Berharap hanya pada Tuhan

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Logo profetik.png
Devosi
Tanggal 2022 12 September 2022
Sebelumnya
Selanjutnya

Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

Roma 5:5

Ada cukup banyak anak Tuhan atau bahkan pelayan Tuhan yang dengan mudah menjadi kecewa pada Tuhan oleh karena tidak mendapatkan apa yang diharapkan atau mendapatkannya tapi tidak seperti yang diharapkan.

Mengapa?

  • Mereka tidak berharap pada Tuhan. Mereka berharap pada orang lain dan pada kekuatan sendiri
  • Mereka berharap Tuhan menjawab tepat seperti apa yang mereka perlukan, dengan cara yang mereka rancang dan berharap Tuhan mengikuti rancangan mereka

Yesaya 55:8-9,

(8) Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. (9) Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.

Kekecewaan ini timbul dan terus dibiarkan bertumbuh oleh karena tidak adanya kepercayaan pada Tuhan dan tidak mau merendahkan diri berbalik kepada Tuhan.

Mulailah dari mengerti dan mengikuti Firman Tuhan bahwa taruhlah pengharapan kita pada Tuhan. Sepenuhnya dan seutuhnya.

Percaya bahwa:

  • Tuhanlah yang Maha Tahu
  • Tuhanlah yang Maha Kuasa

Tuhan akan bekerja menggenapi apa yang dijanjikan-Nya, bahkan akan menjawab pengharapan kita, tapi dengan cara-Nya dan dalam waktu-Nya. Bukan dengan cara kita dan dalam waktu kita.

Dengan demikian kita tidak akan mudah merasa kecewa. Kasih Allah sangat besar bagi kita, bahkan Roh Kudus-Nya diberikan bagi kita untuk menuntun, mengarahkan kita dan membawa kita untuk mengerti kehendak-Nya.

Inilah yang membuat pengharapan kita di dalam-Nya itu akan membuahkan sukacita, damai sejahtera dan kebahagiaan yang dunia tidak bisa berikan. Bahkan ada janji yang begitu indah bahwa Tuhan sanggup memberi lebih dari yang kita doakan.

Tetaplah berharap pada Tuhan dan jangan goyah.

Efesus 3:20,

"Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita."

Tuhan Yesus Memberkati.