mempelai Laki-laki yaitu KRISTUS, yang memiliki Mempelai Perempuan, dan dirinya hanya sahabat mempelai laki-laki dan bersukacita. Apa maksudnya? Mempelai laki-laki itu melalui ayat Kisah 1:11 akan datang kembali untuk menjemput mempelai wanita-Nya yang dewasa rohaninya. Diskusi/sharing: Apakah anda sudah merasakan menjadi dewasa secara rohani? Mengapa anda tidak bertumbuh secara rohani? Apa penghambat untuk anda bertumbuh secara rohani? bagaimana supaya anda bisa bertumbuh secara rohani? Jadilah Mempelai Wanita yang Dewasa sebab itu yang menjadi persyaratan agar kita dibawa oleh Mempelai Pria yaitu YESUS KRISTUS.

      Peneguhan

      Dengan memperingati Kenaikan-Nya, kita diingatkan bahwa kedatangan-Nya sudah dekat, dengan cara yang sama pada waktu DIA naik ke sorga, demikian juga DIA akan datang kembali ke dunia ini, untuk menjemput orang-orang yang tak bercacat cela dan mempelai-Nya yang dewasa di dalam iman dan rohani untuk dibawa ke tempat yang telah dipersiapkan-Nya. Jadilah orang percaya yang tak bercacat cela dalam tubuh, jiwa dan roh serta posisikan diri kita menjadi mempelai wanita yang dewasa, anda yang akan diangkat oleh YESUS KRISTUS.

      Ya ALLAH damai sejahtera, kuduskan aku seluruhnya
      Agar roh, jiwa dan tubuhku terpelihara sempurna

      Hidup kudus dan tak bercacat di hadapan-Mu
      Mulia, suci pada kedatangan-Mu

      Hosana, Hosana, datanglah TUHAN YESUS
      Hosana, Hosana ku merindukan-Mu

      Sumber