Satu jiwa berharga

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan. (Lukas 15:7)

Pendahuluan

Alkitab berbicara dengan jelas tentang karya penebusan yang dilakukan oleh Allah kepada umat manusia. Sejarah penyelamatan manusia dari Allah adalah sejarah penebusan. Diselamatkan dari apa? Dari kematian kekal yaitu neraka.

Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu. (Wahyu 20:15)

Neraka adalah satu tempat yang mengerikan di mana di dalamnya terdapat ratap tangis dan kertak gigi. Doktrin tentang neraka sangat ditonjolkan dalam Alkitab. Yesus sering berbicara tentang realitas neraka. Alkitab mengajarkan bahwa neraka adalah tempat yang pasti, seperti dalam Lukas 16:19-31 dan Wahyu 20:10-15.

Isi dan sharing

Yesus mengajak setiap orang percaya untuk memenangkan jiwa. Hanya dengan memenangkan jiwa yang dapat menghindarkan orang berdosa dari penghukuman api kekal.

Lukas 15:1-32 berisi perumpamaan mengenai domba yang hilang, dirham yang hilang, dan tentang anak yang hilang. Dari ketiga perumpamaan pada Lukas 15 tersebut menunjukkan bahwa:

  1. Tuhan sangat mengasihi manusia
  2. Kita sangat berharga di mata-Nya (Yesaya 43:4)
  3. Tuhan tidak menghendaki satu jiwa pun terhilang dan binasa (2 Petrus 3:9)

Bukti bahwa Tuhan sangat mengasihi manusia adalah saat Bapa mengutus Putera-Nya yang tunggal turun ke dunia, berkorban bagi keselamatan manusia.

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. (Yohanes 3:16)

Kesimpulan dan saling mendoakan

Tuhan rindu agar kita, yang sudah diselamatkan, mau mengambil bagian menjangkau jiwa-jiwa yang ada di sekeliling kita yang sedang menuju kebinasaan. Tugas kita adalah berdoa dan membawa jiwa-jiwa yang terhilang untuk datang kepada Tuhan. Tiap-tiap jiwa berharga dan penting di mata Tuhan. Mari kita meresponi hal ini!P

Alkitab berbicara dengan jelas tentang karya penebusan yang dilakukan oleh Allah kepada umat manusia. Sejarah penyelamatan manusia dari Allah adalah sejarah penebusan. Diselamatkan dari apa? Dari kematian kekal yaitu neraka.