Pencurahan Roh Kudus

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Pencurahan Roh Kudus
Logo WBI WOW.png
Materi COOL Wanita
PeriodeJuni 2011
MingguII (2011-24)
Sebelumnya
Selanjutnya
    Unduh PDF
    Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat . Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.” (Kisah Para Rasul 2:1-4)

    Pendahuluan

    Setelah kita memperingati kematian Tuhan Yesus dan kebangkitan-Nya, kita memperingati juga kenaikan-Nya ke Surga serta pencurahan Roh Kudus. Pencurahan Roh Kudus yang pertama melahirkan gereja mula-mula, hingga sekarang Tuhan terus menguasai dan memimpinnya untuk terus berlipat ganda. Kini jumlah orang percaya dimuka bumi mencapai 2,3 Miliar, dan Tuhan berjanji akan mencurahkan Roh Kudus semakin hebat di bumi hingga Injil menjadi kesaksian bagi semua bangsa di bumi, jumlah orang bertobat pasti makin bertambah-tambah sekalipun kejahatan juga makin bertambah-tambah. Gereja harus mempersiapkan diri untuk pencurahan Roh Kudus (hujan awal dan hujan akhir) yang semakin dahsyat. Mengapa dan bagaimana?

    Isi

    Pencurahan Roh Kudus terjadi pada hari raya Pentakosta. Pentakosta artinya “kelima puluh“. Dalam Kisah 2:1, menjadi satu pengharapan janji Bapa untuk memberikan kuasa dari tempat tinggi:

    1. Karena Roh Kudus memberi kuasa kepada Gereja Tuhan (Kisah 1:8)
      Setiap gereja Tuhan perlu kuasa dari tempat tinggi, bahkan setiap orang percaya seharusnya mengalami “Pentakosta” agar ia dilengkapi dengan kuasa dari tempat tinggi yang berguna untuk menjadi saksi Kristus, memberitakan Injil disertai tanda-tanda (Markus 16:17-18).
    2. Karena Pencurahan Roh Kudus membangkitkan karunia-karunia rohani (Kisah 2:39)
      Pencurahan Roh Kudus diperuntukkan bagi setiap orang percaya, orang percaya memerlukan karunia Roh Kudus untuk melayani banyak orang.
    3. Bagaimana menerima Roh Kudus (Kisah 2:38)
      Bertobat dan menerima Yesus adalah syarat yang diberikan oleh Petrus agar mendapat anugerah berkat. Adalah janji Bapa untuk memberikan Roh Kudus kepada anak-anak-Nya. (Lukas 11:13)

    Kesimpulan

    Para Wanita,

    • Tidak ada satu metode buku untuk menerima Roh Kudus di dalam Kisah para Rasul. Murid-murid menerima Roh Kudus ketika sedang berdoa (Kisah 4:31), orang Samaria dan murid-murid menerima Roh Kudus ketika sedang ditumpangi tangan oleh rasul-rasul (Kisah 8:17), orang Samaria dan murid-murid menerima Roh Kudus ketika sedang mendengar Petrus berkhotbah (Kisah 10:44).

    Pertanyaan diskusi dan saling mendoakan

    Rindukah Saudara menerima pencurahan Roh Kudus? Jika Saudara sudah menerimanya, saksikan apa yang Saudara alami dan saling mendoakan.