Khotbah: Merah Putih

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Sutadi Rusli-20200809-3x4.jpg

Pdt Sutadi Rusli

RINGKASAN KHOTBAH
KebaktianIbadah Online
TanggalMinggu, 9 Agustus 2020
GerejaGBI Danau Bogor Raya
LokasiOnline
KotaBogor
Rekaman(YouTube)

Shalom dan selamat pagi, pasti semua sehat dan semangat! Amin!

Saudara yang dikasihi Tuhan, tema hari ini adalah Merah Putih. Kita bersyukur pada tanggal 17 Agustus 2020 akan memperingati 75 tahun kemerdekaan Indonesia. Tema yang diberikan Presiden kita yaitu Indonesia Maju. Indonesia pasti mengalami kemajuan. Amin!

Makna Merah Putih: Berjuang

Pada 75 tahun lalu, bendera Indonesia yaitu merah putih berkibar. Tidak ada kata lain, itu disebabkan oleh perjuangan dari para pahlawan negeri kita, yaitu pahlawan Indonesia. Perjuangan mereka inilah, sehingga Indonesia dianugerahkan kemerdekaan sampai hari ini.

Camkan baik-baik kata-kata perjuangan atau berjuang.

"Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat. (Lukas 13:24)

Pada waktu Tuhan Yesus berkeliling ke kota-kota yang ada sambil mengajar, lalu ada perbincangan, ada seseorang tanya pada Tuhan Yesus. Tuhan, sedikit sajakah orang-orang yang akan diselamatkan? Tapi Tuhan tidak menjawab seperti yang ditanyakan, tapi Tuhan memberikan jawaban demikian. "Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat.

Mungkin di antara Saudara pernah melihat ada satu gambar atau ilustrasi, pintunya sempit, lalu jalannya satu lagi begitu lebar. Dan banyak orang yang masuk melalui jalan yang lebar. Sementara jalan yang sempit itu, orangnya memang banyak tapi antreannya begitu panjang. Tapi di jalan yang lebar tidak ada antrian karena jalan yang lebar mudah dilalui.

Satu kali saya pernah ke mal, pintu utamanya yang besar itu macet. Yang terbuka hanya pintu samping yang kecil. Akibatnya orang-orang antri panjang karena orang hanya bisa lewat satu-satu.

Tuhan berkata, berjuanglah masuk lewat pintu yang sesak itu! Tidak ada kata lain, pintu yang sesak itu Tuhan Yesus Kristus. Tuhan berfirman, I'm the door. Dialah pintu! Jalan satu-satunya untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga yaitu melalui Tuhan Yesus Kristus. Kalau saya tanya, siapa yang mau masuk sorga, pasti semua angkat tangan. Semua kita pasti angkat tangan. Tapi pintunya hanya satu yaitu Tuhan Yesus Kristus.

Apa yang harus kita perjuangkan agar kita masuk melalui Tuhan Yesus Kristus? Saudara, hanya orang-orang yang datang dan percaya mengaku Yesuslah Tuhan dan Juru selamat, dia itulah yang mendapatkan keselamatan. Dan keselamatan yang dianugerahkan Tuhan melalui kematian-Nya di kayu salib itu gratis, cuma-cuma!

Setelah kita diselamatkan, ada hal-hal yang harus kita lakukan. Ada 3 hal yang harus kita berjuang.

#1 Berjuang melawan kedagingan

Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: "Pencobaan ini datang dari Allah!" Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun. Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut. (Yakobus 1:13-15)

Ada orang-orang Kristen yang sakit karena kesalahannya sendiri. Ada yang bisa masuk penjara ditangkap polisi, karena keinginannya sendiri sehingga dia jatuh ke dalam penjara.

Waktu Saudara datang ke dokter, karena mungkin pegal-pegal. Lalu dokter suruh periksa ke laboratorium. Ternyata hasil analisa laboratorium, dia lihat hasil dari pemeriksaan, lalu dia katakan ternyata kolesterol Saudara amat tinggi. Dokter lalu kasih obat dan pantangan-pantangannya. Eh, dua hari kemudian, teman Saudara ulang tahun dan Saudara diajak makan, ada babi hong, ada kaki babi, ada sate babi, pokoknya semua B2. Selesai makan, masih diajak lagi makan durian. Tidak heran, besok pagi sebagian tubuhnya lumpuh. Karena apa? Karena kesalahan sendiri, keinginan daging kita ketemu durian dan B2 itu, menghasilkan satu penyakit.

Ada orang-orang yang juga masuk penjara karena mencuri. Ingin punya ini-itu, punya motor tapi tidak sabar bekerja dengan baik, akhirnya dia ambil motor orang, tertangkap polisi, lalu masuk penjara.

Waktu keinginan daging kita ketemu dengan apa yang kita inginkan lalu terjadi semacam pembuahan, terjadilah dosa, dan dosa itu menghasilkan maut.

Ayo kita haru berjuang mengalahkan kedagingan kita, agar kita diberkati Tuhan, kita semua sehat, dan mendapatkan pemulihan dari Tuhan.

#2 Berjuang memikul salib

"Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. (Markus 8:34)

Saudara, ada orang-orang Kristen punya pikiran kalau ikut Tuhan itu mah enak, semuanya jalan tol, enak semua kalau ikut Tuhan Yesus Kristus. Semua rasanya lancar. Mereka berpikir seperti itu, mereka berkonsep seperti itu. Saudara, kalau pernah pergi ke KKR, lalu diberi kesempatan oleh pemandu acara untuk boleh bersaksi. Ada seorang ibu bersaksi, puji Tuhan saya berdoa dan dengkul saya sudah sembuh. Semua orang bertepuk tangan. Ada bapak yang lain, usaha saya mengalami keterpurukan, kondisi ekonomi saya tidak baik, puji Tuhan, waktu saya datang pada Tuhan, usaha saya diberkati dan dipulihkan kembali oleh Tuhan. Orang yang hadir, bersukacita dan bersorak-sorai. Puji Tuhan.

Saudara, itu yang ada di dalam benak kita.

Tapi kalau satu waktu yang disuruh maju adalah Rasul Paulus, dia akan berkata beda. Dia akan berkata begini, waktu saya belum mengikut Tuhan Yesus, hidup saya dielu-elukan orang, saya orang yang terpandang, saya orang yang memiliki banyak kekayaan. Saya diberkati. Tapi setelah saya berjalan bersama Tuhan Yesus, saya mengalami kelaparan, dikejar-kejar orang, saya mau dibunuh, kapal saya karam, saya sering tidak makan. Itu setelah saya ikut Tuhan Yesus.

Kalau Stefanus disuruh bersaksi, dia berkata, setelah saya ikut Yesus, saya mati dirajam.

Kalau Petrus bersaksi, dia akan berkata, saya mati disalib dengan kepala saya ada di bawah.

Yohanes akan bersaksi, setelah saya ikut Yesus, saya dibuang ke Pulau Patmos dan menderita di sana.

Jangan punya konsep kalau ikut Yesus semuanya itu akan jalan tol. Tokoh-tokoh Alkitab, kita lihat, bagaimana mereka mengalami penderitaan yang luar biasa.

Ayo, pikul salib dan ikut Tuhan Yesus. Kita mesti berjuang!

#3 Berjuang mengasihi Tuhan dan sesama

Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini." (Markus 12:30-31)

Ini adalah hukum yang terutama dan utama.

Saudara, tanda dari orang-orang mengenal kita sebagai orang Kristen yaitu salib. Salib terdiri dari 2 potong kayu, di mana ada kayu yang ke atas bicara vertikal, yaitu kasih kita kepada Tuhan harus lebih besar. Tapi ingat, kasih kita, ada yang horizontal, yang lebih pendek, juga harus ada pada salib itu.

Kalau hanya ke atas bukan hanya salib. Kalau hanya horizontal saja, bukannya salib. Harus lengkap yaitu vertikal maupun horizontal. Di situlah kita lengkap mengasihi Tuhan Yesus dan sesama.

Kalau mengasih Tuhan Yesus pasti dia mengasihi sesama.

Makna Merah Putih: Berani hidup kudus

Makna kedua dari merah putih. Merah itu berani, putih itu adalah kudus atau suci. Sehingga makna kedua dari merah putih adalah berani hidup kudus.

tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu v sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.

(1 Petrus 1:15-16)

Firman Tuhan juga ingatkan kepada kita, tanpa kekudusan tidak ada seorang pun dapat bertemu dengan Tuhan.

Kudus itu apa? Kudus itu artinya dipisahkan. Kita dipisahkan dari dunia ini. Di tengah-tengah dunia yang begitu gampang berbuat dosa, kita itu dipisahkan supaya tidak jatuh di dalam dosa. Kita itu dipisahkan waktu dunia mengalam kekacauan, kekuatiran, kegelisahan, kita sebagai orang-orang kudus, tidak mengalami kekuatiran karena Tuhan ada bersama kita.

Firman Tuhan katakan, Serahkanlah segala kekuatiranmu, maka Dia akan memelihara kita.

Penutup

Saudara, Tuhan segera datang. Bukankah salah satu tanda kedatangan Tuhan adalah penyakit sampar selain gempa bumi dan peperangan.

Ayo, saya dorong setiap kita, siapkan diri baik-baik. Saya berdoa minta Tuhan, tolong saya, saya mau siapkan diri saya baik-baik. Jangan ada satu pun yang tidak menyiapkan diri baik-baik. Dia segera datang menjemput gereja-Nya!

Tuhan memberkati kita semuanya. Amin!

Ibadah Online Live 09 Agustus 2020