Pemberdayaan oleh Roh Kudus: tiga istilah, satu kebenaran

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
AyoSaatTeduh fitted.png

Pemberdayaan oleh Roh Kudus: tiga istilah, satu kebenaran

Saat Teduh
Tanggal Selasa, 5 Maret 2019
Sebelumnya Senin, 04 Maret 2019
Selanjutnya Rabu, 06 Maret 2019

Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.

Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi. Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya. (Kisah Para Rasul 1:5, 8; 2:4)

Kitab Kisah Para Rasul mencatat bagaimana Roh Kudus memberdayakan orang-orang untuk pelayanan dengan menggunakan tiga istilah yang memiliki pengertian yang sama. Yesus menggunakan istilah “dibaptis dengan” Ketika Ia memberitakan janji tentang kuasa Roh Kudus. “tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus." Yesus menggunakan istilah lain yaitu “turun ke atas kamu” saat Ia mengatakan bahwa hasilnya adalah penginjilan ke seluruh dunia. “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu." Lalu pada saat Lukas mencatat peristiwa di Loteng Atas pada hari Raya Pentakosta, ia menggunakan istilah “penuh dengan”. “Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus."

Dari ketiga ayat di atas, jelas bahwa semua istilah tersebut sedang menjelaskan sebuah peristiwa rohani yang sama: Roh Kudus memberikan kuasa kepada pengikut Yesus untuk bersaksi. Setiap istilah memang memiliki implikasi penjelasan masing-masing. Istilah “Dibaptis dengan Roh Kudus" memiliki pengertian seperti dibanjiri oleh Dia. Istilah “Roh Kudus turun ke atas kamu” memiliki pengertian seperti ditimpakan dari atas oleh Dia. Istilah “penuh dengan Roh Kudus” memiliki pengertian seperti dituang sampai meluap oleh Dia. Namun walaupun setiap istilah memiliki gambaran tersendiri, semuanya menjelaskan hal yang sama.

Janji akan pemberdayaan oleh Roh Kudus tidak dapat dimonopoli oleh kelompok denominasi tertentu saja. Hal ini juga tidak dapat diabaikan baik oleh orang Kristen atau gereja tertentu dalam tubuh Kristus. Kebenaran ini adalah milik semua anak Allah. Setiap murid Tuhan Yesus harus terus belajar dan tumbuh dalam pemberdayaan rohani yang penting ini.

Perlu dijelaskan bahwa janji ini bukan mengenai masuknya Roh Kudus untuk tinggal dalam orang Percaya. Roh Kudus sudah pasti tinggal di dalam hidup semua orang yang sudah lahir kembali dalam Yesus Kristus. “Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?” (1 Korintus 3:16). Roh Kudus sudah tinggal di dalam diri para Rasul ketika mereka menerima janji ini. “Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: "Terimalah Roh Kudus” (Yohanes 20:22). Janji ini adalah mengenai Roh Kudus yang ada di dalam orang percaya membanjiri dan memenuhi orang percaya dengan kehadiran-Nya yang memberi kuasa.

Doa

Tuhan Yesus, Engkau datang untuk memberikan kepada kami hidup yang berkelimpahan. Penuhilah hidupku dengan karya Roh Kudus yang memberi kuasa. Aku memohon agar bisa menjadi saksi-Mu yang efektif. Aku memerlukan kuasa Roh Kudus supaya aku dapat mencerminkan kehidupan Kristus. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin.