Bersukacitalah

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. (Roma 14:17)

Pendahuluan

Sukacita adalah sebuah kekuatan yang menyingkirkan kekuatiran dari diri kita, sebuah kekuatan yang menyingkirkan keputusasaan, dan kekuatan yang menolong kita berjalan melintasi setiap penderitaan dan penganiayaan dengan penuh kemenangan. Sukacita sangat penting bagi kehidupan di masa-masa akhir ini. Tanpa sukacita, kita tidak dapat menjadi saksi yang efektif.

Isi

Secara alami, tidak selalu mudah untuk masuk ke dalam suasana puji-pujian ketika ada hal-hal yang tidak beres dalam kehidupan kita, ada masalah dan problem yang belum teratasi, tapi kita dapat melakukannya. Putuskanlah untuk tetap bersukacita.

  1. Tetap bersukacita di masa yang sulit (Habakuk 3:17-18)
    Habakuk tetap dapat memiliki sukacita sekalipun di tengah masalah yang sulit. Apa yang kita alami saat ini mungkin demikian juga, tetapi sukacita akan memberi kekuatan yang kita butuhkan untuk berjuang di setiap peperangan sehingga berakhir dengan kemenangan. Kalau kita sungguh percaya akan hal ini, maka kita harus menjaga agar sukacita kita tetap berkobar-kobar.
  2. Tetap bersukacita menjaga hati (Mazmur 51:12-14)
    Sukacita karena keselamatan yang dari Tuhan, kita telah dilahirkan kembali dan disucikan dalam darah Yesus. Sukacita karena mengetahui bahwa nama kita tertulis dalam kitab kehidupan. Sukacita karena mengetahui bahwa nama kita tertulis dalam kitab kehidupan. Sukacita akan memulihkan hidup kita ketika kita belajar untuk mengampuni, Tuhan mengampuni dosa kita, dan melemparkannya sejauh timur dari barat, dan tidak mengingat dosa-ingat dosa itu lagi. (Mazmur 103:2 dan Yesaya 43:25)
  3. Bersukacitalah dan tidak tergoda untuk mengingini apa yang orang lain miliki (Mazmur 37:4,5,7,9)
    Jika kita menginginkan berkat-berkat yang luar biasa, kita harus belajar untuk secara radikal dan taat luar biasa apapun yang Tuhan perintahkan untuk kita lakukan. Kita tidak tergoda untuk menginginkan apa yang orang lain miliki. Jika kita tetap bersukacita, maka Tuhan akan memberikan yang diinginkan hati kita. Sukacita sejati hanya kita dapat dari Tuhan (Yohanes 16:24).

Penerapan

* Para wanita Kristen, Kerajaan Allah memberikan keuntungan-keuntungan. salah satunya adalah keistimewaan untuk merasa puas dan cukup, bahkan ketika keadaan tidak mendukung (1 Timotius 6:6-8, Filipi 4:7).

  • Saling mendoakan dalam kelompok.