Perkenanan Tuhan

Dari GBI Danau Bogor Raya

Langsung ke: navigasi, cari
Perkenanan Tuhan
Logo Cool.png
Materi COOL Umum
PeriodeJanuari 2012
MingguII (2012-02)
Sebelumnya
Selanjutnya
Unduh PDF
  • Versi besar (A4)
"Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia." (1 Korintus 2:9)

Pendahuluan

Pesan Tuhan telah disampaikan bahwa tahun 2012 adalah Tahun Perkenanan Tuhan (the Lord's favor), sebuah musim ganda dengan Multiplikasi dan Promosi dari perkenanan Tuhan sendiri. Di tahun 2012 yang luar biasa, imani bahwa setiap kita akan banyak mengalami sungguh-sungguh, apa yang tidak pernah dilihat mata, tidak pernah didengar telinga, dan yang tidak pernah timbul dalam hati manusia! Amin!

Isi dan sharing

Bagaimana agar berkenan kepada Allah?

  1. Memiliki iman, keyakinan untuk percaya (Ibrani 11:6)
  2. Tanpa iman tidak mungkin kita berkenan kepada Allah. Dalam Matius 8:1-3, orang yang menderita kusta itu tidak mengatakan "jika Tuan bisa", tapi "jika Tuan mau". Dia tidak meragukan sedikit pun kesanggupan Tuhan Yesus. Apakah kita masih mengandalkan manusia (baik diri sendiri ataupun orang lain)?

  3. Melakukan segala kehendak Tuhan (Kisah 13:22)
  4. Tuhan secara spesifik, khusus, menyatakan bahwa Daud berkenan kepada-Nya karena Daud melakukan segala kehendak Allah pada zamannya. Untuk tahu kehendak Tuhan, tidak yang lain, kita harus mendengarkan suara Tuhan dan membaca Firman Tuhan setiap hari. Dalam Alkitab, kita bisa membaca Yudas yang tidak melakukan kehendak Tuhan, atau Yunus melakukan hanya sebagian kehendak Tuhan, tapi kita juga bisa meneladani Daud dan Yusuf yang melakukan segala kehendak Tuhan. Lakukan segala kehendak Tuhan agar kita menyenangkan hati Tuhan dan menghasilkan buah Roh (Galatia 5:22-23).

  5. Punya integritas (Mazmur 15:1-5)
  6. Integritas memiliki makna bulat, utuh, tidak bercacat. Orang yang memiliki integritas di hadapan Tuhan bukan hanya tampil baik-baik di lingkungan Gereja, tapi juga di marketplace: di lingkungan sehari-hari, di rumah tangga, juga di sekolah/kuliah/usaha/pekerjaan. Orang yang berintegritas memiliki keselarasan antara hati, pikiran, perkataan, dan tindakannya.

Apa yang terjadi ketika kita hidup dalam Perkenanan Tuhan?

  1. Hidup dalam anugerah.
  2. Daud berkata, "Berbahagialah orang yang diampuni pelanggaran-pelanggarannya, dan yang ditutupi dosa-dosanya; berbahagialah manusia yang kesalahannya tidak diperhitungkan Tuhan kepadanya." (Roma 4:6-8) Maukah Saudara mengalami seperti yang dialami Daud ini?

    Apa yang tidak bisa kita kerjakan, akan Tuhan kerjakan dalam hidup kita, tangan Tuhan sendiri bekerja dalam kehidupan kita (1 Korintus 2:9).

  3. Terobosan-terobosan terjadi, Tuhan berperang ganti kita (2 Samuel 5:20).
  4. Curahan berkat, mujizat, hikmat, pengetahuan, dan kesukaan (Pengkhotbah 2:26).

Kesimpulan dan saling mendoakan

Perkenanan Tuhan adalah anugerah dari Tuhan sendiri. Dari pihak kita, mari kita melangkah dengan iman percaya, melakukan kehendak Tuhan, dan memiliki integritas.

Gembala Sidang, Gembala Cabang/Ranting, Kepala Departemen, Diaken/Diakones, Gembala COOL, beserta seluruh Pelayan Jemaat, mengucapkan Selamat Tahun Baru 2012, Selamat mengalami Multiplikasi dan Promosi, dan Selamat memasuki hari-hari dalam Perkenanan Tuhan!

Mujizat masih ada!