Mereka kehabisan anggur

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Mereka kehabisan anggur
Logo WBI WOW.png
Materi COOL Wanita
PeriodeJuni 2012
MingguI (2012-23)
Sebelumnya
Selanjutnya
    Unduh PDF
    Ketika mereka kekurangan anggur, ibu Yesus berkata kepada-Nya: "Mereka kehabisan anggur" (Yohanes 2:3)

    Pendahuluan

    Mujizat pertama yang dilakukan Tuhan Yesus ialah pada waktu pernikahan di Kana, Yesus dan murid-murid-Nya diundang di perkawinan itu tetapi di tengah pesta pernikahan, mereka kehabisan anggur dan saat itu Yesus berkata kepada pelayan-pelayan agar mengisi tempayan-tempayan itu penuh dengan air. Merekapun mengisinya sampai penuh. Yesus kemudian menyuruh mereka membawanya kepada pemimpin pesta. Ketika mereka mencedok air dan dibawa kepada pemimpin pesta yang mengecapnya, air itu pun sudah berubah menjadi anggur.

    Isi

    Pesta pernikahan di Kana merupakan gambaran perjalanan pernikahan kita. Mungkin saat ini ada yang sudah menikah 5-20 tahun bahkan lebih, dan kita menghadapi kenyataan bahwa manisnya anggur pernikahan sudah "tidak terasa" lagi. Kita perlu mengevaluasi hubungan kita dengan suami, mungkin sudah ada yang suam-suam. Mari kita simak beberapa tips pernikahan bahagia berikut ini:

    1. Jangan marah pada waktu yang bersamaan
    2. Wanita harus ambil waktu untuk diam pada waktu suami marah, jangan memancing suasana yang membuat suami kalap dan emosi yang tidak terkendali. Mudahlah memberi pengampunan, tenangkan hati. Minta Roh Kudus untuk menenangkan hati kita dan menghentikan kemarahan pasangan kita. Kita cari akar masalahnya dan selesaikan dengan bijak.
    3. Jangan berteriak satu sama lain
    4. Ingat jika kita punya anak-anak, mereka mungkin menjadi takut melihat orang tuanya sedang ribut. Masuklah ke kamar dan beri penjelasan dengan baik.
    5. Mengalah untuk menang
    6. Dalam rumah tangga, wanita adalah penolong. Berarti kita harus siap menolong suami karena kita diciptakan untuk memperlengkapi kehidupan suami kita. Puji Tuhan!
    7. Menegur dengan kasih
    8. Suami-suami terkadang gengsi kalau ditegur oleh istrinya, oleh sebab itu menegur suami haruslah dengan kasih dan hormat sebab suami adalah kepala rumah tangga.
    9. Melupakan kesalahan masa lalu
    10. Wanita punya kecenderungan suka mengungkit-ungkit hal yang lalu. Tidak perlu dibicarakan lagi hal yang sudah diselesaikan. Yang sudah-sudah buang saja ke laut.
    11. Selalu ada komunikasi
    12. INI YANG PENTING!! Pergunakanlah alat-alat komunikasi yang Anda miliki hari ini untuk menjaga hubungan tetap baik dan mesra dengan suami.
    13. Pujilah pasanganmu dengan berbagai cara.
    14. Jangan monoton, buatlah surprise, kejutan-kejutan kecil yang tidak disangka oleh pasangan kita, jadilah kreatif. (Jangan menyajikan telur ceplok terus setiap pagi)
    15. Bersedia mengakui kesalahan
    16. Jangan tutupi kesalahan yang kita lakukan hari ini. Malam hari sebelum tidur, akui dengan sungguh-sungguh minta maaf dan minta ampun kepada Tuhan.

    Kesimpulan

    Para Wanita!

    • Mari kita check dan re-check hubungan pernikahan kita, apakah anggur kita masih tersedia dan tetap manis?
    • Diskusikanlah 10 tips di atas dan saling mendoakan untuk kondisi kita masing-masing saat ini.

      Ketika mereka kekurangan anggur, ibu Yesus berkata kepada-Nya: "Mereka kehabisan anggur" (Yohanes 2:3)

    Mujizat pertama yang dilakukan Tuhan Yesus ialah pada waktu pernikahan di Kana.

    Yesus dan murid-murid-Nya diundang di perkawinan itu, tetapi di tengah pesta pernikahan, tuan rumah kehabisan anggur. Saat itu, Yesus berkata kepada pelayan-pelayan agar mengisi tempayan-tempayan itu penuh dengan air. Mereka pun mengisinya sampai penuh.