Jangan kehilangan semangat

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Jangan kehilangan semangat
Logo WBI WOW.png
Materi COOL Wanita
PeriodeSeptember 2011
MingguII (2011-37)
Sebelumnya
Selanjutnya
    Unduh PDF
    “Mengapa engkau tertekan hai jiwaku” (Mazmur 42:6)

    Pendahuluan

    Kehilangan semangat menghancurkan harapan, jadi dengan sendirinya iblis selalu berusaha melemahkan semangat kita. Tanpa pengharapan kita akan putus asa, memang inilah yang iblis inginkan dari kita. Alkitab berulang kali memberitahu kita agar jangan hilang semangat atau merasa cemas.

    Tuhan ingin kita bersemangat bukan hilang semangat. Pada saat ini begitu banyak hal yang membuat kita bisa hilang semangat.

    Isi

    Apa saja yang kita lakukan agar para wanita di tengah-tengah semua pergumulan yang terjadi tetap semangat?

    1. Berjalan Terus (Yesaya 43:2)
      Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau.
      Wanita Allah, apapun yang mungkin sedang kita hadapi atau alami sekarang dalam hidup ini kiranya kita tetap berjalan terus dan jangan putus asa.
      Habakuk 3:19; kita mulai melatih kaki kita seperti mengembangkan kaki rusa berjejak dibukit batu membuat kemajuan pada tempat-tempat tinggi. Menyaksikan cara Tuhan menolong, menguatkan, dan mendorong kita agar terus maju pada masa yang sukar.
    2. Menentukan Pilihan (Ulangan 30:19)
      Ada ribuan pilihan yang disuguhkan kepada kita setiap hari, tetapi kita harus berusaha untuk memilih yang benar, apa yang kita pikirkan menjadi apa yang kita perkatakan, kita harus dengan sadar dan sengaja memilih untuk memikirkan hal yang benar, mulia, adil, suci, manis, sedap didengar dan patut dipuji
    3. Jangan menyerah (Galatia 6:9)
      Bila kita kehilangan semangat atau rasa bersalah mencoba mempengaruhi kita, periksalah kehidupan pikiran kita segera.
      Contoh:
      aku tidak akan berhasil, ini terlalu sulit, aku selalu gagal, dia nggak pernah berubah, suamiku mau menang sendiri, aku jemu, mungkin Tuhan kecewa dengan caraku bertindak…
      Jika hal ini merajai pikiran maka pasti kita kehilangan semangat dan di bawah penghukuman
      Contoh pemikiran yang baik:
      Aku mempercayai Allah, aku percaya Dia sedang bekerja di dalamku, tidak peduli apapun yang mungkin kurasakan, atau betapa sulitnya situasi yang mungkin terjadi. Tuhan telah memulai suatu pekerjaan yang baik di dalamku dan Dia akan menyelesaikannya dengan baik (Filipi 1:6; 2:13)

    Kesimpulan

    Para Wanita; kita dapat berhasil memenangkan semangat kita dan kita memperkatakan:

    • Aku menolak untuk kehilangan semangat
    • Aku menolak untuk menerima hukuman karena Engkau mengutus Yesus untuk mati bagiku.

    Doakan bersama kelompok

    Bapa... mungkin pada hari yang lalu aku mengalami hari yang sulit kadang aku lebih memilih hal yang keliru sepanjang hari kemarin. Ampunilah aku dan tolonglah aku untuk terus maju. Aku tidak mau mengulangi kesalahan itu. Inilah hari yang baru, aku tahu Tuhan sangat mengasihiku untuk menerima rahmat-Mu yang baru setiap pagi.