Manfaat puasa (2)

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Manfaat puasa (2)
Logo Junior Community.png
Materi COOL Remaja
PeriodeOktober 2010
MingguV (2010-43)
Sebelumnya
    Selanjutnya
      Unduh PDF

      Penjelasan materi

      Kalau kemarin kita sudah membahas perihal 3 manfaat utama dari puasa, maka kita akan membahas manfaat yang lain dari puasa, diantaranya adalah:

      1. Kelepasan dari belenggu rohani
      2. "Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya Engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk" (Yesaya 58:6).

        Puasa melepaskan cengkeraman Iblis atas kehidupan kamu dan atas kehidupan orang-orang yang kamu doakan pada saat berpuasa. Kebiasaan dosa yang terus mengganggu kehidupan kamu dapat dilenyapkan melalui puasa dan doa. Benteng-benteng di kota kamu yang merintangi pekerjaan Allah juga dapat diruntuhkan. Allah berjanji, puasa kamu akan mematahkan setiap kuk dan memerdekakan orang-orang yang teraniaya!

        Inilah yang diajarkan Yesus dalam Matius 17:14-21 ketika Ia menyembuhkan anak yang kerasukan setan. Murid-murid yang gagal menolong anak muda itu bertanya kepada Yesus, mengapa mereka tidak berhasil. Yesus menjawab, "Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa" (ayat 21). Ketika Yesus mendatangi anak itu, Ia tidak pulang ke rumah dan mulai berpuasa. Ia telah berpuasa dan telah siap untuk mengatasi masalah itu dan meraih kemenangan.

      3. Menolong orang murtad kembali bertobat
      4. ”Tetapi sekarang juga,” demikianlah firman Tuhan, ”berbaliklah kepada-Ku dengan segenap hatimu, dengan berpuasa, dengan menangis dan dengan mengaduh." (Yoel 2:12).

        Melalui puasa, kamu dapat melihat hati yang beku terhadap Allah mencair dan hasratnya kembali tersulut merindukan hal-hal Kerajaan Allah.

      5. Mencurahkan kemurahan
      6. Bacalah Yoel 2:15-19. Allah berjanji untuk menghapuskan cela dari umat-Nya bila kita "mengadakan puasa yang kudus." Ia mengatakan, kita tidak akan menjadi sindiran di antara bangsa-bangsa. Salah satu senjata terbesar Iblis adalah menyebarluaskan dusta dan konsep yang keliru tentang pekerjaan Allah di sekola/kampus/kantor/keluarga. Melalui puasa, Allah berjanji untuk menghapuskan semua cela dan memberikan kemurahan yang diperlukan untuk menjalankan pelayanan yang berhasil.

      7. Memperbarui kesehatan jasmani
      8. Manfaat ini juga penting. Begitu banyak orang yang makan melebihi kebutuhan tubuh mereka. Akibatnya yang jelas adalah kegemukan dengan akibat jangka panjang seperti penyakit jantung dan penyakit-penyakit lain yang mengerikan. Berpuasa secara teratur akan memurnikan aliran darah kita dan membersihkan tubuh, sehingga dapat berfungsi tanpa terkena penyakit.

        Kalau kamu berpuasa, kamu akan mendapatkan kekuatan dan semangat yang baru. Pikiran kamu menjadi jernih, dan kamu mendapati diri kamu bangun bagi dan siap untuk menjalani kehidupan ini sepenuh-penuhnya.

      Proyek ketaatan

      Coba share dengan teman-teman bagaimana pengalaman puasa kamu, apakah ada halangan-halangan yang kamu jumpai? Apa sajakah penghalang-penghalang itu?