Tahun ini akan lebih baik!

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Logo Cool.png
Materi COOL Umum Materi COOL Umum
TanggalJumat, 05 Februari 2021
Penulis Dony Lubianto Pdm Dr Dony Lubianto, MTh
UnduhGoogle Drive
Sebelumnya
Selanjutnya

Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan (Yeremia 29:11)

Pendahuluan

Kita telah meninggalkan tahun 2020 di mana kita benar-benar merasakan bahwa tahun 2020 adalah Tahun Dimensi Yang Baru. Tahun di mana kita mengalami sesuatu yang tidak pernah kita pikirkan, yang tidak pernah kita alami sebelumnya. Mungkin kita semua mengalami pengalaman yang sama sepanjang tahun 2020, semua ruang gerak dalam usaha, pekerjaan, sekolah, pelayanan menjadi terbatas karena protokol kesehatan, namun kita percaya bahwa tahun 2021 akan lebih baik dibanding tahun 2020. Tentunya kita berharap situasi dan kondisi Indonesia dan dunia menjadi lebih baik, namun jika pun tidak demikian percayalah kehidupan dan kerohanian kita tetap menjadi lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu.

Isi dan sharing

Empat hal yang harus kita perhatikan dan lakukan untuk dapat mengalami kehidupan yang lebih baik di tahun 2021:

  1. Berlimpah dengan kasih setia Tuhan setiap pagi
  2. Ini berbicara tentang bagaimana kita memulai hari-hari kita. Tidak sedikit orang yang memulai harinya dengan kebingungan, keputusasaan, ketakutan, kebimbangan, keluh kesah dan hal negatif lainnya mengingat situasi dan kondisi yang tidak menentu. Namun memasuki tahun yang baru ini kita berpegang pada firman Tuhan sesuai dengan Ratapan 3:22-23 yang berkata: "Tak berkesudahan kasih setia Tuhan, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!”.

    Awalilah hari kita dengan menerima dan mengalami kasih setia dan rahmat Tuhan setiap pagi! Awali harimu dengan doa, pujian, penyembahan dan firman Tuhan. Alami perjumpaan dengan Tuhan dalam saat teduh kita di pagi hari serta ijinkan Dia melimpahi kita dengan kasih setia dan rahmat-Nya.

  3. Berharap hanya kepada Tuhan
  4. Ratapan 3:24 berkata, "Tuhan adalah bagianku, kata jiwaku, oleh sebab itu aku berharap kepada-Nya.”

    Karena kita berharap kepada Tuhan, maka kita berani berkata bahwa tahun 2021 akan lebih baik dibanding tahun 2020. Sesuai dengan Yesaya 40:30-31, orang yang berharap kepada Tuhan akan mendapat kekuatan baru yang melebihi kekuatan orang-orang muda: Mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

    Jangan lupakan juga Yeremia 17:7-8 (baca dengan lengkap), yang berkata, “Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan, yang menaruh harapannya pada Tuhan!"

    Haleluya!

  5. Berlindung kepada Tuhan
  6. Mazmur 118:8, yang merupakan ayat tengah dari Alkitab yang berkata, “Lebih baik berlindung pada Tuhan dari pada percaya kepada manusia.”

    Percayalah bahwa keadaan kita akan lebih baik kalau kita berlindung kepada Tuhan daripada kepada manusia, termasuk kepada kekuatan sendiri. Situasi dan kondisi dunia mungkin saja tidak bertambah baik, itu sebabnya di tengah situasi dan kondisi apapun adalah sebuah langkah yang tepat untuk kita berlindung kepada Tuhan (Mazmur 91:1-16).

  7. Berjalan sesuai dengan langkah yang ditetapkan Tuhan
  8. Mazmur 37:23-24 berkata bahwa “Tuhan menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab Tuhan menopang tangannya.”

    Orang yang hidupnya berkenan kepada Tuhan adalah orang yang berharap kepada Tuhan. Bagi orang yang seperti ini Tuhan akan menetapkan langkah-langkahnya. Perlu diingat bahwa sebagai orang yang berkenan di hadapan Tuhan, kita mungkin masih bisa ‘jatuh tersandung’, namun Alkitab berkata tidak sampai tergeletak sebab Tuhan menopang tangan kita. Berjalanlah di tahun 2021 bukan dengan langkah yang kita tetapkan sendiri berdasarkan hikmat dan kehebatan kita, melainkan berdasarkan langkah yang Tuhan sudah tetapkan bagi kita.

Tuhan Yesus memberkati. Maranatha! (DL)

Kesaksian

Kebaikan-kebaikan apa saja yang Anda alami selama tahun 2020?

Kesimpulan dan saling mendoakan

Hadapi setiap keadaan yang terjadi pada saat ini dengan mengandalkan kekuatan Tuhan.

Catatan

COOL Umum Februari 2021: