Masa sulit dan goncangan

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Maka timbullah kelaparan di negeri itu. --Ini bukan kelaparan yang pertama, yang telah terjadi dalam zaman Abraham. Sebab itu Ishak pergi ke Gerar, kepada Abimelekh, raja orang Filistin. (Kejadian 26:1)

Pendahuluan

Bila kita perhatikan, keadaan pada jaman Ishak adalah keadaan yang sulit, di mana terjadi kelaparan, kekeringan, atau dapat kita sebut goncangan. Tapi justru di tengah-tengah keadaan tersebut, Ishak diberkati Tuhan dengan luar biasa (ayat 13-14).

Isi dan sharing

Mari kita lihat bagaimana Allah bekerja melalui Ishak:

  1. Tuhan menampakkan diri kepada Ishak (ayat 2a)
    Ini adalah kunci yang pertama ketemu dengan Tuhan Yesus. Ketika ada perjumpaan maka Tuhan akan berfirman dan menuntun kita, sehingga kita tidak salah melangkah. Kuncinya adalah hidup intim dengan Tuhan.
  2. Perintah Tuhan jangan pergi ke Mesir (ayat 2b)
    Mesir berbicara sistem dunia. Cara-cara dunia adalah yang bertentangan dengan cara atau sistem Kerajaan Allah. Kita justru harus menegakkan prinsip-prinsip kerajaan Allah di tengah-tengah usaha dan pekerjaan kita, di marketplace, dan lain-lain. Prinsip-prinsip kerajaan Allah artinya menegakkan kebenaran.
    Amsal 10:22 berkata “Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya." Ayat ini tidak mengajarkan kita malas karena dalam Amsal 10:4 dikatakan bahwa kita harus rajin. Ayat di atas mau mengingatkan dan mengajar kita supaya berpegang kepada kebenaran dan berharap hanya kepada Tuhan. Banyak orang pada hari-hari ini dalam keadaan yang semakin sulit ini bersusah payah dengan cara-cara yang tidak berkenan kepada Tuhan.
  3. Pada waktu kering Ishak menabur (ayat 12)
    Kata kunci yang ketiga adalah menabur. Menabur bukan hanya pada saat kita berlimpah, tapi ketika dalam keadaan sulit pun kita harus menabur (baik waktu, tenaga, maupun harta benda kita, dan lain-lain), sebagaimana Ishak menabur pada saat kekeringan.

Kesimpulan dan saling mendoakan

Bagi Tuhan tidak ada yang mustahil, dan juga bagi kita orang-orang yang percaya.

Mari kita percaya akan janji-janji Tuhan dan perkatakan selalu bahwa tahun ini adalah Tahun Multiplikasi dan Promosi. Kita pasti akan alami, sambil terus memperbaiki hubungan kita dengan Tuhan, dan taat melakukan perintah Tuhan .

Tuhan Yesus memberkati.