Berjalan dalam rancangan Allah

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
TUHAN membuat segala sesuatu untuk tujuannya masing-masing, bahkan orang fasik dibuat-Nya untuk hari malapetaka (Amsal 16:4)

Pendahuluan

Tuhan mempunyai rancangan bagi setiap makhluk yang di ciptakan-Nya (khususnya manusia). Segala sesuatu ada dan diciptakan karena tujuan-Nya (rancangan). Tuhan mau semua rancangan-Nya menjadi maksimal. Ketika kita tidak mengerti apa rancangan Tuhan bagi hidup kita, maka biasanya hidup kita menjadi biasa-biasa saja.

Isi dan sharing

Bagaimana agar kita bisa berjalan dalam rancangan Allah?

  1. Jangan ragu akan rancangan Tuhan (Yeremia 29:11)
  2. Sering kali kita tidak bisa berjalan dalam rancangan-Nya karena kita ragu/bimbang. Pertanyaan yang selalu muncul dalam hati kita adalah "Apakah mungkin Tuhan mau pakai saya?". Ketika kita ragu akan Dia, sebenarnya kita sedang tidak percaya juga akan Dia! Sharingkan: Apa saja keraguan yang ada di dalam diri Anda ketika berjalan dalam rancangan Tuhan?
  3. Jangan menyerah karena ada penghalang (1 Korintus 16:9)
  4. Penghalang akan selalu ada sampai kapanpun ketika kita mau berjalan dalam rancangan-Nya, dengan tujuan untuk menggagalkan rancangan-Nya tergenapi atas hidup kita. Dibutuhkan keberanian untuk menghadapinya. Keberanian bukan berarti tidak memiliki rasa takut tapi keberanian adalah berani menghadapi apa yang kita takuti. Sharingkan: Sebutkan 2 ketakutan yang Anda takutkan ketika hendak berjalan dalam rancangan Allah?
  5. Jangan mengandalkan kekuatan sendiri (Yesaya 31:1)
  6. Banyak kali orang akhirnya gagal bukan karena dia tidak punya kemampuan tapi karena dia mengandalkan kemampuan, kepintaran, kekuatannya sendiri. Tuhan menganugerahkan kepada kita kemampuan, kepintaran -seperti Daniel- supaya kita bisa melakukan hal-hal di dalam dunia ini, tapi Tuhan tidak ingin kita bergantung kepada kemampuan kita saja melainkan mengandalkan Tuhan. Roh Kudus disebut juga Roh Penolong diberikan kepada kita untuk menolong kita. Kalau Dia disebut sebagai Penolong, berarti kita perlu ditolong. Jadi jangan andalkan kekuatanmu sendiri!

Kesimpulan dan saling mendoakan

Tuhan punya rancangan besar atas setiap hidup kita. Rancangan yang dahsyat dan luar biasa karena Allah kita adalah Allah yang dahsyat. Yang membuat rancangan-Nya tidak terjadi dalam hidup kita bukanlah karena Allah tidak sanggup menggenapinya, tapi penyebab terbesar dari kegagalan itu adalah diri kita sendiri. Jadilah luar biasa!

Tuhan mempunyai rancangan bagi setiap makhluk yang di ciptakan-Nya (khususnya manusia). Segala sesuatu ada dan diciptakan karena tujuan-Nya (rancangan). Tuhan mau semua rancangan-Nya menjadi maksimal.