Manfaat puasa (1)

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Manfaat puasa (1)
Logo Junior Community.png
Materi COOL Remaja
PeriodeOktober 2010
MingguIV (2010-42)
Sebelumnya
    Selanjutnya
      Unduh PDF

      Penjelasan materi

      Berikut ini beberapa manfaat utama puasa, yaitu :

      1. Kuasa rohani
      2. Seperti disebutkan tadi, Yesus mengawali pelayanan-Nya dengan berpuasa empat puluh hari di padang gurun. Lukas 4:1-2 mengatakan, Ia memulai puasa-Nya "penuh dengan Roh Kudus". Nah, perhatikanlah, setelah Ia berpuasa, dikatakan, "Dalam kuasa Roh kembalilah Yesus ke Galilea" (Lukas 4:14). Puasa meningkatkan kuasa rohani dalam kehidupan kamu untuk melakukan perbuatan-perbuatan besar yang dikehendaki Allah untuk kamu lakukan bagi Kerajaan-Nya.

      3. Pengarahan dalam hidup
      4. Ketika kamu berpuasa, Allah akan menyatakan hal-hal yang berkenaan dengan masa depan dan memberi kamu jawaban untuk mengambil keputusan-keputusan penting.

        Perhatikanlah dalam kehidupan Paulus bagaimana puasa memainkan peranan yang penting dalam dia menerima pengarahan dari Tuhan. Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka" (Kisah 13:2). Sewaktu mereka berpuasa, Roh Kudus menyampaikan arah yang jelas bagi kehidupan Paulus.

        Kamu harus membiasakan diri untuk berpuasa dan berdoa sebelum mengambil keputusan yang penting.

      5. Pertumbuhan Gereja yang dinamis
      6. Dr Paul Cho memiliki gereja yang beranggota 500.000 jiwa di Seoul, Korea. Gerejanya bertumbuh rata-rata 10.000 anggota baru tiap bulan. Ia menghubungkan keberhasilannya dengan puasa dan doa. Gerejanya membeli sebuah bukit di Korea dan membangun gua-gua kecil di sana, sehingga anggota jemaatnya dapat berdoa dan berpuasa. Kalau kamu berpuasa dan berdoa, kamu akan melihat keselamatan terjadi di sekolah/kampus/kantor dan keluarga kamu.

      Proyek ketaatan

      Coba share dengan teman-teman bagaimana pengalaman puasa kamu, apakah ada halangan-halangan yang kamu jumpai? Apa sajakah penghalang-penghalang itu?