Ukuran kasih karunia Allah

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
AyoSaatTeduh fitted.png

Ukuran kasih karunia Allah

Saat Teduh
Tanggal Kamis, 3 Januari 2019
Sebelumnya Rabu, 02 Januari 2019
Selanjutnya Jumat, 04 Januari 2019

Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya… supaya pada masa yang akan datang Ia menunjukkan kepada kita kekayaan kasih karunia-Nya yang melimpah-limpah sesuai dengan kebaikan-Nya terhadap kita dalam Kristus Yesus… Kepadaku, yang paling hina di antara segala orang kudus, telah dianugerahkan kasih karunia ini, untuk memberitakan kepada orang-orang bukan Yahudi kekayaan Kristus, yang tidak terduga itu. (Efesus 1:7; 2:7; 3:8)

Berapakah ukuran dari kasih karunia Allah? Seberapa banyak persediaan kasih karunia-Nya? Seringkali kita meremehkan betapa besarnya kasih karunia Allah bagi kita.

Allah itu kaya dalam kasih karunia. Ketika Ia mengampuni dosa kita, Ia melakukannya “menurut kekayaan kasih karunia-Nya.” Renungkanlah bagaimana luar biasa kasih karunia yang diberikan kepada kita untuk menghapus kesalahan dan kehinaan kita. Tuhan dalam kemurahan-Nya melimpahkan kasih karunia untuk membasuh dosa-dosa kita. Walaupun demikian, Ia tidak kehabisan persediaan kasih karunia.

Paulus menulis “kekayaan kasih karunia-Nya yang berlimpah-limpah” (Efesus 2:7). Kekayaan kasih karunia Allah melebihi segala sesuatu yang pernah kita alami bahkan melampaui apapun yang dapat kita bayangkan. Persediaan kasih karunia Allah begitu melimpah sehingga Allah akan memberikannya kepada kita hingga “masa yang akan datang.” Bahkan dibutuhkan kekekalan bagi Allah untuk menyatakan seluruh kepenuhan kasih karunia-Nya kepada kita. Pernyataan kekal kasih karunia ini dilakukan Allah dengan melimpahkan kebaikan-Nya kepada kita yang ada di dalam Yesus Kristus. Bayangkan – Ukuran kasih karunia Allah begitu besar sehingga Ia dapat membuat kita menjadi kekasih-Nya untuk selama-lamanya!

Beberapa orang mengandaikan kekayaan kasih karunia Allah dengan luasnya samudera. Memang seluruh samudera yang ada di bumi ini begitu luas dan dalam. Tetapi manusia sudah dapat mengukur baik luas maupun dalamnya samudera. Setiap samudera memiliki dasar, walaupun sangat dalam, tetapi ada batasnya.

Paulus menulis bahwa ia telah dianugerahkan kasih karunia itu, “untuk memberitakan kekayaan Kristus, yang tidak terduga itu.” Dalam bahasa aslinya mengandung pengertian seperti samudera yang tidak terduga dalamnya. Ada lebih banyak kasih karunia Allah tersedia bagi kita dari pada seluruh samudera di dunia ini! Sungguh, tidak peduli sudah berapa banyak kasih karunia yang sudah kita alami di dalam Kristus, masih sangat banyak kasih karunia tersedia bagi kita.

Doa

Allah Bapa yang ada di dalam Sorga, begitu ajaibnya kekayaan kasih karunia-Mu. Ampuni kami jika kami sering meremehkan kasih karunia-Mu. Bukalah mataku dan terangi hatiku supaya kami mengerti betapa panjangnya, lebarnya dan dalamnya kasih karunia-Mu yang senantiasa Engkau limpahkan dalam hidupku. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus Juru Selamatku. Amin.