Berdoa menggunakan bahasa roh

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Berdoa menggunakan bahasa roh
Logo Junior Community.png
Materi COOL Remaja
PeriodeOktober 2010
MingguI (2010-39)
Selanjutnya
    Unduh PDF
    Dan semua orang percaya dari golongan bersunat yang menyertai Petrus, tercengang-cengang, karena melihat, bahwa karunia Roh Kudus dicurahkan ke atas bangsa-bangsa lain juga, sebab mereka mendengar orang-orang itu berkata-kata dalam bahasa roh dan memuliakan Allah." (Kisah 10:45-46)

    Bahan diskusi

    Sudahkah kamu berdoa dengan berbahasa roh secara aktif?

    Penjelasan materi

    Bahasa roh adalah tanda yang dapat dilihat secara jelas bahwa karunia Roh Kudus telah dicurahkan kepada seseorang.

    Mengapa bahasa roh menjadi sedemikian penting untuk pertumbuhan kekristenan kita atau lebih tepatnya mengapa kita perlu berdoa didalam bahasa roh?

    Ada beberapa alasan untuk berdoa dalam bahasa roh:

    • Berdoa dalam bahasa roh membangun diri kita secara rohani; berbahasa roh akan menguatkan roh kita.
    • Paulus dalam suratnya 1 Korintus 14:4, "Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri."
    • Berkata-kata di dalam roh mengingatkan kita akan kehadiran Roh Kudus di dalam diri kita dan membantu mengembangkan kepekaan kita kepada Roh Kudus.
    • Tuhan Yesus mengatakan bahwa dunia tidak dapat menerima Dia sebab dunia tidak melihat dan mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu (Yohanes 14:17).
    • Berdoa dalam bahasa roh menolong kita berdoa dengan benar.
    • Jika kita berdoa dengan akal budi dan sudah kehabisan kata-kata serta tidak tahu apa yang harus kita doakan, berdoalah dalam bahasa roh, karena Roh yang akan membantu kita berdoa dengan benar sesuai dengan kehendak Allah (Roma 8:26-27).
    • Berdoa dalam bahasa roh menggairahkan iman kita dan memberikan penyegaran bagi rohani kita.
    • Ketika Roh Kudus mengalir melalui kita seperti aliran-aliran air hidup, kita dibersihkan, disegarkan, dan dipulihkan (Yohanes 7:38-39).
    • Berkata-kata dalam bahasa roh memberi kita kuasa untuk menjadi saksi.
    • Kuasa adikodrati akan menyertai kita sebagai saksi bahwa Tuhan Allah melalui Yesus Kristus telah membukakan jalan keselamatan bagi setiap orang yang percaya kepadaNya (Kisah 2).

    Proyek ketaatan

    Coba secara bersama-sama dengan semua anggota COOL, bersama-sama berdoa dengan berbahasa roh selama minimal 15 menit. Tidak perlu berteriak, tapi dengan segenap hati. Setelah itu lanjutkan setiap hari di rumah masing-masing ketika saat teduh, atau sambil beraktivitas. Tingkatkan terus jadi 20 menit dan seterusnya. Lalu ceritakan apa yang kamu alami.