Tuhan menjanjikan Roh yang akan mengajar kita

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
AyoSaatTeduh fitted.png

Tuhan menjanjikan Roh yang akan mengajar kita

Saat Teduh
Tanggal Minggu, 14 Juli 2019
Sebelumnya Sabtu, 13 Juli 2019
Selanjutnya Senin, 15 Juli 2019

Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu. (Yohanes 14:26)

Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran. (Yohanes 16:13)

Kita sudah merenungkan perihal Tuhan menjanjikan untuk mendirikan jemaat-Nya. “Aku akan mendirikan jemaat-Ku” (Matius 16:18). Salah satu aspek dari janji ini adalah pertumbuhan kualitas kehidupan rohani umat Allah. Agar dapat bertumbuh dengan baik, umat Allah perlu belajar mengenai kebenaran firman-Nya. Roh Kudus dijanjikan kepada kita untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Datangnya Roh Kudus sebagai penolong bagi gereja merupakan sebuah janji: “Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku.” Ketika Allah Bapa menggenapi janji ini pada hari Pentakosta, salah satu tugas utama Roh Kudus adalah pelayanan pengajaran. “Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu. ” Karya pengajaran Roh Kudus adalah dengan memimpin kita untuk memahami segenap kebenaran firman Allah. “Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran.” Karya Roh Kudus ini sesuai dengan salah satu gelar-Nya: “Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran.”

Kita benar-benar membutuhkan pelayanan pengajaran dari Roh Kudus. Kita tidak dapat belajar mengenai kebenaran Allah hanya dengan kemampuan intelektualitas kita saja. “Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu” (Yesaya 55:8-9). Pikiran-pikiran dan jalan-jalan Tuhan begitu tinggi melebihi pikiran dan jalan kita, seperti tingginya langit dari bumi. Yesus juga memberikan penjelasan yang serupa mengenai Kerajaan Sorga dan mengundang manusia untuk datang dan masuk dengan mengikuti Dia. “Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini… Kerajaan-Ku bukan dari sini” (Yohanes 18:36). Jadi, kita membutuhkan Roh Kudus untuk mengajar kita perihal kerajaan Yesus ini.

Tidak terukur kasih Tuhan kepada kita. Kematian Anak-Nya membuktikan kasih tersebut. Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh Bagi umat-Nya yang sudah percaya kepada Dia dan mengasihi Dia, Tuhan menawarkan berkat yang jauh melampaui kemampuan pikiran manusia. “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia” (1 Korintus 2:9). Harta Rohani ini tertulis di dalam Alkitab agar kita dapat menggalinya sesuai dengan tuntunan Roh Allah.

Doa

Ya Tuhan atas segala janji yang agung, aku bersyukur karena Engkau mengirimkan Roh Kudus bagi kami. Aku memerlukan Roh-Mu untuk mengajarkan kepadaku kemuliaan kebenaran kerajaan-Mu. Saat aku membaca Firman-Mu, tuntun aku kepada kebenaran yang Engkau ingin aku mengerti dan aku hidupi. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus aku berdoa. Amin.