Half time

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari

Background BPA 2021-05.jpg

Background BPA 2021-05.jpg

Materi COOL BPA Materi COOL BPA
TanggalJumat, 18 Juni 2021
Penulis Departemen Pemuda dan Anak Departemen Pemuda dan Anak
UnduhGoogle Drive
Sebelumnya
Selanjutnya

Kita sudah tiba di bulan ke-6, yaitu bulan terakhir dari paruh waktu pertama dari tahun 2021 ini.

Dalam sebuah pertandingan olah raga dua babak, maka peralihan dari babak pertama ke babak kedua adalah amat penting, karena akan menentukan hasil akhir dari pertandingan.

Demikian pula dengan kehidupan kita sebagai generasi Yeremia, peralihan dari paruh waktu pertama ke paruh waktu kedua di tahun ini akan menentukan hasil akhir yang akan diperoleh.

Kita harus mengevaluasi diri masing-masing di akhir paruh waktu pertama tahun ini, agar kita bisa bersiap memasuki paruh waktu kedua dengan maksimal.

Dalam mazmur 90:2 Musa berdoa agar diberi hikmat untuk menghitung hari, agar setiap waktu dan musim yang Tuhan berikan, akan dia isi dengan segala hal yang semakin memuliakan namaNya, yaitu dengan semakin melakukan apa yang menjadi kehendakNya. Jadi, Musa minta hikmat Tuhan agar ia dapat mengevaluasi perjalanan hidupnya.

Kita juga harus minta hikmat TUHAN agar dapat melakukan evaluasi diri.

Yang harus dievaluasi

#1 Hubunganmu dengan Tuhan

Hubungan dengan TUHAN haruslah mendapat tempat terutama dalam kehidupan kita (Matius 6:33).

Hadirat Roh-Nya serta kebenaran Firman-Nya yang harus selalu kita cari lebih dahulu setiap pagi (Markus 1:35).

  • Buatlah kesimpulan tentang bagaimana hubunganmu dengan TUHAN selama 6 bulan pertama di tahun ini, bandingkanlah dengan tahun lalu.
  • Apakah hal-hal yang harus kamu lakukan agar semakin memiliki persekutuan yang akrab dengan TUHAN?

#2 Hubunganmu dengan keluargamu

Keluarga adalah “kubu perlindungan” utama dalam peperangan rohani. Keluarga akan menjadi kuat apabila memiliki mezbah yang menghadirkan TUHAN yang memberkati keluarga (Yosua 24:15).

  • Dibandingkan dengan tahun lalu, bagaimana peranmu dalam memperkokoh hubungan dalam keluargamu selama half time pertama tahun ini?
  • Beri kesaksian pertolongan/berkat yang keluargamu alami selama half time pertama tahun ini.

#3 Studi/usaha/pekerjaan

Kita akan menjadi saksi yang efektif bagi perluasan kerajaan-Nya ketika menghasilkan buah/dampak positif dalam studi, usaha, pekerjaan yang kita lakukan. Tuhan menjanjikan keberhasilan dan keberuntungan atas kehidupan umat-Nya (Yosua 1:8). Untuk mengalami keberhasilan, maka kita harus mengasah talenta yang ada pada diri kita. Untuk mengalami keberuntungan, kita harus disertai oleh God’s favor.

  • Apa yang harus kamu lakukan agar semakin berbuah dalam studi/usaha/pekerjaanmu?

#4 Pelayanan

TUHAN mengizinkan banyak gereja termasuk gereja kita untuk beribadah secara online, bukanlah agar kita berhenti melayani, tetapi agar kita mengenakan paradigma baru tentang pelayanan itu sendiri.

Para pelayan TUHAN yang sejati akan selalu mengikuti Dia dan melayani dalam tuntunan-Nya (Yohanes 12:26). Semua kita harus menjadi rumah doa bagi segala bangsa (Markus 11:17), dan ada kesempatan untuk bisa melayani bangsa-bangsa dengan mendoakannya di Menara APT dan Menara Doa Rayon 7.

  • Evaluasilah paradigmamu tentang pelayanan, dan baharuilah komitmenmu.

Mark your calendar!

Minggu depan (20–26 Juni), kegiatan COOL BPA adalah “the week of prayer BPA”. Kita akan membangun mezbah bersama pada tanggal 21 Juni–26 Juni dengan jadwal:

  • Senin-Jumat, 21-25 Jun: Pukul 05.30–06.15
  • Sabtu, 26 Jun: Pukul 06.00–06.45 bergabung dalam “Morning Prayer: In His Presence”

Semua COOL Remaja, Pemuda, dan Dewasa Muda wajib mengikuti kegiatan “the week of prayer BPA”.