Materi COOL Umum/2009-53

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari

Materi COOL sebelumnya

Konsisten
Logo Cool.png
Materi COOL Umum
PeriodeDesember 2009
MingguII (2009-50)
Sebelumnya
Selanjutnya
Unduh PDF
Tetapi banyak orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir, dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu." (Matius 19:30).

Pendahuluan

Konsisten (terjemahan bebas kamus Merriam Webster) adalah sikap ketegasan yang berkelanjutan, mantap, dan tidak berubah. Konsisten merupakan satu kesatuan yang tidak boleh dipisahkan dengan komitmen dan konsekuen kita (sharing minggu lalu), karena tanpa konsistensi kita tidak akan pernah mencapai secara maksimal kehidupan yang dirancang Tuhan. Oleh sebab itu firman Tuhan mengingatkan kita: "Tetapi banyak orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir, dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu " (Matius 19:30).

Hari-hari ini mata Tuhan tertuju pada kita (tahun Ayin) dan tentunya kita harus lebih meresponi/fokus bahwa kita akan terus menyelesaikan sampai akhir segala yang kita lakukan untuk memuliakan Yesus Kristus ("finishing well").

Kita belajar dari kehidupan Yusuf, Rut, dan Paulus. Mereka adalah pribadi-pribadi yang mempunyai komitmen, konsekuen, dan konsisten dalam memegang dan melakukan janji Tuhan.

Sebab itu mereka mampu menghadapi dan mengatasi proses kehidupannya dengan awal yang sangat sulit tapi berakhir dengan kesuksesan dan meneladani orang lain pada zamannya dan bagi kita saat ini bahkan selamanya.

Isi dan sharing

Konsistensi kita dapat bertahan, apabila kita:

  1. Menata kehidupan untuk memuliakan Tuhan (1 Korintus 9:23-27)
    (Contoh kehidupan Paulus):
    • Jadi pelaku firman Tuhan
    • Banyak tantangan/persaingan , tetapi hadapi dengan strategi hikmat Tuhan dan melatih Penguasaan diri
    • Berusaha untuk tetap jadi teladan
  2. Aktif Pemuridan dan Disiplin (2 Timotius 2:1-7)
    (Contoh kehidupan Paulus) :
    • Saling memuridkan akan menghasilkan pertumbuhan rohani kita dan senantiasa menciptakan semangat untuk saling melayani Tuhan.
    • Disiplin akan menciptakan hasil yang maksimal

Kesimpulan dan saling mendoakan

Konsisten adalah karakter yang menghantar komitmen dan konsekuen kita kepada penggenapan janji Tuhan dalam kehidupan kita. Hasil akhir yang menentukan kita, capailah semua itu dengan kasih karunia Tuhan di mana kita adalah sarananya.

Selamat melayani Yesus Kristus dengan komitmen, konsekuen, dan konsisten. Amin.