Salib bukti kasih Kristus

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Salib bukti kasih Kristus
Logo Cool.png
Suplemen Diskusi COOL
PeriodeApril 2010
MingguII (2010-14)
Sebelumnya
    Selanjutnya
      "Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya." (Yohanes 15:3)

      Bulan April ini kita memperingati Jumat Agung dan juga Paskah yang mengingatkan akan kesengsaraan dan kematian KRISTUS di Golgota bagi kita manusia hina dan berdosa. Doa KRISTUS yang dinaikkan di Getsemani untuk mengikuti kehendak Bapa dengan meminum Cawan, penyiksaan yang dialami di Via Dolorosa dengan ejekan, pukulan dan cambuk serta pemakuan di atas kayu salib di Golgota dengan memberikan penghinaan mahkota duri, itu semua YESUS terima sebagai wujud kasih yang besar bagi kita.

      Kata kasih bukan hanya sekedar ungkapan mulut, bukan pula kata-kata pemanis tetapi di dalamnya ada suatu tindakan yang membawa pengorbanan diri dan mengalahkan kepentingan diri. Ini yang YESUS lakukan ketika DIA mengasihi kita:

      DIA berikan nyawanya sebagai tindakan dari kasih yang ditujukannya kepada kita, kasih yang membuat diri-Nya rela menderita, sengsara, dihina dan memberikan nyawanya sampai mati bagi kita. Salib adalah bukti kasih KRISTUS kepada kita, tidak diragukan lagi kata kasih yang DIA ucapkan sudah digenapi di atas kayu salib. KRISTUS telah membuktikan kasih-Nya kepada kita dengan jalan:

      1. Minum Cawan yang pahit di mana seharusnya kitalah yang meminumnya.
      2. Mengalami aniaya, penyiksaan, penghinaan, dicambuk, dipukul, diludahi, dipermalukan yang seharusnya kita yang mengalaminya.
      3. Tergantung di atas kayu salib sebagai orang yang ditolak oleh sorga dan bumi yang seharusnya kita yang ada ditempat itu.

      Peristiwa dan kejadian ini telah membuktikan kepada kita bahwa KRISTUS sangat mengasihi kita dan ditunjukkan dengan kehilangan nyawanya bukan untuk diri-Nya, tetapi bagi kita.

      Kalau kita mengasihi ALLAH, apa bukti kita mengasihi YESUS KRISTUS?

      Dalam Markus 8:34 dikatakan, "...Setiap orang yang mau mengikut AKU, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut AKU."

      Diskusi

      Pertanyaannya kepada kita, jika kita mengasihi TUHAN maka:

      1. Tindakan kasih apa yang telah kita buat bagi KRISTUS?
      2. Bersediakah kita memberikan nyawa kita bagi KRISTUS sebagai bukti kasih kita kepada-Nya?

      Dengan memperingati Paskah ini, kembali mengingatkan kita suatu kejadian di mana KRISTUS yang tergantung di atas kayu salib telah menunjukkan kasih-Nya kepada kita.

      Kubersyukur buat kasihMu meny’lamatkan hidupku
      Oh YESUS, TUHAN dan Rajaku
      Dengan apa kan kubalas anugrahMu yang ajaib?
      Biarlah hidupku selalu menyenangkan hatimu

      (Ref) Betapa kagum kumelihat perbuatan tanganMu
      Ajaib dan mulianya kuasaMu nyata dalam hidupku
      Sungguh ku tak dapat mengerti besarnya kuasaMu
      Oh indahnya, oh heran kasihMu

      Gembala Pembina Pdt Dr Ir Niko Njotorahardjo, para Wakil Gembala Pembina, Kepala Sub Divisi Pembinaan COOL, dan segenap jajaran Pengerja GBI Jalan Gatot Subroto-Jakarta mengucapkan Selamat Hari Jumat Agung dan Paskah 2010. Kasih TUHAN YESUS memberikan Pemulihan dan Kelimpahan bagi kita semua.

      Sumber