Hidup berkelimpahan

Dari GBI Danau Bogor Raya

Langsung ke: navigasi, cari
Hidup berkelimpahan
Logo Cool.png
Materi COOL Umum
PeriodeJuli 2011
MingguIV (2011-29)
Sebelumnya
Selanjutnya
Unduh PDF
  • Versi besar (A4)
Aku tahu apa itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan. (Filipi 4:12)

Pendahuluan

Tahun-tahun yang lalu kita sudah belajar tentang bagaimana mengalami hidup berkelimpahan. Kita semua percaya bahwa Tuhan Yesus datang agar kita yang memiliki hidup dapat mempunyainya dalam segala kelimpahan (Yohanes 10:10). Saat ini, mata Tuhan tertuju pada kita, dan mata kita tertuju kepada Tuhan. Oleh karena itu, kita perlu melekat pada Tuhan untuk mendapatkan pengertian yang benar tentang kelimpahan. Sebab jika kita tidak mengerti, kita akan salah menanggapi arti kelimpahan itu.

Sharingkan: Apa arti kelimpahan bagi Anda? Setiap anggota COOL bebas mengemukakan pandangannya di bawah panduan Fasilitator/COOLER.

Isi dan sharing

Kelimpahan bukan hanya berarti kelimpahan berkat secara materi saja. Kelimpahan bicara juga tentang :

  1. Kelimpahan kasih (1 Tesalonika 3:12)
    Kasih adalah suatu karakter Kristus. Kasih adalah sesuatu yang nyata. Berarti bisa dirasa dan bisa dilihat. Dari perbuatan dan tindakan kita, orang dapat “melihat” kasih dalam kita. Seringkali kita merasa kekurangan kasih saat disakiti, dikecewakan, dikhianati dan sebagainya. Itulah sebabnya kita perlu mengejar kasih, karena sekalipun banyak karunia tapi tanpa kasih, kita seperti gong dan canang saja (1 Korintus 13:1).
  2. Kelimpahan kemampuan/talenta (Matius 25:29)
    Ini bicara mengenai mau menggunakan kemampuan-kemampuan yang Tuhan berikan. Menggunakan talenta secara bijaksana dan produktif adalah suatu hal yang penting dan vital dalam pemuridan. Tuhan baik, karena Ia berjanji bahwa setiap orang yang bertanggung jawab dalam menjalankan tugas dari Tuhan, maka Ia akan membalasnya dengan memberikan kesempatan-kesempatan lebih lagi dalam melayani Dia dengan setia dan berbuah-buah.
Sharingkan: Dalam 2 poin di atas, kelimpahan yang mana yang belum Anda alami? Maukah Anda mulai mengejarnya?

Kesimpulan dan saling mendoakan

Mengapa Paulus berkata ia hidup dalam kelimpahan meski ia tidak kaya secara materi?

Paulus tahu rahasia ini, yaitu hidup berkelimpahan adalah tentang sanggup menanggung segala perkara di dalam Tuhan (Filipi 4:13). Jadikan Allah Bapa dalam Tuhan Yesus sebagai sumber damai sejahtera kita, maka kelimpahan menjadi miliki kita seutuhnya.

Amin.