Berkat Tuhan paradigma baru (Pdt Ari Kiswanto)

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Ari kiswanto-01.png
Ari KiswantoPdt Ari Kiswanto
RINGKASAN KHOTBAH
IbadahIbadah Raya
TanggalMinggu, 30 Januari 2022
GerejaGBI Jemaat Induk Danau Bogor Raya
LokasiIbadah Online
KotaBogor
VideoYouTube
Khotbah lainnya
Sebelumnya
Selanjutnya
Shalom semuanya, puji nama Tuhan Yesus. Sebagian besar sudah menerima pemberitahuan tema hari ini adalah berkat cara Tuhan dengan paradigma baru.

Shalom semuanya, puji nama Tuhan Yesus. Sebagian besar sudah menerima pemberitahuan tema hari ini adalah berkat cara Tuhan dengan paradigma baru. Kita sering mendengar istilah paradigma, kita terus diajar dan diungkapkan berkaitan dengan paradigma baru. Untuk itu saudara boleh kita lihat tuntunannya seperti apa dan bagaimana cara Tuhan membimbing setiap kita. Dia Allah yang tidak pernah terlambat, jika kita melihat situasi dan kondisinya kita tahu bahwa ada rancangan yang Tuhan kerjakan.

Growing God’s way

Bertumbuh dengan cara Tuhan, kita tidak dapat mengharapkan berkat dari Tuhan di kehidupan maupun pekerjaan kita kecuali kita lakukan dengan cara Tuhan. Saya banyak berkecimpung di dunia marketplace, banyak hal-hal yang tidak berkenan, tidak cocok, dan sebagainya. Tetapi satu hal yang perlu kita lihat di sini adalah cara Tuhan. Tuhan sedang berbicara tetapi kita harus jujur pada diri kita. Apakah kita sudah betul-betul mendengar janji-Nya kepada Saudara adalah kelimpahan dan kesehatan yang prima.

3 Yohanes 1:4,

Bagiku tidak ada sukacita yang lebih besar dari pada mendengar, bahwa anak-anakku hidup dalam kebenaran.

Tuhan berjanji untuk memerintahkan berkat-Nya atasmu. Ketika Saudara membaca, mengerti, memahami, Saudara mengatakan “Yes Lord, this is for me, aku layak menerimanya karena janji-Mu.”

Paradigma baru

Yesaya 43:18-19,

Firman--Nya: Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal dari zaman purbakala! Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara.

Satu-satunya yang langgeng dalam kehidupan ini adalah perubahan. Change is constant. Keberhasilan Saudara di masa yang lampau tidak akan menjamin keberhasilan Saudara di masa yang akan datang. Perhatikan baik-baik “Lihat Aku hendak membuat sesuatu yang baru.” kepada Saudara di tahun 2022. It’s growing untuk Saudara dan saya. Dahulu kering, bermasalah, berkekurangan, God’s promise 2022 something new. Saya banyak berkecimpung di dunia pendidikan, perlu adanya paradigma baru. Saya menyebutnya paradigm shift, pergerakan. Visi baru terhadap realita. Hadapi realita ini. Perubahan yang dasar dalam pola pikir kita, persepsi, iman percaya, dan janji-janji Tuhan melalui pola pikir yang terbuka. Open your mind.

Filipi 3:13-14,

Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

Saudara saat ini pun Saudara masih mendapatkan bisikan-bisikan yang palsu, tolak dalam nama Tuhan Yesus. “Tapi dulu begini, kondisi begini, si itu masih begini.” Fokus kedepan! Masa depanmu masih cerah. Jika saya rangkumkan dalam satu gambaran paradigm shift bicara tentang membuka pikiran dan percaya, tetapi jangan hanya berteori mari melangkah untuk diberkati. Kita bertanya Tuhan ini berbicara tentang berkat, rancangan Tuhan kadang-kadang indahnya bukan main, sehingga kita harus get out of the box, keluar dari kenyamanan kita. Sering saya bagikan kehidupan diawali dari akhir zona nyaman anda.

Jadilah terang

Maka Tuhan berkata “Anak-Ku, jadilah terang.” Kita kembali kepada sejarahnya. Di hari pertama Tuhan berkata:

Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi. Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan--Nyalah terang itu dari gelap. Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama. (Kejadian 1:3-5)

Maka kita lihat rangkumannya, bersama Tuhan, setelah malam, setelah kepahitan, setelah kesulitan, setelah masalah datanglah pagi. Habis gelap terbitlah terang. Dia minta kembali kepada kasih mula-mula. Go to the basic.

Yohanes 1:5,

Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

Apapun definisi gelap bagi Saudara tidak memiliki kuasa karena terang itu bercahaya di dalam kegelapan.

Arti Imanuel

  1. Arti imanuel yang pertama adalah ada jaminan bagi kita dalam menghadapi berbagai macam situasi hidup. Tuhan katakan “Ini aku jangan takut, aku akan menyertai engkau, sampai kepada kesudahan akhir jaman.” Daud menghadapi Goliat, dia berani bukan karena dia memiliki senjata yang lengkap, dia berani bukan karena dia mendapat dukungan dari Saul, dia tahu siapa yang berperang bersama dengan dia.
  2. Yang kedua, ada kelegaan dan kedamaian yang Tuhan anugerahkan bagi kita yang selalu percaya dan mengandalkan Dia. Kita boleh lelah, tetapi jangan sampai menyerah. Kita yakini, Tuhan menyertai kita. Ebenhaezer.

Yesus adalah terang dunia

Yohanes 8:12,

"Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata--Nya: “Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan melainkan ia akan mempunyai terang hidup."

Saudara sudah mengerti pesannya. Miliki iman dan berjalan hari-harimu di 2022 ini Jadilah terang dengan Tuhan, kita semua akan bersinar. Sebelum diberkati, jadilah terang.

Apakah saya bahagia?

Sederhana sekali pertanyaannya, “Apakah saya bahagia?” Yesus berkata di:

Lukas 11:28,

“Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan Firman Allah dan Yang memelihara-Nya.”

Saudara dapat mendengar saat ini, 20 menit kemudian Goodbye. Apakah Saudara akan tetap memelihara hal ini? Pesannya begitu nice dan simple kita lihat kemana arahnya.

Yakobus 1:25,

Tetapi barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya.

Maka saya menyikapi begitu ada satu tantangan, masalah, saya perkatakan Firman, ya dan amin.

Berkat Tuhan terdaftar

Berkat-berkat Tuhan terdaftar yang mencakup seluruh aspek kehidupanmu. No one can block the blessing that God has for you. Merupakan keinginan-Nya agar berkat-berkat-Nya mengikuti ke mana pun engkau pergi, agar anak-anak dan cucumu diberkati; diberkati pekerjaanmu, apapun yang kau lakukan diberkati. Saya berdoa, in the name of Jesus, meninggalkan pintu besar ini Saudara akan diikuti oleh berkat.

Ulangan 28:1,

"Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah--Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi.

Perhatikan yang pertama mendengar, kedua melakukan, ketiga setia.

Ulangan 28:2,

Segala berkat ini akan datang kepadamu dan menjadi bagianmu, jika engkau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu:

Saudara tidak lagi mengejar berkat, working overtime mengejar berkat tapi berkat yang akan mengejarmu.

Ulangan 28:3,

Diberkatilah engkau di kota dan diberkatilah engkau di ladang.

Saudara yang bekerja di Bogor ini You are blessed.

Ulangan 28:4,

Diberkatilah buah kandunganmu, hasil bumimu dan hasil ternakmu, yakni anak lembu sapimu dan kandungan kambing dombamu.

Para orang tua watch this carefully, your children semua diberkati.

Ulangan 28:7,

TUHAN akan membiarkan musuhmu yang maju berperang melawan engkau, terpukul kalah olehmu. Bersatu jalan mereka akan menyerangi engkau, tetapi bertujuh jalan mereka akan lari dari depanmu.

Saudara dalam pekerjaan ini, dunia ini, kehidupan ini,potensi musuh dimana-mana. Kejahatan dimana-mana, kecurangan apa lagi. Jika engkau mendengar, melakukan, dan tetap setia Tuhan akan mengangkat engkau dibebaskan dari semua kenyataan ini.

Ulangan 28:8,

TUHAN akan memerintahkan berkat ke atasmu di dalam lumbungmu dan di dalam segala usahamu; Ia akan memberkati engkau di negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu.

Simak baik-baik. Ayat ini berbicara tentang Tuhan tidak hanya ingin memberkatimu tetapi dia ingin memberi engkau kelimpahan.

Ulangan 28:11,

Juga TUHAN akan melimpahi engkau dengan kebaikan dalam buah kandunganmu, dalam hasil ternakmu dan dalam hasil bumimu--di tanah yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu untuk memberikannya kepadamu.

Ini adalah awal tahun, masih di akhir Januari. 2 hari lagi Februari. Untuk menerima berkat lupakan yang lama. Jangan mengungkit-ungkit. Fokus pada janji-Nya.

Ketaatan

Keluaran 15:26,

firman--Nya: "Jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan apa yang benar di mata--Nya, dan memasang telingamu kepada perintah-perintah--Nya dan tetap mengikuti segala ketetapan--Nya, maka Aku tidak akan menimpakan kepadamu penyakit mana pun, yang telah Kutimpakan kepada orang Mesir; sebab Aku Tuhanlah yang menyembuhkan engkau."

Saudara, dapat janji ini saya perkatakan setiap hari. Ketaatan adalah pembukaan pintu untuk menerima berkat Tuhan dalam kehidupan kita. Jangan hanya baca, tetapi dengan iman percaya menjadi pelaku Firman Tuhan itu yang akan menyenangkan Hati Tuhan. Formulanya adalah 1% iman, 99% ketaatan. Jika saya tanya Saudara percaya? Itu iman hanya satu persen. Perjalananmu untuk menyelesaikan pertandinganmu kuncinya di ketaatan. Banyak orang Kristen gagal karena tidak taat atau kurang taat. Menuntut janji-janji kelimpahan Tuhan tidak cukup.

Rumusnya simak baik-baik:

  1. Mengetahui bahwa kehendak Tuhan agar kita berkelimpahan
  2. Mengetahui janji-janji Tuhan dan melangkah dengan iman dan ketaatan
  3. Menghormati Tuhan dengan keberadaan-Mu, apapun yang Dia telah berikan kepadamu.

Penutup

Saudara, sebagai benih dari abraham kita telah mewarisi janji-janji ini dan semua itu adalah perjanjian (covenant) kita dengan Tuhan, itulah berkat cara Tuhan dengan paradigma baru. Saudara percaya 2022 sesuatu yang spesial untukmu, perkatakan dan tolak bisikan palsu. Fokus pada janji-Nya. Bersama Dia pasti bisa. Saya tidak lagi melihat besarnya masalah saya, saya tidak lagi melihat kebutuhan saya, tapi yang saya lihat adalah besarnya Tuhan Yesus dan segala kesanggupan-Nya. (MGT)

Video