Yesus bangkit

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Yesus bangkit
Logo WBI WOW.png
Materi COOL Wanita
PeriodeMei 2013
MingguI (2013-19)
Sebelumnya
Selanjutnya
    Unduh PDF
    “Bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci” (1 Korintus 15:4)

    Pendahuluan

    Kebangkitan Yesus Kristus merupakan kabar sukacita yang patut kita rayakan sebagai orang percaya. Sebab jika Tuhan Yesus tidak bangkit dari kematian-Nya maka sia-sialah kepercayaan kita pada-Nya. Tapi puji Tuhan, kita bersyukur kepada Bapa di Sorga, karena Tuhan Yesus telah bangkit dan mengalahkan maut. Oleh karena inilah kita merayakan dan memperingati hari Paskah ini.

    Dalam Perjanjian Lama, Paskah berarti tanda darah yang dioleskan di pintu-pintu rumah bangsa Israel pada saat mereka di Mesir (Keluaran 12:13). Darah anak domba yang dioleskan di pintu merupakan tanda bahwa anak-anak sulung akan diluputkan dari malaikat maut/kematian, di mana pada saat itu tulah anak sulung sedang dicurahkan bagi Mesir.

    Melihat perjanjian baru, bukan lagi darah hewan (anak domba) yang dikorbankan melainkan darah Anak Domba Allah yaitu Yesus Kristus. Ia rela mencurahkan darah-Nya dan mati di kayu salib bahkan Ia bangkit dan hidup pada hari ketiga hanya untuk meluputkan kita dari kematian kekal. Ia memberi keselamatan bagi hidup kita.

    Isi

    Ada 4 kebenaran yang perlu kita ketahui mengenai kebangkitan Yesus Kristus:

    1. Ia bangkit untuk menyatakan bahwa Ia adalah Tuhan (1 Korintus 15:57)
    2. Tuhan Yesus bangkit dari kubur dan menyatakan diri-Nya kepada semua murid-murid-Nya agar mereka tahu bahwa apa yang Ia telah firmankan sebelumnya telah digenapi, bahwa Ia akan mati dan pada hari yang ketiga Ia akan bangkit dari maut. Wanita Allah! Kebangkitan Tuhan membuktikan bahwa Ia adalah Tuhan, ini berarti kita tidak pernah sia-sia, tidak pernah salah saat kita menyembah-Nya (1 Korintus 15:10).
    3. Ia bangkit untuk memberkati (Yohanes 21:6)
    4. Pada saat Tuhan Yesus bangkit, Ia melihat para murid-Nya kembali kepada pekerjaan lama mereka yaitu menjadi nelayan, akan tetapi sampai saat itu pun mereka belum mendapat apa-apa. Disana Tuhan Yesus berkata pada mereka untuk menebarkan jala di sebelah kanan perahu dan hasilnya jala mereka penuh ikan-ikan sebanyak 153 ekor banyaknya. Wanita Allah! dalam keadaan seperti itu pun, Tuhan selalu rindu untuk memberkati setiap murid-murid-Nya yaitu kita semua.
    5. Ia bangkit untuk memberi kuasa (Markus 16:14-18)
    6. Tuhan Yesus memberi kuasa kepada setiap murid-murid-Nya yaitu semua orang percaya. Roh-Nya yang kudus akan memampukan setiap kita untuk menyatakan kuasa dan kebaikan-Nya pada semua orang. Ia memberikan Roh keberanian atas kita sehingga kita dapat menaklukkan segala kuasa-kuasa setan, bahkan kita dapat memegang ular dan saat minum racun maut kita pun tidak mendapat celaka. Wanita Allah! Tuhan bangkit agar setiap kita pun bangkit dan bersaksi dan melawan segala kuasa-kuasa tipu muslihat iblis dengan kuasa dan otoritas dari Tuhan Yesus.
    7. Tuhan Yesus Bangkit Supaya Kita Melaksanakan Amanat Agung (Matius 28:19-20)
    8. Kuasa kebangkitan Tuhan memampukan kita untuk memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kuasa darah-Nya yang telah tercurah dan perkataan kesaksian kita dapat mengalahkan kuasa si jahat (Wahyu 12:10-11). Oleh sebab itu, marilah Wanita Allah! kita mulai memberitakan Injil-Nya menjadikan semua orang murid-Nya, membaptis mereka dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus agar mereka diselamatkan, dipulihkan, diperbaharui, disembuhkan. Percayalah saat kita melakukan tugas, kita tidak pernah sendiri karena Ia akan selalu menyertai kita sampai kepada akhir zaman.

    Penutup

    Wanita Allah! jangan biarkan kuasa kebangkitan Tuhan Yesus atau Paskah ini berlalu begitu saja. Namun, biarlah setiap kita dapat mengerti dan memahami makna sesungguhnya dari Kuasa kematian dan kebangkitan-Nya. Ini waktunya setiap kita mulai introspeksi diri, kembali kepada kehendak Bapa di Sorga agar kita dapat masuk dalam level yang baru. Ia rindu agar setiap kita diberkati berlimpah-limpah.

    “Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan Tuhan terbit atasmu. Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang Tuhan terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu.” (Yesaya 60:1-2)

    Tuhan Yesus memberkati.

    Kebangkitan Yesus Kristus merupakan kabar sukacita yang patut kita rayakan sebagai orang percaya. Sebab jika Tuhan Yesus tidak bangkit dari kematian-Nya maka sia-sialah kepercayaan kita pada-Nya.