Kelimpahan dalam kesehatan

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Kelimpahan dalam kesehatan
Logo WBI WOW.png
Materi COOL Wanita
PeriodeOktober 2010
MingguI (2010-40)
Sebelumnya
Selanjutnya
    Unduh PDF
    Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu. (Filipi 4:8)

    Pendahuluan

    Banyak orang tidak menghargai kesehatannya sebelum mereka kehilangan kesehatan itu.

    Kutipan kata-kata bijak ini menggambarkan apa yang banyak terjadi. Waktu muda mungkin kita malas berolah raga, makan dengan sembarangan, dan hidup tidak teratur. Tapi ketika kita sudah mulai menikah dan memiliki anak, serta usia semakin bertambah, kita mulai menuai hasil yang kita tabur akibat gaya hidup waktu muda.

    Isi

    Bagaimana keadaan kesehatan kita saat ini? Selagi masih ada waktu, saatnya kita lakukan perbaikan dalam beberapa hal berikut:

    1. Makan makanan yang sehat (Mazmur 145:15-16)
      Apa yang kita makan adalah hal yang sangat vital, menentukan kondisi kesehatan kita. Makanan dengan kadar gula dan lemak tinggi harus dihindari. Berapa persen buah-buahan dan sayur-sayuran dibandingkan gorengan yang kita konsumsi setiap hari? Sedapatnya hindari makanan olahan dari pabrik.
    2. Diet sehat
      Siapa yang tidak ingin tampak langsing? Tapi hati-hati, jangan karena keinginan itu sering membuat orang gelap mata dan terobsesi mendapatkannya dengan cara instan. Ingatlah program diet sehat selalu butuh proses jangka panjang dan olah raga. Diet sehat harus tetap seimbang, karena bagaimana pun kita tetap butuh asupan kalori, lemak, dan protein bagi tubuh kita.
    3. Olah raga (1 Korintus 9:27)
      Walaupun latihan badani terbatas gunanya, tetap harus diperhatikan. Tiap olah raga pada dasarnya punya manfaat yang berbeda, namun sebagai patokan, program olah raga kita harus bermanfaat bagi kesehatan jantung. Jantung adalah kekuatan kita. Sementara olah raga yang berbentuk permainan juga berguna sebagai sarana refreshing pikiran.
    4. Menambah dan mengurangi
      Inilah inti dari menjaga, termasuk menjaga kesehatan. Apa yang harus ditambah? Seiring bertambahnya usia, check up rutin ke dokter (meskipun tidak dalam kondisi sakit) harus jadi agenda rutin dan wajib. Perbanyak juga minum air putih yang berguna sekali untuk proses detoksifikasi (penghilang racun dalam tubuh).

    Kesimpulan

    Sebagai wanita Kristen, Tuhan ingin tubuh, jiwa, dan roh kita tetap dalam keadaan yang sehat. Selain kita menjaga hati, kita perlu juga menjaga tubuh kita.

    Diskusikan dalam kelompok, dan temukan solusinya.

    Catatan

    • 22 Oktober 2010: Pengarahan COOL Wanita
    • 26 Oktober 2010: Ibadah WBI WOW