Generasi Penerobos (1)

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Generasi Penerobos (1)
Logo KPA.png
Materi COOL Dewasa Muda
PeriodeNovember 2010
MingguI (2010-44)
Sebelumnya
    Selanjutnya
      Unduh PDF
      Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka. Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi. Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. (Yosua 1:6-9)

      Pendahuluan

      Hari-hari ini gereja Tuhan sedang memasuki 9 Weeks of Breakthroughs di mana Tuhan inginkan kita juga termasuk anak-anak muda lebih berperan aktif dalam kegerakan yang sedang Tuhan kerjakan, sebab Tuhan akan segera menjemput gereja-Nya.

      Penjelasan materi

      Ada 7 pesan Tuhan di bagikan di hari pertama kita mengadakan 9 Weeks of Breakthroughs, yaitu:

      1. Kuatkan dan teguhkan hatimu
        Mungkin kita hari-hari ini sering merasakan hati yang bimbang. Sebab semua dimulai dari hati kita (Amsal 4:23) dan dari hati kita terpancar baik kehidupan pribadi, pendidikan, maupun keluarga kita. Apa saja yang Saudara lakukan, mulailah dengan hati yang benar di hadapan Tuhan. Untuk itu kita perlu melakukan satu pemberesan satu sama lain (Matius 5:23-24) supaya doa kita tidak mentok di hadapan Tuhan dan supaya Bapa juga mengampuni dosa-dosa kita.
      2. Bertindaklah hati-hati
        Tuhan ingatkan kepada kita seperti Dia ingatkan kepada Yosua. Sebelum kita lakukan keputusan apapun, coba timbang-timbang apakah yang kita putuskan ini sesuai Firman Tuhan atau tidak? Manual book kita adalah Firman Tuhan. Coba lihat, apakah nanti keputusan yang kita ambil sesuai? Keputusan di keluarga, di sekolah, di kampus, di rumah, mengenai masa depan dan lain-lain.
        Memang kita seringkali salah, dan tidak ada seorang pun yang luput dari kesalahan dalam mengambil langkah-langkah, tapi kita terus belajar, makin lama makin baik, semakin mengukur segala sesuatunya sesuai Firman Tuhan. Saat kita mengukur dengan Firman Tuhan, kita akan selamat sampai ke tujuan. Waktu kita mengambil keputusan secara gegabah dan dengan sembrono, akhirnya hidup kita jadi rusak dan rumah tangga kita juga jadi rusak.
      3. Jangan menyimpang ke kanan dan ke kiri
        Artinya bahwa kita, sebagai anak-anak muda harus berjalan sesuai rencana Tuhan dalam hidup kita. Firman Tuhan berkata, “Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut.” (Amsal 14:12) Untuk itu, mari kita bertindak hati-hati, jangan menyimpang ke kanan ke kiri tapi mengikuti Firman Tuhan.

      Penutup

      Kalau hari ini kita belajar dari ketiga hal yang di atas, manakah yang masih ada dalam hidup kita sekarang? Marilah kita bersama-sama introspeksi diri dan mulai melakukan apa yang Tuhan mau kita kerjakan sebagai anak-anak-Nya. Tuhan Yesus memberkati.