Janji akan Perjanjian Baru

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
AyoSaatTeduh fitted.png

Janji akan Perjanjian Baru

Saat Teduh
Tanggal Minggu, 20 Januari 2019
Sebelumnya Sabtu, 19 Januari 2019
Selanjutnya Senin, 21 Januari 2019

“Sesungguhnya, akan datang waktunya, demikianlah firman TUHAN, Aku akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan kaum Yehuda… Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku… Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka." (Yeremia 31:31,33-34)

Dahulu Tuhan sudah menjanjikan sebuah perjanjian baru bagi umat-Nya yaitu bangsa Israel. “Aku akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan kaum Yehuda.” Suatu saat, bangsa Israel akan datang kepada Yesus secara bersama-sama untuk menerima keselamatan lewat perjanjian kasih karunia. “Dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan, seperti ada tertulis: ‘Dari Sion akan datang Penebus, Ia akan menyingkirkan segala kefasikan dari pada Yakub. Dan inilah perjanjian-Ku dengan mereka, apabila Aku menghapuskan dosa mereka’” (Roma 11:26-27). Hal ini akan terjadi pada saat Yesus datang kembali ke bumi. “Aku akan mencurahkan roh pengasihan dan roh permohonan atas keluarga Daud dan atas penduduk Yerusalem, dan mereka akan memandang kepada dia yang telah mereka tikam, dan akan meratapi dia seperti orang meratapi anak tunggal, dan akan menangisi dia dengan pedih seperti orang menangisi anak sulung” (Zakharia 12:10).

Sementara itu, gereja, yaitu semua orang yang percaya kepada Kristus, sudah memiliki perjanjian yang baru. “Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darah-Ku” (Lukas 22:20).

Perhatikan bahwa ada tiga berkat yang dihasilkan oleh perjanjian yang baru ini kepada orang percaya. Pertama, ada pengampunan dosa. “Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka.” Kedua, persekutuan yang intim denga Allah. “Mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku.” Ketiga, Allah bekerja di dalam hati orang percaya untuk mengubah hidup mereka. “Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka.”

Doa

Ya Tuhan Allah yang Maha Kuasa. Begitu luar biasa melimpah berkat yang tersedia lewat perjanjian kasih karunia-Mu. Pengampunan dosa, persekutuan dengan Engkau dan hati yang Engkau ubahkan, semuanya Engkau sediakan bagiku lewat iman kepada Anak-Mu. Aku bersyukur untuk pekerjaan-Mu dalam hatiku untuk menjadikan hidupku berkenan di hadapan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus Juru Selamatku.