Bertekun dalam Firman Tuhan

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Bertekun dalam Firman Tuhan
Logo WBI WOW.png
Materi COOL Wanita
PeriodeMaret 2013
MingguI (2013-10)
Sebelumnya
Selanjutnya
    Unduh PDF
    "Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil." (Mazmur 1:1-3)

    Pendahuluan

    Para Wanita! Sebuah penelitian baru menunjukkan sebagian besar orang Kristen tidak membaca Alkitab setiap hari. LifeWay Research menemukan bahwa 90 persen dari anggota Gereja setuju dengan pernyataan, "Saya ingin menyenangkan dan menghormati Yesus dalam semua hal yang saya lakukan." Tapi ketika ditanya secara pribadi berapa besar frekuensi mereka membaca Alkitab (di luar dari ibadah Gereja):

    • 19 % menjawab "setiap hari."
    • 26 % mengatakan beberapa kali seminggu.
    • 14 % mengatakan mereka membaca Alkitab "sekali seminggu."
    • 22 % mengatakan "sekali sebulan" atau "beberapa kali dalam sebulan."
    • 18 % mengatakan "jarang/tidak pernah."

    Isi

    Sangat disayangkan kalau sebagai orang percaya kita tidak bertekun membaca Alkitab setiap hari. Karena ada berkat yang luar biasa TUHAN sediakan kalau kita membaca, merenungkan, memperkatakan serta melakukan Firman TUHAN (Alkitab) setiap hari. Berkat apa yang tersedia?

    1. Mengalami tuntunan, penyertaan, dan hubungan yang luar biasa dengan TUHAN
    2. "Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku." (Mazmur 119:105) Tahun 2013 bagi orang dunia akan menjadi tahun yang "gelap" dan sukar diprediksi, tetapi bagi kita orang percaya yang membaca Alkitab setiap hari, TUHAN akan menuntun dan menyertai kita, membuat jalan kita menjadi terang. Ketika kita membaca Alkitab, ayat-ayat itu masuk ke dalam database otak kita. Ketika kita memerlukan petunjuk, pengarahan, Roh Kudus bekerja dan mengeluarkan ayat itu dari ingatan kita. Ketika terjadi hal-hal yang di luar rencana, kita tiba-tiba bisa melihat, "Oh maksud TUHAN begini." Itu bisa terjadi karena kita mengerti isi hati TUHAN dari ayat-ayat yang kita baca setiap hari. Selain itu, Baca Alkitab setiap hari juga membuat kita punya dasar yang kuat dan pertimbangan yang matang ketika harus membuat keputusan-keputusan penting. Waktu yang baik untuk membaca Alkitab adalah pagi hari, dengan beberapa alasan/pertimbangan:
      • Pikiran kita masih segar setelah beristirahat malam.
      • Kita masih belum disibukkan dengan banyak tugas.
      • Udara masih segar dan bersih, belum banyak keramaian sehingga menolong kita lebih berkonsentrasi dalam membaca Alkitab.
    3. Mengalami pertumbuhan rohani
    4. "... tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya..." (Mazmur 1:2-3) Orang percaya yang kesukaannya membaca dan merenungkan Firman TUHAN, akan mengalami pertumbuhan rohani yang "subur" seperti pohon yang ditanam di tepi aliran air. Buku-buku rohani dan kaset-kaset khotbah memang bagus untuk mengembangkan kerohanian kita, tetapi jauh lebih baik jika kita juga bisa makan makanan rohani langsung dari sumber utamanya-Alkitab yang adalah Firman TUHAN. Baca Alkitab setiap hari itu penting sekali. Karena ibaratnya tubuh tiap hari perlu makan, jiwa kita juga begitu. Roh kita apalagi. Firman Allah adalah kebenaran, karenanya membaca dan mempelajari Alkitab merupakan kegiatan yang memiliki dampak paling besar terhadap pertumbuhan rohani, sayangnya, masih banyak jemaat yang belum membaca Alkitab secara teratur. Anda tidak akan tumbuh jika Anda tidak mengenal Allah dan menghabiskan waktu di dalam Firman Allah. Sebagai wanita yang bijaksana, kita harus mengajarkannya pada anak-anak kita.

    Sharing

    Ambil waktu beberapa menit untuk memberikan kesempatan beberapa orang anggota COOL untuk bersaksi tentang pengalaman mereka mengalami penyertaan TUHAN sebagai dampak dari bertekun membaca dan merenungkan Firman TUHAN.

    Para Wanita! Sebuah penelitian baru menunjukkan sebagian besar orang Kristen tidak membaca Alkitab setiap hari.