Tuntunan Tuhan

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari

Background BPA 2021-05.jpg

Background BPA 2021-05.jpg

Materi COOL BPA Materi COOL BPA
TanggalMinggu, 03 Oktober 2021
Penulis Departemen Pemuda dan Anak Departemen Pemuda dan Anak
UnduhGoogle Drive
Sebelumnya
Selanjutnya

Dalam Revival Prayer Meeting 26 September 2021 yang lalu, kita sudah mendengar pesan Tuhan yaitu di tahun Pey Bet —tahun Sabat— ini, kita harus banyak “melihat ke dalam”, yang salah satu maknanya ialah “perhatikan pesan Tuhan di gerejamu”.

Perhatikan pesan Tuhan

Menurutmu, kenapa sih kita harus perhatikan pesan Tuhan di gereja kita baik di cabang maupun di Rayon?

  • Semua gereja menerima visi masing-masing dari Tuhan, karena Tuhan punya rencana yang spesifik atas masing-masing gerejaNya.
  • Bagaikan anggota tubuh yang diciptakan dengan fungsinya masing-masing, demikian pula setiap keluarga rohani memilki visi dan fungsi sendiri dari Tuhan.
  • Bagaikan sebuah warisan, visi tersebut adalah “warisan rohani” yang diturunkan ke setiap generasi yang ada di masing-masing gereja.
  • Itu sebabnya, sebagai generasi muda kita harus memperhatikan pesan Tuhan melalui para pemimpin rohani, karena merekalah yang menerima visi dari Tuhan untuk menuntun kita.

Pesan yang tidak ditangkap

Apa yang terjadi kalau kamu ngga nangkep pesan Tuhan melalui para pemimpin rohani kita?

Proverbs 29:18 ISV,

"Without prophetic vision, people abandon restraint, but those who obey the Law are happy." 
  1. Tidak punya arahan ilahi
  2. Waktu kita nggak nangkep pesan Tuhan melalui para pemimpin rohani kita, maka kita akan bingung, mau kemana dan mau ngapain hidup kita.

    Ada banyak “good ideas” di dunia ini, tapi yang kita butuhkan ialah “God’s idea” untuk mengarahkan hidup kita.

  3. Tidak bisa melakukan kehendak Tuhan pada zaman now
  4. Kisah 13:22b,
    "Tentang Daud Allah telah menyatakan: Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku." 

    Tuhan menyatakan kehendak dan rencana-Nya kepada para pemimpin rohani di gereja kita. Bila kita lalai untuk nangkep pesan Tuhan melalui mereka, maka kita tidak bisa menuntaskan apa yang menjadi kehendak Tuhan. Diskusikan, apa akibatnya bila kita ngga menuntaskan kehendak Tuhan dalam hidup kita

  5. Tidak menerima penyediaan Ilahi
  6. Ibrani 13:21,
    kiranya memperlengkapi kamu dengan segala yang baik untuk melakukan kehendak-Nya.

    Kalau negara saja akan menyediakan fasilitas yang memadai bagi semua pejabat negara untuk melakukan tugasnya, apalagi Tuhan.

    Allah kita sudah menyediakan semua jenis keperluan yang kita butuhkan untuk menuntaskan visi yang Dia berikan.

    Seseorang bisa memberi kesaksian tentang mengalami penyediaan ilahi Ketika berjalan dalam visi Tuhan.

Yuk kita latihan nangkep tuntunan Tuhan

Sebagai bagian dari keluarga besar GBI Gatot Subroto, kita nangkep pesan Tuhan melalui Ps Niko (dalam ibadah Raya Minggu ketiga dan MDPJ bagi pelayan jemaat).

Di Rayon 7, kita nangkep pesan Tuhan melalui Ps Rusli (dalam ibadah raya Minggu kedua dan DPJ R7 bagi pelayan jemaat).

Di Cabang, kita nangkep pesan Tuhan melalui Gembala Cabang (dalam kegiatan Cabang masing-masing). Di pelayanan BPA Rayon 7, kita nangkep pesan Tuhan melalui Ps Pongky (dalam Revival Prayer Meeting).

Simaklah dan catat setiap pesan Tuhan melalui para pemimpin rohani kita di sepanjang bulan Oktober ini. Kamu juga bisa menjadikan catatan tersebut sebagai bahan saat teduh harianmu, renungkan berulang-ulang setiap hari satu persatu bagian pesan-pesan Tuhan tersebut.

Mintalah pimpinan Roh Kudus dan bimbingan mentormu untuk memahami setiap pesan Tuhan tersebut, maka kamu akan melihat semua pesan Tuhan dari para pemimpin rohani kita tersebut adalah bagaikan potongan puzzle yang memuat gambar yang jelas tentang apa yang kita harus lakukan.

Manfaat nangkep tuntunan Tuhan

#1 Memberi kuasa dan kekuatan untuk menjalani hidup

Kamu ngga akan gampang lemes dan down Ketika menghadapi masalah dan tantangan, tapi akan merasakan kekuatan batinmu bertambah, karena ada kuasa dalam setiap tuntunan Tuhan yang membangkitkan kekuatan rohmu.

#2 Menerangi hati dan pikiranmu

Kamu ngga akan bingung, kamu ngga akan kekurangan ide, karena tuntunan Tuhan bukan sekedar good ideas, tapi God’s ideas. Kamu akan benar-benar tahu apa yang harus kamu lakukan.

#3 You have the key

Tuntunan Tuhan adalah kunci yang kamu butuhkan untuk melangkah.