Kekuatan sebuah visi

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Kata mereka kepadaku: "Orang-orang yang masih tinggal di daerah sana, yang terhindar dari penawanan, ada dalam kesukaran besar dan dalam keadaan tercela. Tembok Yerusalem telah terbongkar dan pintu-pintu gerbangnya telah terbakar." (Nehemia 1:3)

Pendahuluan

Sebagai saksi Kristus, kita harus mempunyai visi dalam kehidupan sesuai Firman Tuhan. Visi merupakan acuan untuk suatu tujuan akhir yang akan kita capai dan tentunya melalui proses rentetan kegiatan yang kita lakukan. Rentetan kegiatan yang saling berhubungan satu dengan yang lain ini biasa diartikan sebagai misi. Dalam menjalankan misi untuk mencapai visi, itulah kekuatan sebuah visi.

Selama proses misi tersebut, kita mengalami berbagai tantangan iman dan membentuk kedewasaan rohani kita. Salah satu contohnya adalah Nehemia. Nehemia memiliki visi untuk memulihkan keadaan bangsanya, yakni orang-orang Yahudi, yang terluput dari penawanan dan berada dalam kesukaran besar serta tercela. Visinya juga membangun kembali tembok kota Yerusalem yang telah terbongkar dan pintu-pintu gerbangnya yang telah terbakar (Nehemia 1:1-3).

Isi dan sharing

Kekuatan visi Nehemia terletak dalam proses misi yang ia lakukan:

  1. Berdoa dan Berpuasa (Nehemia 1:4-7)
  2. Taat pada otoritas (Nehemia 2:5, 7-8)
  3. Dia tunduk akan otoritas raja, dan seizin raja, dia bertindak.
  4. Bertekad mencapai visinya (Nehemia 2:11-15)
  5. Melakukan pemetaan dan membuat perencanaan.
  6. Bekerja sama dengan orang lain yang bervisi sama
  7. Mari diskusikan ayat-ayat dalam Nehemia 3. Nehemia mengajak banyak orang untuk bekerja sama sampai pencapaian visi. Menurut Anda, mengapa begitu banyak orang mau bekerja sama/mendukung visi Nehemia? Sharingkan.
  8. Tantangan/kendala yang dihadapi dan diselesaikan
  9. Diskusikan: mengapa hal ini terjadi di kalangan mereka sendiri (Nehemia 5:6-9)
    • Tantangan dari pihak luar/eksternal:
    Diskusikan: Apa yang dilakukan Sanbalat dan Tobia terhadap Nehemia dan mengapa mereka bertindak seperti itu menurut Anda? (Nehemia 4:1, 3; 6:1-2)

Kesimpulan dan saling mendoakan

Pencapaian visi Nehemia terletak pada penyelesaian setiap proses dan tindakan (misi) yang dipunyainya dengan 4 K: Komitmen, Konsekuen, Kompeten, Koordinasi. Nehemia bisa menyelesaikan perbaikan tembok Yerusalem dalam 52 hari (Nehemia 6:15), dan menyadarkan semua musuh serta bangsa di sekelilingnya bahwa visi dan misi Nehemia adalah pertolongan Allah (Nehemia 6:16). Inilah kekuatan visinya, ada bagian Tuhan dan ada bagian dirinya. Selamat melayani.

Sebagai saksi Kristus, kita harus mempunyai visi dalam kehidupan sesuai Firman Tuhan. Visi merupakan acuan untuk suatu tujuan akhir yang akan kita capai dan tentunya melalui proses rentetan kegiatan yang kita lakukan.