Perbesar kapasitasmu

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Lapangkanlah tempat kemahmu, dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu! Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan ke kiri, keturunanmu akan memperoleh tempat bangsa-bangsa, dan akan mendiami kota-kota yang sunyi. (Yesaya 54:2-3)

Pendahuluan

Firman Tuhan dalam Yesaya 54:2-3 ini merupakan sebuah visi awal dari Tuhan melalui Gembala Pembina saat pertama kali dicanangkan Family Altar (sekarang Community of Love) pada tahun 1994. Memasuki tahun 2011 ini, Tuhan memberikan sebuah visi yang merupakan penggenapan Firman Tuhan tersebut, yaitu tahun 2011 adalah Tahun Multiplikasi dan Promosi. Bahkan melalui Gembala Jemaat kita, Tuhan memberikan visi tahun 2011 adalah tahun mujizat, berkat, dan promosi yang lebih besar lagi.

Sharing: Adakah visi pribadi yang Tuhan berikan khusus kepada Anda atau keluarga Anda, selain visi dari para pemimpin yang sudah kita dapatkan tersebut?

Isi dan sharing

Untuk mendapatkan Multiplikasi dan Promosi dari Tuhan, kita tidak bisa berada pada posisi biasa-biasa, rata-rata, atau asal-asalan saja. Ada beberapa hal yang harus kita lakukan dalam rangka memperbesar kapasitas diri kita:

  1. Berani ambil tanggung jawab dan lakukan seperti yang Tuhan mau (Kolose 3:23)
  2. Tanggung jawab adalah ukuran kedewasaan seseorang. Makin berani ambil tanggung jawab sekalipun berat, makin seseorang masuk dalam proses pendewasaan. Karena hanya orang dewasa (rohani) yang dapat dipercaya Tuhan perkara-perkara besar. Dan saat kita melakukan tanggung jawab yang kita emban, kita harus melakukannya sesuai dengan apa yang Tuhan mau, bukan seperti yang kita mau.

    Sharing: Tanggungjawab apa yang pernah Anda tolak dan apa alasannya?

  3. Perbesar kapasitas kemampuan (skill/potensi) kita (Matius 25:14-18, 23, 26)
  4. Jangan puas dengan kemampuan kita yang sekarang ini. Belajarlah, perlengkapi dan bekali diri Anda. Jangan anggap sepele program-program pembekalan yang diadakan Gereja seperti KOM, Diklat, Pembinaan, Camp, atau pun Seminar. Itu adalah cara Tuhan untuk memperbesar kemampuan dan keterampilan kita.

    Salah satu cara mengembangkan kemampuan adalah mengembangkan kelebihan kita. Ini perlu diasah sampai berbuah banyak. Contoh: Lidia pandai berdagang, Paulus terampil menjahit tenda, Dorkas terampil menjahit, dan mereka menggunakan keterampilan mereka untuk memberkati dalam pelayanan mereka maupun kehidupan sehari-hari. Prinsip yang perlu kita ingat adalah: "Seseorang berhenti memimpin saat ia berhenti belajar" (tidak mau lagi membekali dirinya).

    Sharing: Apa yang membuat Anda malas belajar, baik secara pribadi maupun lewat KOM, Diklat, Seminar, dan sejenisnya?

  5. Perbesar kapasitas hati
  6. Bersiaplah menerima perlakuan yang tidak menyenangkan. Bersiaplah disalah mengerti, dan tidak membela diri, sekalipun kita yang benar. Hal-hal ini harus kita hadapi bila kita mau mengalami Multiplikasi dan Promosi oleh Tuhan. Kebesaran hidup seseorang dilihat dari kebesaran hatinya.

    Sharing: Mudah atau sulitkah Anda menghadapi konflik, tekanan dan masalah lainnya? Mengapa?

Kesimpulan dan saling mendoakan

Multiplikasi dan Promosi bukanlah bagian untuk orang yang berpangku tangan, tetapi bagian orang yang mau bekerja memperbesar kapasitas hidupnya, memberi diri sepenuhnya kepada Tuhan, dan bagi mereka yang mau menyangkal diri dan pikul salib setiap hari. Ingat, tidak ada hasil tanpa pengorbanan, tidak ada kemuliaan tanpa salib. Amin.