Manifestasi pengurapan Tuhan (Breakthrough Prayer 2011) (Khotbah Pdt David Sulardi)

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Manifestasi pengurapan Tuhan (Breakthrough Prayer 2011)
David Sulardi-20101114-3x4.jpg

Pdt David Sulardi

Ringkasan Khotbah
KebaktianBreakthrough Prayer 2011
TanggalSabtu, 10 September 2011
GerejaGBI Danau Bogor Raya
TempatGraha Amal Kasih
KotaBogor

Kesaksian

Kami punya keluarga di Pematang Siantar yang hidupnya kacau. Dia terikat narkoba, sekolahnya tidak selesai, dan di usia yang menjelang 40 tahun, ia pun belum berkeluarga. Setiap kali mengikuti Breakthrough Prayer, istri saya selalu membawa dia dalam doa sambil menuliskan namanya dalam pokok doa. Kuasa Tuhan memang ajaib, tiba-tiba kami mendengar bahwa suatu hari dia bertobat, dan dilepaskan dari keterikatan atas narkoba dengan ajaib. Sungguh Tuhan Yesus telah mendengar dan menjawab doa-doa yang kami naikkan.

Pesan profetik

Mujizat memang adalah karya Tuhan, tetapi kita harus ingat bahwa itu selalu melibatkan orang yang percaya. Kita ingat dalam Alkitab, kisah wanita yang sakit pendarahan, dengan iman dan bertindak karena percaya bahwa asal ia menjamah jubah Yesus, ia pasti disembuhkan!

Saat diadakan Prophetic Gathering beberapa waktu lalu, kami diingatkan kembali mengenai DNA gereja kita yang terdapat dalam Kisah 15:17-18, di mana ada 3 hal penting yang selalu ada dalam ibadah di gereja ini, yaitu:

  • Pengurapan. Berbicara mengenai kehadiran Roh Kudus. Orang-orang yang dipakai Tuhan dalam Alkitab ialah mereka yang menerima pengurapan dari Tuhan. Orang yang diurapi mendapat bagian dalam pekerjaan Ilahi untuk melakukan hal-hal yang supranatural. Ada berbagai jenis pengurapan dalam Alkitab sesuai dengan tujuan Tuhan atas orang yang Ia urapi. Ada yang diurapi sehingga menerima hikmat Ilahi untuk berbisnis, ada yang menerima hikmat dan pengetahuan untuk membuat bangunan, dan sebagainya. Pengurapan itulah yang membuat Saudara berhasil dalam menjalani panggilan hidup Saudara.
  • Hadirat Tuhan. Tuhan memang Maha Hadir, tetapi Ia tidak menghadirkan diri di sembarang tempat. Tuhan memilih tempat-tempat tertentu untuk memanifestasikan kuasa-Nya, mujizat-Nya. Di mana Tuhan menyatakan kuasa hadirat-Nya? Di tempat-tempat di mana ada orang-orang yang memuji dan menyembah-Nya. Saat kita ada dalam kelompok COOL, ketika penyembahan dinaikkan maka Dia menyatakan kehadiran-Nya di tengah kita. Bahkan saat kita berdoa sendirian, Tuhan akan menyatakan kehadiran-Nya.
  • Berbahasa roh. Ada sebuah penemuan yang menemukan bahwa orang yang sedang berbahasa roh, maka otaknya melepaskan suatu senyawa kimia yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Dalam 2 Samuel 5:17-25, kita melihat bahwa ketika seseorang diurapi Tuhan, maka ada 3 hal yang akan terjadi:

  1. Kuasa Tuhan turun atas kita.
  2. Pengurapan akan membawa orang-orang datang kepada Tuhan melalui hidup kita.
  3. Iblis akan menjadikan kita target/sasaran serangannya. Mengapa? Karena orang yang diurapi akan membahayakan kerajaan Iblis.

Ada 2 pesan penting dari 2 Samuel 5:17-25:

  • Tuhan akan berperang bersama orang yang diurapi-Nya (ayat 20). Ayo ebih banyak lagi masuk kubu pertahanan melalui doa, pujian, penyembahan, serta merenungkan Firman Tuhan (ayat 17).
  • Miliki kepekaan rohani yang lebih lagi agar dapat membedakan mana kehendak Tuhan, kehendak diri sendiri, mana kehendak Iblis. Apa yang menghalangi kepekaan kita? Segala berhala dalam hidup kita. Oleh karena itu, singkirkan segala berhala dalam hidup kita.