7 pesan Tuhan kepada Yosua (9 Weeks of Breakthroughs) (Khotbah Pdt Sutadi Rusli)

Dari GBI Danau Bogor Raya

Langsung ke: navigasi, cari
7 pesan Tuhan kepada Yosua (9 Weeks of Breakthroughs)
Sutadi Rusli-20101107-3x4.jpg

Pdt Sutadi Rusli

Ringkasan Khotbah
Pdt Sutadi Rusli
Kebaktian9 Weeks of Breakthroughs
TanggalSabtu, 9 Oktober 2010
GerejaGBI Jemaat Induk Danau Bogor Raya
TempatGedung Lautan
KotaBogor
7 pesan Tuhan kepada Yosua
Buletin 9 Weeks of Breakthroughs.jpg
9 Weeks of Breakthroughs
PeriodeMinggu I
Tanggal09 Oktober 2010
OlehPdt Sutadi Rusli
SebelumnyaTetap rajin (Pdm Hendrawan Rusli)
SelanjutnyaGenerasi Penerobos
Buletin #03
Terima kasih Tuhan, kami bersyukur untuk pesan-pesan-Mu, berbicaralah terus kepada kami sepanjang hari-hari ke depan karena kami butuh tuntunan-Mu untuk meninggalkan tahun 2010 dan memasuki tahun 2011. Kami tahu tahun-tahun ke depan bukan lebih mudah, tapi kami tahu bersama Tuhan Yesus kami pasti berhasil. Amin.

Saya sungguh bersyukur hari ini kita boleh masuk dalam hari pertama dari 9 Weeks of Breakthroughs pada hari ini tepat pada tanggal 09 Oktober 2010.

Saudara, Tuhan menuntun untuk saya untuk sharing bersama-sama hamba-hamba Tuhan, apa yang harus kita lakukan, dan event ini yang dimulai pada hari ini didasarkan pada 3 hal:

  1. Memasuki tahun 2010, Tuhan memberikan satu tema untuk gereja kita, GBI Jemaat Induk Danau Bogor Raya, yaitu Tahun Pemulihan, Kelimpahan, dan Terobosan. Tentu terobosan-terobosan ini harus dimulai dari terobosan spiritual.
  2. Seorang hamba Tuhan, Bapak Peter Wagner, menyampaikan bahwa kalau gereja Tuhan melakukan sesuatu yang Tuhan suruh dengan serius pada tahun 2010, maka apa yang dilakukan dengan serius ini akan membawa dampak bagi pribadi dan gereja, sampai 10 tahun ke depan. Bukan hanya sampai dengan tahun 2011 atau 2012, tapi sampai tahun 2020, bahkan sampai Tuhan datang menjemput.
    Mari ambil bagian, sungguh-sungguh lakukan, dan Saudara akan melihat bukan hanya diberkati hari-hari ini, tapi juga sampai Tuhan datang menjemput kita. Persiapkan diri Saudara dengan baik karena Tuhan segera datang.
  3. Kalender Yahudi berpindah dari tahun Ayin (5770) menjadi tahun Ayin Aleph (5771), berbicara mengenai prioritas, unity, dan kerendahan hati.

Pada pagi ini kita bersama-sama memprioritaskan Tuhan, dalam unity, dalam kerendahan hati, kita bersama-sama mencari wajah Tuhan.

Saya sungguh terkesan ada kira-kira 700 jiwa hari ini bersama-sama dengan kita. Dan memang kita sudah mempersiapkan apa yang harus kita lakukan dalam mengantisipasi membeludaknya jemaat yang akan datang dalam acara ini. Hari-hari ini kita harus haus dan lapar akan hadirat Tuhan.

Saudara, saya juga diingatkan dari Markus 1:35-39,

Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana. Tetapi Simon dan kawan-kawannya menyusul Dia; waktu menemukan Dia mereka berkata: "Semua orang mencari Engkau." Jawab-Nya: "Marilah kita pergi ke tempat lain, ke kota-kota yang berdekatan, supaya di sana juga Aku memberitakan Injil, karena untuk itu Aku telah datang." Lalu pergilah Ia ke seluruh Galilea dan memberitakan Injil dalam rumah-rumah ibadat mereka dan mengusir setan-setan.

Pagi-pagi benar berbicara mengenai:

  1. Prioritas. Setiap kali kita memprioritaskan Tuhan sebelum melakukan kegiatan kita, maka Tuhan juga akan memprioritaskan kehidupan Saudara.
  2. Berani bayar harga. Saya bersyukur ada 700 orang lebih di tempat ini yang berani bayar harga. Ada yang datang dari Cipanas, Jonggol, juga Jakarta. Hari ini Saudara berani bayar harga, dan waktu Saudara berani bayar harga, Tuhan kita tidak pernah berhutang, Dia akan membalasnya berlimpah-limpah.
  3. Masih ada kesempatan. Sepanjang kita masih ada kesempatan, pergunakan baik. Kita tidak tahu kapan Tuhan Yesus akan datang kembali untuk menjemput kita semuanya. Yesus segera datang! Sepanjang masih ada kesempatan, gunakan dengan baik kesempatan yang Tuhan sudah berikan kepada kita.

7 pesan Tuhan kepada Yosua: 7 Pesan Awal untuk 9 Weeks of Breakthroughs

Yosua 1:6-9,

Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka. Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi. Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi."

Kuatkan dan teguhkan hatimu

Ingat baik Amsal 4:23, “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.” Mari dimulai dari hati, mungkin ada yang datang dengan hati yang sudah tidak tahu lagi apa yang harus dilakukan, mari persiapkan hati kita, kuatkan dan teguhkan.

Beberapa waktu lalu kami para pemimpin mengadakan pemberesan satu sama lain, juga berlanjut kepada pelayan-pelayan jemaat yang ada.

Hari-hari ini sebelum kita mengalami terobosan, bereskan hati Saudara dengan Tuhan, dan bereskan satu sama lain.

Ingat Markus 11:25, “Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu.

Yang penting bereskan hati dulu, baru berdoa. Percuma berdoa tapi hati kita jengkel, kecewa sama Tuhan dan sesama, doa Saudara tidak akan pernah didengar Tuhan. Mari bereskan hati kita dulu. Kalau hati Saudara plong, maka doa Saudara menembus langsung ke atas, maka Tuhan diberkati dengan doa pujian Saudara, dan Tuhan akan memberkati Saudara.

Bertindaklah hati-hati

Sebelum melangkah, coba renungkan pikir baik, doakan dengan baik, dan melangkah sesuai dengan Firman Tuhan. Ingat Yakobus 4:13-15, Jadi sekarang, hai kamu yang berkata: "Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung", sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap. Sebenarnya kamu harus berkata: "Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu."

Sebelum melakukan apa pun juga, minta dalam doa dalam nama Yesus Kristus, minta tuntunan kepada Dia, jangan bertindak sembarangan. Hati-hati, pikir, dan renungkan dengan baik, setiap keputusan Saudara harus sesuai dengan Firman Tuhan. Saya juga banyak belajar ketika saya salah mengambil keputusan-keputusan, tapi hari-hari ke depan kita belajar sesuai dengan Firman Tuhan, dan Saudara pasti berhasil dan beruntung.

Jangan menyimpang ke kanan atau ke kiri

Amsal 16:25, Ada jalan yang disangka lurus, tetapi ujungnya menuju maut.

Untuk itu jangan menyimpang ke kanan ke kiri. Saudara jangan lihat lagi kekuatan-kekuatan selain nama Yesus. Jangan percaya agama-agama lain, tapi hanya satu nama, Yesus Kristus. Dalam tantangan, tekanan, dan masalah yang ada, haram hukumnya bagi orang percaya untuk mundur dari Yesus. Jadilah seperti Kristen bola kasti, kalau dilempar, akan kembali lagi. Suka dan duka, tetap bersama Yesus Kristus.

Perkatakanlah Firman Tuhan

Dalam mulut orang percaya ada kuasa. Hati-hati dengan perkataan kita.

Tadi Pak David sudah ingatkan bagaimana orang Israel tidak masuk ke dalam tanah Kanaan karena mereka bersungut-sungut. Jangan bersungut-sungut! Tuhan katakan bahwa apa saja yang kita minta dan doakan itu akan diberikan kepada kita (Markus 11:24). Waktu Saudara perkatakan janji-janji Tuhan, maka janji-janji itu akan Saudara dapatkan!

Renungkanlah Firman Tuhan siang dan malam

Filipi 4:8, Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

Dalam bahasa aslinya, logisomai, artinya masukkan terus menerus Firman Tuhan, masukkan siang dan malam terus menerus karena peperangan kita adalah dalam pikiran kita. Isi pikiran kita dengan Firman Tuhan dan bukan hal-hal lain. Firman Tuhan itu akan menjadi kenyataan, dan apa yang Saudara perkatakan dan imani, itu yang akan diberikan Tuhan Yesus Kristus.

Waktu dengar Firman Tuhan, tangkap apa yang Tuhan bicara pada Saudara, masukkan terus, perkatakan terus, satu kali kelak Firman Tuhan itu akan jadi.

Jangan kecut dan tawar hati

Saudara, Tuhan katakan bagi kita jangan kecut dan tawar hati. Firman Tuhan katakan bahwa waktu kita tawar hati, hilanglah kekuatan kita. Mungkin pagi ini ada yang datang rasanya buntu, tidak ada yang keberhasilan, dan mulai mengalami tawar hati. Tapi pada pagi ini, kalau mau mengalami terobosan, jangan ada yang mengalami tawar hati, putus pengharapan, putus asa, apa pun juga bentuknya, jangan ada yang tawar hati! Dia yang lemah kekuatannya, tidak akan mendapatkan apa-apa.

Aku , Tuhan menyertai sampai selama-lamanya

Matius 28:20b, Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Saudara yang dikasihi Tuhan, mungkin Saudara pikir Tuhan tidak menyertai. Tapi Dia sudah berjanji akan menyertai kita sampai kepada akhir zaman. Kita di hadapan Tuhan adalah orang-orang yang berharga, bahkan sangat berharga.

Matius 10:29, Bukankah burung pipit dijual dua ekor seduit? Namun seekorpun dari padanya tidak akan jatuh ke bumi di luar kehendak Bapamu.

Lukas 12:6, Bukankah burung pipit dijual lima ekor dua duit? Sungguhpun demikian tidak seekorpun dari padanya yang dilupakan Allah,

Harga burung pipit ini tidak ada harganya, tapi burung pipit yang tidak ada harganya sekalipun Tuhan perhatikan, apalagi Saudara yang sudah dipilih, diciptakan, dan dimiliki Tuhan, bahkan Saudara adalah biji mata Tuhan sendiri, Tuhan tidak pernah meninggalkan Saudara!

Buang jauh-jauh kalau Saudara pikir Tuhan tidak ada dan Saudara mulai mundur. Dia menyertai kita sampai selama-lamanya.

Penutup

Kami bersyukur kami mengawali 9 Weeks of Breakthroughs, kami sangat percaya hari-hari ke depan akan terjadi terobosan yang luar biasa bagi setiap umat-umat-Mu. Kami mengalami sesuatu yang tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia.

Terima kasih Bapa untuk urapan-Mu yang berlimpah-limpah bagi kami. Pagari kami, tutup bungkus dengan kuasa darah-Mu yang kudus. Dan apa saja yang kami lakukan dalam nama Tuhan Yesus Kristus, kami menjadi berhasil dan beruntung.

Kami memberkati pemerintahan Indonesia, Shalom untuk Indonesia, Shalom untuk kota Bogor.

Kami memberkati pemimpin-pemimpin rohani kami, di mana pun mereka berada dan melayani, Tuhan memberkati mereka berlimpah-limpah. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin.

9 Weeks of Breakthroughs
Artikel topik Pesan Tuhan Pokok doa
Perihal

• Fakta singkat • Intro • Bersiap untuk terobosan

• Daftar pokok doa

Minggu I

• 7 pesan awal • Pesan profetik

• Jangan mengulangi kesalahan yang sama dengan bangsa Israel! • Pesan profetik 5771 • Tetap rajin • 7 pesan Tuhan kepada Yosua

• Pokok doa I

Minggu II

• Generasi Penerobos • Panggilan puasa

• Meninggalkan zona nyaman • Penghalang masuk ke zona yang baru

• Pokok doa II

Minggu III

• Terobosan iman Rahab • Iman yang menyelamatkan • Kasih karunia Allah dan iman orang percaya

• Ketekunan dan konsistensi dalam iman • Iman, keberanian, dan hikmat • Iman yang menyelamatkan

• Pokok doa III

Minggu IV

• Kuduskanlah dirimu! • Sakramen Baptisan Air

• Persiapkan jalan untuk Tuhan • Beribadah menurut cara yang berkenan • Kuduskanlah dirimu! • Dipulihkan dengan hati dan roh yang baru

• Pokok doa IV

Minggu V

• Perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku • Sakramen Perjamuan Kudus

• Peperangan dan penuaian • Musim yang baru • Warisan iman orang percaya

Minggu VI

• Persiapan rohani (sebelum memasuki peperangan) • Prinsip dalam mengikuti tuntunan Tuhan • Panglima Balatentara TUHAN

• Pesan profetik: Lebih dari pemenang • Langkah mengalami terobosan • Kuasa Salib • Persiapan rohani meruntuhkan tembok Yerikho

Minggu VII

• Lebih dari pemenang! • Senjata dalam peperangan rohani

• Lakukan bagian kita! • Runtuhnya tembok Yerikho

Minggu VIII

• Jangan sampai menyimpang! • Prajurit pendoa syafaat

• Karakter yang taat, teguh, dan jujur • Jangan berubah setia!

• Pokok doa VIII

Minggu IX

• Sudah digenapi! • Ringkasan 8 minggu terobosan

• Tanggung jawab dan kepercayaan dari Tuhan • 7 pesan terakhir Yosua

• Pokok doa IX