Pembenaran melalui Kristus

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
AyoSaatTeduh fitted.png

Pembenaran melalui Kristus

Saat Teduh
Tanggal Kamis, 17 Januari 2019
Sebelumnya Rabu, 16 Januari 2019
Selanjutnya Jumat, 18 Januari 2019

Tetapi sekarang, tanpa hukum Taurat kebenaran Allah telah dinyatakan, seperti yang disaksikan dalam Kitab Taurat dan Kitab-kitab para nabi, yaitu kebenaran Allah karena iman dalam Yesus Kristus bagi semua orang yang percaya. Sebab tidak ada perbedaan. Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus. (Roma 3:21-24)

Cara Yesus menggenapi hukum Taurat bagi kita adalah dengan membenarkan kita dengan cuma-cuma. Yesus menawarkan “kebenaran Allah” kepada kita “lewat iman dalam Yesus Kristus”.

Lewat pengorbanan Yesus, “tanpa hukum Taurat kebenaran Allah telah dinyatakan.” Kebenaran Allah di sini maksudnya adalah kebenaran yang sama “seperti yang disaksikan dalam Kitab Taurat.” Namun dalam hukum Taurat, kebenaran Allah adalah sebuah standar ukuran yang tidak bisa dilakukan oleh manusia. Dengan kasih karunia, kebenaran Allah ini ditawarkan dengan cuma-cuma.

Anugerah kebenaran ini tersedia bagi semua orang yang percaya, yaitu mereka yang telah menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat mereka. Anugerah ini diberikan secara cuma-cuma. Tetapi, harus dibayar dengan harga yang sangat mahal oleh Sang Pemberi Anugerah, yaitu darah Anak-Nya yang tunggal. Kematian Yesus membayar tuntutan hukuman mati yang seharusnya diterima oleh manusia karena dosa-dosa mereka.

Semua manusia di bumi ini memerlukan penebusan ini untuk menghapus hutang dosa mereka yaitu kematian kekal. “Sebab tidak ada perbedaan. Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah.” Sekarang, kebenaran Allah diperhitungkan kepada setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus. Oleh karena itu, Tuhan menyatakan orang yang percaya itu benar di hadapan-Nya karena Ia menganugerahkan kepada mereka “kebenaran Allah.”

Doa

Ya Tuhan. Aku sangat bersyukur untuk pembenaran yang Engkau anugerahkan lewat Injil kasih karunia. Aku belajar untuk hidup dalam kebenaran-Mu setiap hari, bertumbuh dalam pengudusan, dengan imanku kepada Yesus Kristus. Terima kasih Yesus untuk keselamatan yang Engkau sediakan bagi kami. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus Juru Selamatku.