Pemulihan dan kelimpahan yang Ia sediakan

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Pemulihan dan kelimpahan yang Ia sediakan
Logo Cool.png
Suplemen Diskusi COOL
PeriodeMaret 2010
MingguIV (2010-12)
Selanjutnya
    Lapangkanlah tempat kemahmu, dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu! Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan ke kiri, keturunanmu akan memperoleh tempat bangsa-bangsa, dan akan mendiami kota-kota yang sunyi. Janganlah takut, sebab engkau tidak akan mendapat malu, dan janganlah merasa malu, sebab engkau tidak akan tersipu-sipu. Sebab engkau akan melupakan malu keremajaanmu, dan tidak akan mengingat lagi aib kejandaanmu. (Yesaya 54:2-4)

    Tahun 2010 TUHAN memberikan tema kepada kita bahwa "Tahun 2010 adalah Tahun Pemulihan & Kelimpahan." Kita semua bersukacita dan exciting ketika mendengar pernyataan ini. Gembala Jemaat/Pembina juga mengutarakan bahwa pemulihan yang akan TUHAN lakukan salah satunya adalah seperti yang tertera dalam Amsal 6:31. Amin!

    Ketika kami bertanya kepada TUHAN, bagaimana visi ini menjadi nyata dalam COOL, TUHAN mengingatkan bahwa sebenarnya visi ini telah TUHAN berikan sejak dahulu, yaitu dalam Yesaya 54:2-3 (baca kembali bersama).

    Pemulihan apa saja yang TUHAN sediakan bagi orang-orang yang setia dan percaya kepada-Nya?

    Yesaya 54:3, "Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan kiri, keturunanmu akan memperoleh tempat bangsa-bangsa, dan akan mendiami kota-kota sunyi."

    1. Berkembang ke tempat/wilayah yang sebelumnya tak terpikirkan.
      TUHAN membawamu ke tempat/wilayah yang sebelumnya tidak pernah engkau pikirkan. Tempat/wilayah bisa saja berbicara daerah secara fisik, tetapi juga bisa berbicara mengenai karir, bisnis, usaha, pelayanan dan sebagainya. Jika dahulu mungkin hidupmu dipenuhi dengan kesulitan-kesulitan, sehingga sepertinya hidupmu sebagaimana tertulis dalam Mazmur 91:7, tetapi kalau engkau taat, percaya dan setia, justru apa yang dianggap sebagai kehancuran dan "kota sunyi" (dianggap tidak ada harapan), itu yang akan TUHAN berikan dan pulihkan dalam hidupmu.
    2. Diterima dan bahkan dicari-cari orang banyak.
      Jika dahulu mungkin orang menjauhimu, mencibiri dan mungkin bahkan memusuhimu, tetapi di dalam keadaan yang semakin tergoncangkan, sekarang mereka berbalik akan mencarimu, memohon masukanmu dan bahkan memintamu untuk mendoakan mereka. Mengapa? Karena Zakharia 8:23 (baca bersama) menjadi kenyataan, yaitu mereka melihat bagaimana TUHAN memelihara dan menyertai kita. Inilah yang dimaksud dengan "tempat bangsa-bangsa". Hari-hari ini akan semakin banyak orang mencari TUHAN dan mereka akan mencarinya melaluimu.

    Diskusi

    Renungkanlah kembali ayat 3 ini. Galilah lebih dalam berkat-berkat TUHAN yang terkandung dalam ayat ini. TUHAN pasti berbicara secara pribadi kepada setiap anggota COOL melalui ayat 3 ini.

    Bagaimana Yesaya 54:3 dapat menjadi kenyataan? Apa yang menjadi bagian yang harus kita lakukan dalam janji TUHAN ini?

    Yesaya 54:2, "Lapangkanlah tempat kemahmu, dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu!"

    1. Buka hatimu terhadap perubahan dan perbesarlah kapasitasmu.
      Firman TUHAN berkata "lapangkanlah tempat kemahmu". Perubahan yang akan TUHAN izinkan terjadi dalam hidup kita haruslah kita terima dengan hati yang terbuka. Ingatlah, kata "pemulihan" mengandung arti perubahan, dan bisa saja berarti sesuatu yang mungkin telah rusak, TUHAN perbaiki. Mungkin pemulihan itu berarti kita akan berhadapan dengan hal-hal yang pernah menyakitkan kita, tetapi TUHAN akan mengubahnya menjadi sukacita, asal kita membuka hati kita terhadap pekerjaan pemulihan yang TUHAN lakukan. TUHAN yang kita sembah bukanlah Allah atas masa lalu, tetapi ALLAH yang memberikan masa depan yang cerah dan penuh pengharapan dan damai sejahtera.
      "Lapangkanlah tempat kemahmu" juga berbicara kita harus bertumbuh dalam kapasitas pribadi: baik secara karakter, karunia dan ketrampilan. Setiap kelimpahan yang TUHAN sediakan, haruslah kita kelola dengan bertanggung-jawab, dan oleh karenanya kita perlu juga memperluas kapasitas diri kita untuk dapat mengelolanya dengan baik.
    2. Jadilah "tenda" bagi orang lain – dan jangan menghematnya!
      "Tenda" berbicara perawatan dan perlindungan. Di akhir zaman ini, TUHAN akan membawa banyak orang dalam pertobatan. Bagian kita adalah menjadi tenda; yaitu menjadi jawaban bagi hidup mereka. Ketika mereka bingung, tunjukkan kebenaran firman TUHAN. Ketika mereka putus asa, bagikan kasih TUHAN kepada mereka. Ketika mereka membutuhkan jawaban, bawa mereka kepada TUHAN YESUS. Ini adalah zaman akhir; bagikan kebenaran firman TUHAN kepada siapa pun yang mencari jawaban dan dukungan dari anda. Jangan unggulkan kemampuan dan pengalaman Anda ketika menasehati dan memberi dukungan, tetapi tunjukkan pada mereka bahwa Anda sebagaimana Anda ada saat ini, itu semua semata-mata karena kemurahan dan kasih TUHAN.
    3. Tetap kokoh: taat, percaya, dan tertanam kuat dalam firman TUHAN.
      Ingatlah Ulangan 11:8-15, bahwa hidup kita harus senantiasa tertanam kuat dalam firman TUHAN. Jangan sampai Anda memberitakan firman ke mana-mana, tetapi Anda sendiri ditolak TUHAN karena tidak tertanam kuat dalam-Nya. TUHAN akan bergerak secara luar biasa di akhir zaman ini; siapa yang tidak tertanam kuat akan goyah, tetapi yang menanam dirinya dengan patok-patok firman secara kuat, tidak akan pernah tergoncangkan.

    Peneguhan

    Pemulihan dan Kelimpahan juga artinya akan muncul perubahan dan kitapun perlu berubah dalam melayani TUHAN dan bergaul dengan sesama kita. Seringkali manusia menjadi gamang dalam menjalani perubahan dan menjalani Yesaya 54:2 di atas, namun TUHAN memberikan janji yang luar biasa menguatkan kita dalam ayat 4, yaitu: kita tidak akan menjadi malu, kita tidak usah takut karena kesalahan-kesalahan dan kejatuhan-kejatuhan yang mungkin kita buat di masa lampau ("malu keremajaan"). Itu tidak akan menjadi beban yang menyeret. Iblis akan mencoba mendakwa kita bahwa kita mungkin pernah melawan TUHAN ("aib kejandaan" – yaitu kita mencoba berjalan sendiri), tetapi ingatlah bahwa TUHAN sudah mengasihi dan mengampuni kita, sehingga kita tidak perlu takut, tidak perlu malu untuk menjalani bagian kita dalam janji TUHAN yang luar biasa ini.

    Lapangkanlah tempat kemahmu, bentangkan tenda kediamanmu
    Jangan menghemat, panjangkan talinya
    Dan pancangkan kokoh patokmu

    (Ref) S’bab engkau kan mengembang ke kanan ke kiri
    Keturunanmu kan memperoleh bangsa-bangsa
    Dan mendiami kota-kota sunyi
    Siapkanlah dirimu

    Sumber