Baik hati dan taat pada suami

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Baik hati dan taat pada suami
Logo WBI WOW.png
Materi COOL Wanita
PeriodeJuni 2011
MingguIV (2011-26)
Sebelumnya
Selanjutnya
    Unduh PDF
    “Hidup bijaksana dan suci, rajin mengatur rumah tangganya, baik hati dan taat kepada suaminya, agar Firman Allah jangan dihujat orang.” (Titus 2:5)

    Pendahuluan

    Akhir jaman ini yang paling gencar diincar iblis adalah rumah tangga; sebab kalau rumah tangga bahagia maka iblis tidak suka. Itulah sebabnya, mari para wanita tetap siaga. Wanita yang dipakai untuk memenangkan keluarga; kalau suami berhasil pasti ada seorang wanita (istri) yang melakukan tugas sebagai penolong yang baik.

    Anak yang berhasil pasti ada seorang ibu yang melakukan tugasnya dengan luar biasa. Berarti tugas istri dalam rumah tangga punya peran yang sangat penting. Amsal 14:1, “Perempuan yang bijak mendirikan rumahnya, tetapi yang bodoh meruntuhkannya dengan tangannya sendiri.”

    Isi

    Ciri-ciri wanita yang baik hati dan taat kepada suami:

    1. Menjaga hati (Amsal 4:23)
      Menjaga hati merupakan hal yang penting, apa yang kita kerjakan hati lah sumber penentu sebab dari hati terpancar kehidupan. Tidak mungkin kita bisa mengerjakan sesuatu kalau hati gundah gulana. Roh Kudus harus menguasai hati kita, sehingga di dalam melakukan tugas sebagai penolong yang baik dan berpengetahuan dapat berfungsi dengan baik. Amsal 31:11, “Hati suaminya percaya kepadanya, suaminya tidak akan kekurangan keuntungan.” Hidup keluarganya diberkati berlimpah-limpah.
    2. Menjadi perisai doa (1 Petrus 3:12)
      Wanita harus terus memagari keluarga dengan doa artinya kita yang berjaga-jaga dari siasat iblis, memagari, menahan serangan musuh, panah-panah api dari si jahat dan kuasa-kuasa kegelapan; sehingga orang-orang yang kita cintai suami dan anak terhindar dari serangan si jahat dan selamat. Kita diibaratkan seperti bemper mobil, bila mobil tertabrak maka bemper tertabrak lebih dulu. Wanita, apa yang kita lakukan itu sangat membuat suami dan anak-anak kita berbahagia (Amsal 31:28). Siapa yang sudah melakukan hal ini setiap pagi?
    3. Selalu mengucap syukur (1 Tesalonika 5:18)
      Hari-hari ini adalah masa-masa yang sulit, mungkin di dalam pekerjaan suami juga ada masalah; ajaklah suamimu mengucap syukur. Biarkan kasih Kristus memerintah dalam hati, menjadikan satu roh dan satu tubuh Kristus. Sebab dalam kebutuhan sehari-hari kita tidak perlu kuatir, karena Allah sumber berkat memenuhi segala keperluan menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus (Filipi 4:19). Kerjakan segala sesuatu dengan hati yang tulus, selalu mengucap syukur atas kebaikan Allah. “Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.” (Kolose 3:23)

    Kesimpulan

    Para Wanita,

    • Wanita yang baik hati dan taat kepada suami membuat umur suami lebih panjang, hatinya selalu bersyukur, bergairah dalam pelayanan dan pekerjaan.
    • Wanita yang baik hati adalah wanita yang berintegritas, artinya wanita yang memiliki nilai-nilai luhur.
    • Diskusikan dalam kelompok 2-3 orang, apakah para wanita sanggup menjaga hati dengan baik?