Hidup menurut Firman Allah (2)

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
AyoSaatTeduh fitted.png

Hidup menurut Firman Allah (2)

Saat Teduh
Tanggal Rabu, 11 September 2019
Sebelumnya Selasa, 10 September 2019
Selanjutnya Kamis, 12 September 2019

Kebajikan telah Kaulakukan kepada hamba-Mu, ya TUHAN, sesuai dengan firman-Mu. (Mazmur 119:65)

Biarlah teriakku sampai ke hadapan-Mu, ya TUHAN; berilah aku pengertian sesuai dengan firman-Mu. (Mazmur 119:169)

Mereka yang hidup sesuai dengan firman Allah akan memiliki kesaksian ini. “Kebajikan telah Kaulakukan kepada hamba-Mu, ya TUHAN, sesuai dengan firman-Mu.” Karena firman Allah adalah sumber semua tuntunan dan kekuatan dari Allah. Ketika seseorang membutuhkan keselamatan dari Allah, maka ia harus berpaling kepada firman-Nya. “Kiranya kasih setia-Mu mendatangi aku, ya TUHAN, keselamatan dari pada-Mu itu sesuai dengan janji-Mu” (Mazmur 119:41). Ketika kebangunan rohani diperlukan bagi mereka yang sudah memiliki hidup baru di dalam Kristus, maka ia kembali harus berpaling kepada firman-Nya. “Sokonglah aku, supaya aku selamat; aku hendak bersukacita dalam ketetapan-ketetapan-Mu senantiasa” (Mazmur 119:107). “Jiwaku melekat kepada debu, hidupkanlah aku sesuai dengan firman-Mu” (Mazmur 119:25). Apapun kebutuhannya, Allah mengundang kita untuk menghadapinya sesuai firman-Nya.

Ketika kita tidak dapat mengerti masalah dalam kehidupan yang menekan hidup kita, maka kita juga dapat datang kepada Allah dan firman-Nya. “Biarlah teriakku sampai ke hadapan-Mu, ya TUHAN; berilah aku pengertian sesuai dengan firman-Mu.” Seringkali kita terhenyak dengan banyaknya masalah yang datang bertubi-tubi. Firman Tuhan dapat menjawab semuanya itu.

Ketika situasi sulit yang ada di sekitar kita atau gejolak di dalam hati kita menekan kita, sekali lagi kita dapat mengandalkan Dia dan Firman-Nya. “Biarlah rahmat-Mu sampai kepadaku, supaya aku hidup, sebab Taurat-Mu adalah kegemaranku” (Mazmur 119:76). Betapa indahnya kedamaian yang memenuhi hati kita, ketika kita mengizinkan firman Tuhan menghibur kita.

Ketika batin kita penuh dengan beban berat sehingga rasanya kekuatan rohani kita sudah habis, kita senantiasa dapat datang kepada Allah dan firman-Nya. “Jiwaku menangis karena duka hati, teguhkanlah aku sesuai dengan firman-Mu” (Mazmur 119:28). Firman Tuhan yang hidup dan berkuasa dapat memberikan kekuatan baru bagi jiwa kita.

Ketika kita mulai tenggelam ke dalam laut kesedihan, Tuhan dan firman-Nya adalah jawaban yang kita perlukan. “Topanglah aku sesuai dengan janji-Mu, supaya aku hidup, dan janganlah membuat aku malu dalam pengharapanku” (Mazmur 119:116). Firman-Nya yang memberi hidup akan menopang kita, membuktikan sekali lagi bahwa pengharapan kita di dalam Tuhan tidak akan pernah sia-sia.

Ketika kita terjebak atau terikat dan memerlukan kemerdekaan, Tuhan akan menolong kita melalui firman-Nya yang berkuasa. “Biarlah permohonanku datang ke hadapan-Mu; lepaskanlah aku sesuai dengan janji-Mu” (Mazmur 119:170). Tuhan adalah Penolong yang ajaib.

Doa

Ya Tuhan, Firman yang Hidup, aku memuji Engkau untuk karya-Mu yang mencakup semua aspek hidupku. Berikanlah aku pengertian, penghiburan, kekuatan dan kemerdekaan setiap hari, sesuai dengan firman-Mu. Amin.