Berdoa memperkatakan Firman

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Berdoa memperkatakan Firman
Logo Junior Community.png
Materi COOL Remaja
PeriodeOktober 2010
MingguII (2010-40)
Sebelumnya
    Selanjutnya
      Unduh PDF

      Bahan diskusi

      Apakah yang Tuhan Yesus katakan kepada Iblis pada waktu Ia dicobai sehingga Yesus menang mutlak terhadap Iblis? (Matius 4:1-11)

      Apakah yang Allah ucapkan pada waktu menciptakan dunia ini? (Kejadian 1)

      Penjelasan materi

      Tuhan Yesus telah mengajarkan kepada kita bahwa kepada kita telah diberikan kunci Kerajaan Sorga, dan alam maut tidak akan menguasainya (Matius 16:18-19).

      Salah satu kunci yang Tuhan Yesus berikan kepada gereja-Nya adalah kuasa penciptaan dan kuasa mengubah yang bisa digunakan dengan cara kita memperkatakan Firman. Firman Allah adalah perkataan Allah sendiri yang punya kuasa yang dahsyat. Ketika kita mengucapkan Firman Allah artinya kita sedang sepakat dengan perkataan Tuhan. Cara itulah yang melepaskan kuasa penciptaan, Firman-Nya yang menjadikan apa yang tidak ada menjadi ada (Roma 4:17).

      Bagaimana caranya?

      Pada saat kita berdoa (dengan bahasa sehari-hari atau sedang berbahasa roh) seringkali Roh Kudus mengingatkan kita akan ayat-ayat Firman Tuhan yang tepat untuk digunakan pada saat itu. Bukalah ayat-ayat itu dalam Alkitab dan mulailah perkatakan Firman Tuhan dengan suara yang jelas dan tegas, dan gunakan bahasamu sendiri. Di sinilah pentingnya kita banyak membaca dan menghafal ayat-ayat Alkitab sehingga persediaan Firman Tuhan dalam hidup kita sedemikian melimpah.

      Misalnya doa minta perlindungan:

      Buka (Mazmur 91) dan perkatakan: “Aku duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa, aku berkata kepada-Mu ya Tuhan bahwa sesungguhnya tempat perlindunganku dan kubu pertahananku adalah Allah yang aku percayai. Sesungguhnya Engkau yang melepaskan aku dari jerat-jerat iblis , orang-orang yang ingin mencelakai diriku dan dari segala penyakit yang mematikan, di dalam nama Tuhan Yesus.” dan seterusnya.

      Proyek ketaatan

      Coba praktekkan berdoa dengan (Mazmur 91) (atau juga dengan ayat-ayat lain) dan secara bergilir berdoa memperkatakan ayat-ayat tersebut dengan bahasa imanmu sendiri.