Kuasa doa orang benar

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Kuasa doa orang benar
Logo WBI WOW.png
Materi COOL Wanita
PeriodeMei 2013
MingguII (2013-20)
Sebelumnya
Selanjutnya
    Unduh PDF
    “... doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan sangat besar kuasanya.” (Yakobus 5:16b)

    Diskusi awal

    Ambillah waktu untuk saling sharing akan pengalaman Prayer March bulan lalu; apa yang di dapat sebelum dan saat melaksanakannya dan hal-hal yang terjadi sesudahnya.

    Kata “Doa” memang sangat akrab terdengar di telinga kita sebagai orang percaya, namun ironisnya belum semua orang Kristen menjadikan Doa sebagai bagian dari gaya hidupnya sehari-hari. Doa lebih berkesan sebagai bentuk kegiatan yang membosankan dan menghabiskan waktu. Sehingga seringkali mereka melewatkan/mengesampingkan doa dalam aktivitas sehari-hari. Kalaupun berdoa, hanya 3 (tiga) doa yang paling sering dilakukan yaitu doa pagi, doa makan dan doa sebelum tidur yang masing-masing hanya menghabiskan waktu sekitar 5 menit saja! Padahal, sebagai orang benar (dalam Kamus Alkitab, orang benar = orang-orang yang percaya kepada Yesus Kristus) kalau kita sungguh-sungguh berdoa, kita akan melihat kuasa yang besar dari doa-doa kita. Contohnya:

    Elia, sungguh-sungguh berdoa agar hujan tidak turun dan hujan pun tidak turun di bumi selama 3, 5 tahun. Lalu Elia berdoa pula dan langit menurunkan hujan dan bumi pun mengeluarkan buahnya (Yak 5:17-18).

    3 kuasa doa orang benar:

    1. Doa orang benar menyentuh Sorga
    2. Amsal 15:29 berkata, “Tuhan itu jauh daripada orang fasik, tetapi doa orang benar didengar-Nya.” Mazmur 34:16, 18 berkata, “Mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada teriak mereka minta tolong; Apabila orang-orang benar itu berseru-seru, maka Tuhan mendengar dan melepaskan mereka dari segala kesesakannya.” Semua orang yang ada di bumi ini bisa berdoa, berseru, berteriak kepada Tuhan. Tetapi sebagai orang benar kita memiliki keistimewaan dari Tuhan. Doa kita didengar oleh Tuhan, doa kita menyentuh Sorga. Haleluya! Kalau kita merasakan seakan-akan doa kita ‘mentok’ atau tidak menembus ke Sorga, mari kita evaluasi diri kita, jangan sampai dosa menghambat doa kita sehingga tidak sampai kepada Tuhan. (Yesaya 59:1-2)
    3. Doa orang benar mengubahkan hidup (1 Tawarikh 4:9-10)
    4. Sebagai orang benar, Yabes lebih dimuliakan dari pada saudara-saudaranya. Hanya saja, arti nama Yabes kemungkinan besar adalah gambaran dari apa yang Yabes alami dalam kehidupannya, yakni kesakitan, kesukaran dan penderitaan. Yabes berdoa, dia berseru kepada Allah Israel. Apa yang dia serukan? Perubahan hidup! Yabes berdoa: “Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku daripada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku! ” “Dan Allah mengabulkan permintaannya itu”... Yabes pun mengalami perubahan hidup! Kalau doa Yabes mendatangkan kuasa untuk mengubahkan hidupnya, demikian juga dengan doa Anda!
      • Saat keadaan dalam hidupmu sepertinya tidak sebagaimana yang Tuhan janjikan, berdoalah!
      • Saat bisnismu dan keluargamu tidak berjalan sesuai dengan harapanmu, berdoalah!
      • Saat lingkungan tempat tinggalmu, orang-orang yang engkau kenal dan kasihi belum mengenal Tuhan Yesus, berdoalah!
    5. Doa orang benar menjangkau dunia
    6. Perhatikan ayat Mazmur 2:7-8 yang berkata, “Aku mau menceritakan tentang ketetapan Tuhan; Ia berkata kepadaku: “Anak-Ku engkau! Engkau telah Kuperanakan pada hari ini. Mintalah kepada-Ku, maka bangsa-bangsa akan kuberikan kepadamu menjadi milik pusakamu, dan ujung bumi menjadi kepunyaanmu. Orang benar adalah orang yang percaya kepada Yesus Kristus dan menerimanya sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Pengertian orang benar adalah orang yang dibenarkan oleh Tuhan Yesus. Yohanes 1:12 berkata: “Tetapi semua orang yang menerima-Nya, diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya.” Secara fisik, kita mungkin tidak dapat menjangkau seluruh dunia dan menjadikan semua bangsa murid Tuhan Yesus seperti amanat agung-Nya. Tetapi melalui kita bisa menjangkau seluruh bangsa di dunia melalui Doa!

    Aplikasi

    1. Mulai saat ini, jangan lagi hanya berdoa bagi diri sendiri, atau keluarga kita saja. Berdoalah juga bagi bangsa-bangsa yang ada di 5 benua. Yakinlah bahwa doa-doa kita dapat menggerakkan hati Tuhan untuk menyatakan kuasa-Nya (keselamatan jiwa-jiwa, transformasi serta lawatan Roh Kudus yang dahsyat) atas bangsa-bangsa.
    2. Prayer March yang sudah kita laksanakan di bulan Maret tidaklah berhenti begitu saja. Setiap COOL diminta untuk terus melakukan Prayer March (doa keliling), minimal 1x setiap bulannya. Mulailah rencanakan dan sepakati kapan COOL Anda akan melakukan Prayer March kembali di bulan Mei.

      Kata “Doa” memang sangat akrab terdengar di telinga kita sebagai orang percaya, namun ironisnya belum semua orang Kristen menjadikan Doa sebagai bagian dari gaya hidupnya sehari-hari.