The Year of Wholeness (Khotbah Pdt Sutadi Rusli)

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
The Year of Wholeness
Sutadi Rusli-20130113-0652-3x4.jpg

Pdt Sutadi Rusli

Ringkasan Khotbah
KebaktianIbadah Tahun Baru
TanggalSelasa, 1 Januari 2013
GerejaGBI Danau Bogor Raya
TempatGraha Amal Kasih
KotaBogor

Shalom Saudara yang dikasihi Tuhan, pertama-tama saya mau mengucapkan selamat tahun baru. Saudara percaya, tahun 2013 lebih baik dari tahun 2012? Amin! The Year of Wholeness diberikan kepada orang-orang yang percaya kepada-Nya. Pada perayaan Natal 2012 yang lalu, saya sudah menyampaikan berkat-berkat apa yang akan Saudara terima pada tahun 2013 dan tahun-tahun ke depan.

Ada seorang dalam Perjanjian Lama bernama Yusuf. Perjalanan hidup Yusuf, dari anak muda yang mendapatkan mimpi dari Tuhan, lalu mengalami proses yang luar biasa dan pada umur 30 tahun menjadi orang kedua di bawah Firaun, dipakai Tuhan secara dahsyat. Ini adalah gambaran perjalanan hidup orang percaya. Setiap pribadi lepas pribadi, keluarga lepas keluarga, akan diberkati lebih lagi dalam banyak perkara dalam kehidupan Saudara.

Ada 2 hal utama yang saya mau sampaikan dari kehidupan Yusuf.

#1 Pegang janji Tuhan

Yusuf mendapatkan visi dari Tuhan, mimpi dari Tuhan. Dan selama 13 tahun, dia pegang janji dan pesan Tuhan ini kuat-kuat. Kalau tidak, dia tidak akan berhasil pada umur 30 tahun. Tapi karena dia pegang kuat-kuat apa yang Tuhan pesankan, maka dia dipakai Tuhan luar biasa. Demikian juga kita harus pegang janji Tuhan, dan Tuhan akan memakai kita secara luar biasa. Tuhan bisa berpesan melalui mimpi, penglihatan, pendengaran, pembacaan Firman Tuhan, khotbah pesan Tuhan. Ada 1001 macam cara Tuhan bisa berpesan pada Saudara.

Pada Natal 2012 yang lalu, saya sampaikan, mari hari-hari ke depan kita butuh Roh Kudus. Untuk itu, pertama, jangan dukakan Roh Kudus. Intim dengan Roh Kudus. Dan ketiga, peka terhadap Roh Kudus!

Tuhan bisa berbicara kepada kita, pesan-pesan-Nya melalui peristiwa-peristiwa dalam hidup kita. Apa yang kita lihat, dengar, terjadi dalam hidup kita, sebenarnya kalau kita peka, itu semua adalah pesan bagi hidup kita.

Rupanya Yusuf ini peka, dia mendapatkan mimpi dan dia pegang janji Tuhan.

Pada tanggal 15 November 2012, ada seorang hamba Tuhan mendapatkan pesan Tuhan melalui mimpi. Dia melihat bahwa jarum jam dari pukul 12 tepat tengah malam itu mundur 1 menit, sehingga pukul 23.59. Kurang satu menit lagi. Ini berbicara mengenai pada hari-hari ini Tuhan masih memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk sungguh-sungguh di dalam Tuhan. Lalu ada yang berhitung, kalau begitu 1 menit lagi Tuhan akan datang. 1 hari Tuhan 1000 tahun, akhirnya ketemu 1 menit, akhirnya dikatakan Tuhan akan datang Juli 2012. Tidak Saudara, kita tidak menghitung-hitung seperti itu! Tuhan katakan tidak ada seorang pun tahu kapan waktunya! Ada yang pada tanggal 21 Desember 2012 gempar di mana-mana, ternyata tidak terjadi apa-apa, karena waktunya tidak pernah kita ketahui, hanya Bapa yang tahu. Tapi persiapkan hidup Saudara, karena Tuhan Yesus segera datang!

Waktu saya baca artikel terjemahan dari hamba Tuhan ini, Tuhan berkata pada hamba Tuhan ini, "Tolong sampaikan kepada hamba-hamba-Ku untuk berubah lebih baik!" Kalau ada kata-kata "Tolong", pasti ada yang serius, sangat krusial. Pagi ini, tangkap hikmat dari Tuhan, tolong berubah lebih baik! Tuhan masih kasih kesempatan, ayo kita berubah lebih baik. Tahun 2013, hidup kita lebih baik lagi dari tahun-tahun yang lalu. Tuhan mau kita jadi orang-orang percaya yang lebih sungguh-sungguh lagi! Mari setiap pribadi lebih komitmen di hadapan Tuhan.

Janji Tuhan, tahun 2013 adalah tahun dengan berkat seutuhnya. Waktu selama 13 tahun itu lama, tapi Yusuf tidak kendor melainkan tetap percaya. Dia sudah difitnah, dan berbagai macam, tapi dia tetap percaya janji Tuhan pasti digenapi dalam hidupnya.

Ayo katakan, JANJI TUHAN PASTI DIGENAPI DI DALAM HIDUP SAYA!

Ada satu cerita, bagaimana satu hari Tuhan panggil Musa dan menyuruh mengumpulkan 12 pemimpin dari 12 suku yang ada. Tuhan mau mengutus kedua belas pemimpin suku ini untuk melihat Tanah Perjanjian. Lalu Musa melakukannya dan menyuruh setelah 40 hari nanti untuk kembali memberikan laporan.

Menurut Saudara, Tuhan itu sudah tahu apa belum kondisi Tanah Perjanjian? Sudah tahu! Pasti banyak madu, susu, tanah yang diberkati, ada orang-orang jahat, tapi Tuhan sudah tahu. Kenapa Tuhan tetap suruh mereka lihat sendiri kondisinya? Dia mau dengar dari 12 orang ini apa yang akan disampaikan mereka setelah melihat Tanah Perjanjian itu. Apa yang terjadi? Dari 12 ini, hanya 2 yang berhasil, Yosua dan Kaleb. Hari-hari ini Tuhan kasih lihat pada Saudara, bahwa ke depan, pertolongan Tuhan, mujizat Tuhan masih ada, berkat Tuhan disediakan bagi orang-orang percaya. Apakah kita seperti yang 10 orang, atau yang 2 orang? Saudara pasti mau jadi yang 2 orang. Amin!

Yang menarik, mereka pergi berkeliling, dan tibalah mereka di Lembah Eskol.

Bilangan 13:22-23,

Mereka berjalan melalui Tanah Negeb, lalu sampai ke Hebron; di sana ada Ahiman, Sesai dan Talmai, keturunan Enak. Hebron didirikan tujuh tahun lebih dahulu dari Soan di Mesir. Ketika mereka sampai ke lembah Eskol, dipotong merekalah di sana suatu cabang dengan setandan buah anggurnya, lalu berdualah mereka menggandarnya; juga mereka membawa beberapa buah delima dan buah ara.

Jadi 12 orang ini sampai ke Lembah Eskol. Arti dari Eskol adalah Tandan, seperti pisang satu Tandan. Itulah arti Eskol.

Ayat 23, waktu ke-12 orang ini tiba di sana, mereka memotong setandan buah anggur. Dan yang menggotongnya 2 orang, yaitu Yosua dan Kaleb. Di Tanah Perjanjian, ada yang jual souvenir, ada souvenir yang berbentuk setandan anggur dipikul dua orang, yaitu Yosua dan Kaleb. Lembah Eskol berbicara lembah keputusan. Yosua dan Kaleb mengambil keputusan, mereka menandai dengan memotong setandang buah anggur.

Kalau kita naik ke gunung, dan kita tidak tahu jalan, pasti kita kasih tanda, supaya bisa kembali lewat jalan itu. Kalau Saudara pernah ke gunung Himalaya, di situ kita berhasil sampai ke puncak, kita tancap bendera, menandai kita pernah ke Gunung Himalaya.

Yosua dan Kaleb, tiba di Lembah Eskol, dan mereka memberi tanda bahwa mereka sudah sampai di situ dan pasti mereka kembali ke situ! Waktu kita ke Israel, kita merasakan kerinduan untuk mau berkali-kali ke Tanah Perjanjian. Itu ada satu kerinduan. Yosua dan Kaleb memotong satu tanda, masuk ke Tanah Perjanjian dan pasti diberkati.

Hari ini, menjadi hari keputusan kepada setiap pribadi. Hari ini, tanggal 01 Januari 2013, menentukan langkah Saudara ke depan, bagaimana perjalanan Saudara menjadi berhasil atau tidak, tapi Tuhan mau setiap pribadi mengalami keberhasilan dan keberuntungan.

Keputusan apapun juga, katakan mau lebih sungguh lagi, diberkati lebih lagi. Ambil keputusan!

Lembah Eskol berbicara mengenai Lembah Kelimpahan. Sampai dengan hari ini, anggur yang terbaik dari Tanah Perjanjian itu dihasilkan dari Lembah Eskol. Saudara yang dikasihi Tuhan, waktu kita ambil satu keputusan, Tuhan memberikan yang terbaik untuk kita semuanya. Waktu kita berikan yang terbaik untuk Tuhan, pasti Tuhan berikan yang terbaik juga untuk kita.

Yusuf, Yosua dan Kaleb memegang janji Tuhan dengan sungguh. Dari sekian banyak orang yang ke Tanah Perjanjian, hanya 2 yang masuk. Apakah hanya 2 dari 12 yang akan mengalami berkat Tuhan? Saya berdoa kita semua mengalami berkat Tuhan sepanjang 2013. Amin! Ini tergantung bagaimana Saudara melihat tahun 2013. Saya mau katakan, berkat yang seutuhnya sudah Tuhan sediakan di depan mata kita.

Siap diberkati? Katakan, saya siap diberkati!

#2 Jaga hati

Kalau kita lihat kehidupan Yusuf, setelah mendapatkan pesan Tuhan, dapat mimpi dari Tuhan, dia pegang kuat-kuat, lalu dia malah diikat, dijual ke Mesir, difitnah Tante Potifar, lalu masuk penjara, tapi puji Tuhan, dia bisa mengartikan mimpi Firaun dan menjadi orang kedua setelah Firaun di Mesir!

Apa yang perlu kita tangkap dari kisah Yusuf ini? Yang penting bagi kita, Yusuf tidak sakit hati. Kalau Saudara baca ayat-ayatnya, justru Yusuf memberkati saudara-saudaranya.

Kejadian 50:20, Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar.

Sekali lagi, Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan!

Saudara, kalau Saudara dirugikan orang, kita sebagai manusia pasti kesal. Sudah diurusi, dibantu, eh masih juga dibohongi juga. Rasanya kesal. Tapi kalau kita lihat ini, apa yang direka-reka oleh orang yang mau berbuat jahat buat kita, Tuhan sanggup mengubahnya menjadi kebaikan. Tergantung bagaimana respons Saudara. Kalau Saudara tetap tanam kekesalan, kecewa, sakit hati, Saudara tidak akan diberkati Tuhan. Tapi waktu kita mau mendoakan, memberkati yang bersangkutan, Tuhan sanggup mengubah reka-reka itu menjadi kebaikan bagi kita.

Ingat, Tuhan memberikan pesan bagi kita, jaga hati!

Dimulai dari pribadi saya dan keluarga, saya mau membuka tahun 2013 ini dengan meminta maaf kepada Saudara baik dari saya pribadi, istri dan anak saya, kalau kami melakukan hal-hal yang tidak baik dan menyinggung perasaan Saudara, saya mau minta maaf. Kita perlu rekonsiliasi, saling membuka hati, memasuki tahun 2013 dengan hati yang bersih di hadapan Tuhan.

Hati-hati dengan 13 sifat jahat

Sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan. Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang." (Markus 7:21-23)

Ayat 21 katakan dari dalam hati. Kenapa? Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. (Amsal 4:23) Bereskan hati kita sebelum menapak jam-jam berikutnya.

Sekarang tahun 2013, kalau Saudara hitung, ini hal-hal jahat yang ada di dalam Markus 7:21-22 ada 13 sifat jahat yang harus Saudara waspadai pada tahun 2013:

Sebab dari dalam, dari hati orang,

  1. timbul segala pikiran jahat,
  2. percabulan,
  3. pencurian,
  4. pembunuhan,
  5. perzinahan,
  6. keserakahan,
  7. kejahatan,
  8. kelicikan,
  9. hawa nafsu,
  10. iri hati,
  11. hujat,
  12. kesombongan,
  13. kebebalan.

Ada 13 sifat jahat yang akan lebih melanda pada tahun 2013. Saudara perhatikan baik, jangan sampai kita dihinggapi salah satu dari 13 hal jahat ini.

Jangan ada satu pun dari hidup kita setiap pribadi lepas pribadi yang melakukan salah satu dari 13 kekuatan jahat ini. Waspadai 13 kekuatan jahat yang akan diperkuat oleh Iblis ini, jangan sampai orang percaya tidak bertemu dengan Tuhan.

Mari ambil keputusan, komitmen, "Aku akan mengiring Yesus sampai kesudahannya."

Saudara mau makin diberkati? Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. Mulai dari hati Saudara, motivasi yang benar di hadapan Tuhan, jaga hati dengan sungguh, maka perjalanan rumah tangga, usaha, pekerjaan, bisnis, studi, pernikahan, pelayanan Saudara, Tuhan jadikan berhasil dan diberkati berlimpah-limpah seutuhnya!

Penutup

Para imam akan Kupuaskan dengan makanan berkelimpahan; dan semua yang umat-Ku perlukan akan Kuberikan. Aku, TUHAN, yang mengatakan." (Yeremia 31:14 BIS)

Apa yang menjadi kebutuhan Saudara? Ini janji Tuhan, Apa yang umat-Ku perlukan akan Kuberikan! Amin!

Tuhan Yesus memberkati.