Mertua dan menantu

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Mertua dan menantu
Logo WBI WOW.png
Materi COOL Wanita
PeriodeNovember 2011
MingguIII (2011-46)
Sebelumnya
Selanjutnya
    Unduh PDF
    Tetapi kata Rut “Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam; bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku; (Rut 1:16)

    Pendahuluan

    Selain perempuan yang namanya tidak tertulis di Amsal 31, Rut adalah satu-satunya perempuan dalam Alkitab yang disebut “Perempuan yang Saleh” walaupun sebutan itu tidak didapat dari masa mudanya. Rut dilahirkan dan dibesarkan di Moab yang menyembah kepada berhala yang bernama KAMOS (2 Raja 3:27), Rut hidup di suatu masyarakat yang melakukan penyembahan dengan sangat kejam yaitu dengan mempersembahkan anak-anak kecil sebagai kurban kepada KAMOS. Rut menikah dengan keluarga Ibrani yang mengungsi dari Betlehem ke Moab karena kelaparan yang terjadi pada waktu itu. Naomi adalah ibu mertua Rut, suatu saat Bapak mertua Rut dan suami Rut meninggal di tanah Moab lalu Naomi memutuskan untuk kembali ke Betlehem, walaupun ibu mertuanya meminta Rut untuk tinggal tapi Rut bersikeras untuk tetap ikut bersama ibu mertuanya kembali ke Betlehem.

    Isi

    Diharapkan setiap para wanita dapat mempelajari dan membaca kitab Rut pasal 1-4. Kisah Naomi dan menantunya Rut mencerminkan hubungan yang sangat indah dan mesra antara mertua dan menantu. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hubungan mertua dan menantu dapat berjalan dengan baik.

    1. Naomi seorang ibu mertua yang berjiwa besar (Rut 1:7-14)
    2. Dengan segala kebesaran hati Naomi mempersilahkan para menantunya untuk kembali ke orang tuanya masing-masing setelah suami-suami mereka meninggal. Namun Rut tetap bertahan dan sangat mengasihi mertuanya itulah sebabnya Rut berkata Bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku. Ketika pulang ke Betlehem Naomi menyimpan suatu kepahitan dalam hidup pribadinya pengalaman pahit yang dia terima selama di Moab suami dan kedua anak laki-lakinya meninggal (Rut 1:18-22). Namun segala sesuatu harus dihadapi oleh Naomi .
    3. Rut seorang menantu yang taat dan patuh (Rut 1:16-17)
    4. Kasih sayang Rut terhadap mertuanya membuatnya berkomitmen untuk ikut mertuanya apapun yang terjadi.
      • Rut rajin bekerja untuk menolong ibu mertua di masa tuanya (Rut 2:2-4)
      • Rut rendah hati (Rut 2:5-10)

    Penerapan

    Bagaimana posisi kita saat ini? sebagai mertuakah atau sebagai menantu. Mari kita contoh perbuatan baik yang dilakukan Naomi sehingga menantunya sangat sayang padanya.

    Perbuatan Rut yang selalu rajin dan patuh serta menghormati mertua sehingga mertuanya pun sayang padanya, dan pada akhirnya atas izin ibu mertuanya Rut dipersunting oleh Boas.

    Catatan

    • 22 November 2011: Ibadah WBI
    • 25 November 2011: Pengarahan COOL Wanita