Berkat berlimpah akan diberikan bagi orang percaya! (12 Weeks of Wholeness) (Khotbah Pdt Sutadi Rusli)

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Logo 12 Weeks of Wholeness.jpg
Berkat berlimpah akan diberikan bagi orang percaya! (12 Weeks of Wholeness)
Sutadi Rusli-20130714-0656-3x4.jpg

Pdt Sutadi Rusli

Ringkasan Khotbah
Kebaktian12 Weeks of Wholeness
TanggalSabtu, 20 Juli 2013
GerejaGBI Danau Bogor Raya
TempatGraha Amal Kasih
KotaBogor

Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. (Matius 11:28)

Datanglah pada Tuhan Yesus! Bawa setiap masalah kita kepada Dia. Pada waktu kita angkat tangan di hadapan Tuhan, Dia akan turun tangan untuk menolong kita. Waktu kita angkat tangan di hadapan Tuhan, Dia akan bekerja membereskan setiap masalah kita! Saudara semua sudah dipulihkan oleh Tuhan? Amin!

Shalom, Bapak, Ibu, Saudara yang dikasihi Tuhan, saya percaya setiap kita diberkati oleh Tuhan, terus semangat dan bersukacita di dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Katakan, "Semangat, semangat, semangat!" Amin!

Tidak terasa kita sudah memasuki bulan ketujuh dari tahun 2013. Dalam tiga bulan pertama, kita sama-sama merenungkan mengenai janji Tuhan di akhir dari akhir zaman ini yaitu kekayaan orang-orang fasik dipindahkan bagi gereja Tuhan. Itu adalah janji Tuhan, gereja Tuhan akan diberkati berlimpah-limpah!

Tiga bulan yang kedua, kita diingatkan mengenai Pasukan Gideon, bagaimana kita harus memeriksa diri kita, berbicara mengenai komitmen, dan kita juga harus sungguh-sungguh taat kepada para pemimpin, tentu nomor satu taat kepada Tuhan.

Hari ini kita sudah memasuki enam bulan yang kedua dari tahun 2013, dan ada enam topik yang Tuhan berikan untuk enam bulan ke depan. Saya kaget sendiri karena ada beberapa topik yang tanpa terduga, merupakan tuntunan bagi pelayanan-pelayanan Gereja Tuhan pada bulan-bulan ke depan.

12 Weeks of Wholeness paruh kedua

Enam pesan Tuhan untuk paruh kedua dari 12 Weeks of Wholeness:

  1. Berkat berlimpah akan diberikan bagi orang percaya
  2. Otoritas dan kuasa yang dahsyat Tuhan berikan memasuki Pentakosta ketiga
  3. Aku memberikan kekuatan dan kesanggupan untuk menggali sumur-sumur rohani
  4. Roh penguasaan diri yang ajaib akan dicurahkan bagi orang percaya
  5. Roh kerendahan hati yang besar dan saling melayani diberikan bagi umat-Ku yang mau bersatu
  6. Orang percaya diberi kemudahan dan hadiah yang mengejutkan (Surprising Gift)

Berkat berlimpah akan diberikan bagi orang percaya

Semua sudah diberkati Tuhan? Amin!

Yohanes 10:10b, Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Saudara yang dikasihi Tuhan, kalau kita dengar kata-kata kelimpahan, apa yang ada di dalam pikiran Saudara? Saudara yang dikasihi Tuhan, Tuhan itu datang untuk kita bukan saja memberikan keselamatan, menebus dosa kita, tapi ternyata Tuhan juga datang untuk memberikan kehidupan yang berkelimpahan! Katakan, "Hidup saya berkelimpahan!" Amin!

Saudara dan saya, Tuhan sudah berikan hidup yang bukan sekedar hidup, tapi hidup yang berkelimpahan.

Pengertian kelimpahan

Ada dua pengertian kata berkelimpahan ini:

  1. Luar biasa atau istimewa
  2. Lebih dari cukup

#1 Luar biasa atau istimewa

Ternyata berkelimpahan memiliki makna hidup yang luar biasa, hidup yang istimewa. Apakah orang menilai Saudara ini orang yang istimewa, orang yang luar biasa di hadapan Tuhan, sungguh memberkati orang-orang yang bertemu dengan Saudara? Hidup kita harus berdampak bagi banyak jiwa! Amin! Itu berbicara mengenai hidup yang berkelimpahan.

Memiliki kelimpahan materi adalah bonus, tapi yang utama adalah hidup yang luar biasa menjadi berkat bagi banyak orang. Hidup yang istimewa!

#2 Lebih dari cukup

Orang berkelimpahan itu artinya lebih dari cukup, berbicara bahwa hidupnya itu sudah puas.

Yeremia 31:14, Aku akan memuaskan jiwa para imam dengan kelimpahan, dan umat-Ku akan menjadi kenyang dengan kebajikan-Ku, demikianlah firman TUHAN.

Sebetulnya ayat ini punya pengertian yang sederhana: "Orang yang puas dengan Tuhan, ke mana pun dia pergi, Dia akan menjadi berkat untuk banyak orang." Amin! Pada waktu kita puas dengan Tuhan, kita sudah dipulihkan oleh Tuhan, ke mana pun kita boleh pergi, kita pasti menjadi berkat bagi banyak jiwa.

Yusuf mengalami kelimpahan

Ada satu tokoh Perjanjian Lama yaitu Yusuf, yang menjadi satu contoh bagi kita semua. Yusuf itu lengkap mengalami kelimpahan, baik secara kekuasaan, materi, dia adalah orang yang istimewa.

Kenapa Yusuf bisa menjadi contoh bagi kita semua? Apa yang dilakukan oleh Yusuf?

  • Ternyata, Yusuf itu memiliki kelimpahan pengampunan. Dia dikerjai oleh saudara-saudaranya, tetapi dia tetap mengampuni. Disakiti, dijual, bahkan bukan hanya oleh saudaranya, juga oleh istri Potifar, dia tetap tidak mendendam. Yusuf punya kelimpahan pengampunan. Dia istimewa, memberikan pengampunan yang tidak pernah berhenti. Saudara mau disebut orang-orang yang istimewa di dalam Tuhan? Amin! Terus-menerus Saudara harus mengampuni satu sama lain.
  • Lalu Yusuf juga berkelimpahan dalam kesabaran. Dia sabar betul. Dalam bahasa Inggrisnya, long-suffering. Penderitaan yang panjang. Saudara siap? Setelah menunggu selama tiga belas tahun, barulah janji Tuhan terjadi bagi Yusuf. Saya tidak tahu berapa lama Saudara sudah menantikan akan hal-hal yang menjadi pergumulan Saudara, tapi milikilah kesabaran! Waktu Tuhan tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat.

Setelah memiliki kelimpahan pengampunan dan kelimpahan kesabaran, akhirnya Yusuf pun memiliki kelimpahan harta yang luar biasa. Dia dipuaskan Tuhan sehingga menjadi berkat di Mesir sebagai orang kedua di Mesir.

Kuasa untuk menikmati berkat Tuhan

Saudara mengerti tidak bahwa Tuhan sesungguhnya ingin kita semua menikmati berkat Tuhan? Tuhan menciptakan, menyelamatkan Saudara, hanya dengan satu tujuan, agar kita semua orang percaya menikmati berkat Tuhan! Amin!

1 Timotius 6:17, Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati.

Sekali lagi, beri garis bawah, "memberikan segala sesuatu untuk dinikmati." Segala sesuatunya! Amin!

Kalau Saudara itu dikasih pendamping, pasangan hidup, oleh Tuhan, itu untuk dinikmati. Keluarga itu untuk dinikmati, bukan untuk diceraiberaikan, bukan dihancurleburkan, tapi untuk dinikmati!

Mari Saudara yang dikasihi Tuhan, tangkap baik-baik, apapun yang Saudara alami pada hari-hari ini, Tuhan punya suatu rencana. Pada waktu kita menikmati hidup ini, karena kasih anugerah Tuhan, hidup kita akan bersukacita, karena sukacita dalam Tuhan itu adalah kekuatan kita.

Pengkhotbah 6:1-2, Ada suatu kemalangan yang telah kulihat di bawah matahari, yang sangat menekan manusia: orang yang dikaruniai Allah kekayaan, harta benda dan kemuliaan, sehingga ia tak kekurangan suatupun yang diingininya, tetapi orang itu tidak dikaruniai kuasa oleh Allah untuk menikmatinya, melainkan orang lain yang menikmatinya! Inilah kesia-siaan dan penderitaan yang pahit.

Berapa kali saya melihat dalam perjalanan hidup saya, ada orang kerja mati-matian mengumpulkan harta begitu banyak, tapi dia tidak menikmati apa yang dikerjakannya. Karena sibuk hanya kerja cari duit, akhirnya dia sakit, tidak menikmati, malah yang menikmati orang lain.

Mari minta kuasa, karunia, untuk menikmati setiap berkat yang sudah Tuhan berikan buat kita. Amin!

Ciri orang yang hidup berkelimpahan

Apa ciri orang yang hidupnya berkelimpahan?

#1 Dia tidak kuatir

Jangan kamu kuatir, burung di udara Dia pelihara
Jangan kamu kuatir, bunga di padang Ia hiasi
Jangan kamu kuatir, apa yang kamu makan, minum, pakai
Jangan kamu kuatir, Bapa di Surga memelihara

Jangan kuatir! Karena hidup Saudara ada di dalam tangan Tuhan, masa depan Saudara ada di dalam tangan Tuhan, keluarga Saudara ada di dalam tangan Tuhan, usaha Saudara ada di dalam tangan Tuhan, anak-anak Saudara ada di dalam tangan Tuhan, semua ada di dalam tangan Tuhan. Amin!

Saudara, kita punya Tuhan yang ajaib! Apa yang Saudara perlukan, Dia sanggup berikan kepada Saudara. Untuk itu, Tuhan pesankan, jangan ada yang kuatir dalam hidup Saudara.

#2 Bersukacita senantiasa

Apapun yang terjadi tetap bersukacita. Filipi 4:4, Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!

#3 Mengucap syukur dalam segala perkara

Diberkati atau belum, tetap mengucap syukur. Disembuhkan atau belum, tetap mengucap syukur. Dipulihkan ataupun belum, tetap mengucap syukur. 1 Tesalonika 5:18, Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

Itulah ciri-ciri orang yang berkelimpahan. Amin!

Penutup

Di hadirat-Mu aku puas
Di hadirat-Mu aku bebas
Di hadirat-Mu ada t'rang kehidupanku
Pernyataan kuasa kekuatan-Mu
Di hadirat-Mu kudatang
Persembahkan lagu di hadapan Rajaku

Pesan Tuhan untuk bulan ini sudah kita dengar bersama-sama. Kita semua sudah diberikan hidup bukan sekedar hidup yang biasa-biasa saja, tapi hidup yang berkelimpahan. Kita adalah orang-orang yang istimewa, orang-orang yang luar biasa dipakai Tuhan, orang-orang yang sudah dipuaskan Tuhan, dan waktu kita sudah dipuaskan Tuhan, ke mana pun kita pergi, kita memberkati orang lain. Mari minta terus pengurapan untuk kita memiliki hidup yang berkelimpahan! Amin.