Kebangkitan dan pengudusan (1)

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
AyoSaatTeduh fitted.png

Kebangkitan dan pengudusan (1)

Saat Teduh
Tanggal Kamis, 21 Maret 2019
Sebelumnya Rabu, 20 Maret 2019
Selanjutnya Jumat, 22 Maret 2019

Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti... betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus, dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya, yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di sorga. (Efesus 1:18-20)

Sama seperti kebangkitan memiliki peran yang penting dalam pembenaran, yaitu saat kita mulai hidup baru dengan Allah, kebangkitan juga berperan penting dalam pengudusan kita, yaitu hidup berjalan bersama Allah setiap hari. Dalam perjanjian baru kasih karunia, kebangkitan terlibat dari awal hingga akhir dalam kehidupan orang Kristen.

Ayat renungan kita diambil dari doa Paulus untuk jemaat di Efesus. Dimulai dengan permohonan agar Tuhan memberikan pengertian rohani: “Menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti." Tuhan ingin kita mengerti kebenaran penting ini, yaitu apakah sebagai orang percaya kita berjalan dalam hidup dengan kekuatan ilahi atau dengan kelemahan manusia daging.

Adalah penting untuk mengetahui sumber daya untuk kehidupan sebagai orang percaya: “Agar kamu mengerti... betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus, dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya." Kita yang sudah dibenarkan melalui iman kepada Kristus seharusnya tidak lagi menggunakan kekuatan kita sendiri dalam menjalani kehidupan ini. Kita yang sudah dilahirkan kembali oleh Roh Kudus harus hidup dalam kehidupan yang baru ini dengan kuasa Allah!

Kuasa Allah yang dinyatakan dalam doa ini adalah kuasa kebangkitan: “Sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya, yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati." Kuasa maha dahsyat yang menjadikan Yesus yang mati di salib sebagai Juru selamat bangkit menjadi Allah yang hidup, juga tersedia bagi kita.

Sedemikian luar biasa kuasa yang diperlihatkan dalam kebangkitan Yesus, namun masih ada hal yang lebih dahsyat tersedia bagi kita: “Dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di sorga." Kuasa Allah sanggup membangkitkan Yesus dari kematian dan juga mendudukkan Yesus di sebelah kanan Allah Bapa di Sorga. Tentunya kuasa seperti ini cukup untuk mengangkat kita dari situasi yang seolah tanpa harapan.

Doa

Allah sumber kuasa kebangkitan, sudah banyak hari yang aku lalui tanpa mencari Engkau dan mengandalkan kuasa-Mu. Sering kali aku hidup hanya berdasarkan kekuatanku sendiri. Aku bertobat dari pengandalan diriku sendiri yang sangat terbatas. Tuhan, oleh karena kasih karunia-Mu aku dapat melihat dan mengerti kuasa kebangkitan yang tersedia bagiku, oleh karena itu bekerjalah dalam hidupku. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin.