Tetap tinggal dalam firman kasih karunia-nya (5)

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
AyoSaatTeduh fitted.png

Tetap tinggal dalam firman kasih karunia-nya (5)

Saat Teduh
Tanggal Jumat, 6 Desember 2019
Sebelumnya Kamis, 05 Desember 2019
Selanjutnya Sabtu, 07 Desember 2019

Dan sekarang aku menyerahkan kamu kepada Tuhan dan kepada Firman Kasih Karunia-Nya, yang berkuasa. (Kisah Para Rasul 20:32)

Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik. (2 Timotius 3:16-17)

Firman Tuhan, yaitu “Firman Kasih Karunia-Nya” memiliki kuasa ilahi: “yang berkuasa” dan "bermanfaat.” Dengan karya kasih karunia-Nya, Alkitab membawa kita kepada kepenuhan di dalam Kristus, dan juga mempersiapkan kita untuk melayani Dia.

Semua Firman Kasih Karunia diilhamkan oleh Allah. Walaupun ditulis melalui manusia, pesan dari Alkitab adalah perkataan-perkataan yang ingin Tuhan sampaikan. Oleh karena itu, Firman Tuhan dapat memberikan manfaat rohani ke dalam hidup kita: “Bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.”

Firman Tuhan “bermanfaat untuk mengajar.” Pengajaran oleh Alkitab memperlihatkan kepada kita jalan menuju kesalehan. “Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku” (Mazmur 119:105).

Firman Tuhan “bermanfaat... untuk menyatakan kesalahan.” Teguran oleh Alkitab memperingatkan kita ketika kita mulai menjauh dari jalan Tuhan. “Semuanya ini telah menimpa mereka sebagai contoh dan dituliskan untuk menjadi peringatan bagi kita” (1 Korintus 10:11).

Firman Tuhan “bermanfaat... untuk memperbaiki kelakuan.” Pemulihan oleh Alkitab memanggil kita kembali kepada jalan kesalehan yang lurus dan sempit. “Baiklah orang fasik meninggalkan jalannya, dan orang jahat meninggalkan rancangannya; baiklah ia kembali kepada TUHAN, maka Dia akan mengasihaninya, dan kepada Allah kita, sebab Ia memberi pengampunan dengan limpahnya” (Yesaya 55:7).

Firman Tuhan “bermanfaat... untuk mendidik orang dalam kebenaran.” Transformasi oleh Alkitab membimbing kita untuk menjadi semakin serupa dengan Kristus. “Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar” (2 Korintus 3:18).

Saat kita mengijinkan Tuhan untuk mengerjakan empat manfaat ini dalam hidup kita, kasih karunia-Nya akan membawa kita kepada pengalaman kepenuhan hidup di dalam Kristus yang semakin besar. Proses ini juga membuat kita siap untuk melayani Dia sesuai dengan kehendak-Nya: “Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.”

Doa

Ya Allah, aku perlu Firman Kasih Karunia-Mu untuk bekerja dalam hidupku setiap hari. Ubahlah hidupku dengan kuasa Firman-Mu yang ajaib. Ajar aku, tegur aku, pulihkan aku dan didiklah aku dalam kebenaran supaya aku dapat hidup dalam kepenuhan-Mu dan melayani Engkau untuk kemuliaan-Mu. Amin.