Kemenangan atas dunia melalui iman

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
AyoSaatTeduh fitted.png

Kemenangan atas dunia melalui iman

Saat Teduh
Tanggal Minggu, 20 Oktober 2019
Sebelumnya Sabtu, 19 Oktober 2019
Selanjutnya Senin, 21 Oktober 2019

Sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita. Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah? (1 Yohanes 5:4-5)

Musuh jiwa kita sangat ingin untuk menghancurkan hidup kita. “Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya” (1 Petrus 5:8). Kita dapat menikmati Perlindungan terhadap iblis melalui iman kita. “Lawanlah dia dengan iman yang teguh” (1 Petrus 5:9). Ketika musuh tidak dapat mengalahkan kita dengan serangan langsung, ia tetap berniat untuk menjatuhkan kita, menggunakan celah dan godaan duniawi yang dikuasai oleh musuh. “Seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat” (1 Yohanes 5:19). Semua orang yang belum percaya ada di bawah pengaruh Iblis. Namun demikian, kita disediakan kemenangan setiap hari atas dunia ini melalui iman kita.

Satu-satunya kelompok orang yang dapat berjalan dalam kemenangan atas dunia adalah mereka yang sudah dilahirkan kembali, yaitu orang-orang yang percaya kepada Yesus Kristus. “Sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia.” Kita sangat membutuhkan kasih karunia kemenangan dari Tuhan, karena banyak jalan yang digunakan oleh Iblis untuk menyerang orang percaya. “Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia” (1 Yohanes 2:16). Musuh rohani kita ingin menarik kita masuk ke dalam keduniawian yang diinginkan oleh daging kita, mata kita maupun kesombongan kita. Jalan menuju kemenangan hanya bisa dilalui dengan iman. “Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.” Pada awalnya kita masuk ke dalam kemenangan Kristus melalui iman kita kepada Dia. “Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah.” Kita akan terus mengalami perlipatan kemenangan rohani melalui pengandalan kita kepada Allah dari hari ke hari.

Yesus mengajarkan kebenaran ini ketika Ia melayani di bumi. “Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia” (Yohanes 16:33). Adalah sebuah kepastian bahwa dunia ini akan menyebabkan kita mengalami banyak tantangan dan kesulitan. Satu-satunya pengharapan kita adalah Yesus Kristus. Dunia ini menentang Yesus dengan berbagai macam cara. Tetapi tidak sekalipun Yesus Kristus menyerah kepada keadaan. Ia adalah pribadi yang bisa kita andalkan untuk hidup dalam kemenangan. “Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia” (1 Yohanes 4:4).

Doa

Tuhan Yesus, dunia ini sudah banyak menyebabkan kesulitan dan godaan. Namun, Engkau adalah sang pemenang, jadi aku memandang Engkau agar aku juga dapat menjadi pemenang tiap-tiap hari. Betapa aku bersyukur karena di dalam aku ada Roh Kudus yang jauh lebih besar dari pada musuh-musuhku. Amin.