Materi COOL Umum/2009-46

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
"...datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga." (Matius 6:10)

Pendahuluan

Kita pasti bersyukur melihat pertumbuhan jumlah orang percaya (anak Tuhan) di sekitar kita. Tapi di sisi lain kita juga agak prihatin melihat kualitas anak-anak Tuhan saat ini. George Barna, seorang peneliti Kristen, pernah melakukan penelitian tentang ini. Ia menemukan bahwa setelah diuji karakter lewat 127 faktor penguji, karakter orang-orang Kristen hanyalah sedikit lebih baik. Artinya, orang-orang Kristen hampir sama dengan dunia.

Sharing: coba sharingkan, adakah perubahan karakter yang menyolok selama kita menjadi anak-anak Tuhan? Karakter mana yang sudah, mana yang belum?

Isi dan sharing

Allah ingin kita menjadi pengubah-pengubah dunia, sama seperti Yesus. Saat Yesus hadir di bumi ini, Ia membuat segala sesuatunya berubah. Begitupun murid-murid-Nya dan pengikut-Nya. Tujuan ini belum berubah sampai sekarang, malah menjadi bagian kita pada masa sekarang ini, bahwa kita dipulihkan untuk jadi garam dan terang bagi orang-orang di sekeliling kita.

Bagaimana supaya kita menjadi seorang transformer (pengubah) itu:

  1. Hidup dengan prinsip Kristen/Firman Tuhan (1 Korintus 2:4-5)
    Salah satu sebab kita tidak memiliki banyak pengaruh di dunia adalah karena begitu banyak dari kita anak Tuhan yang hidup dengan logika dan alasan dunia, ketimbang hidup oleh kuasa Roh Kudus dan dipimpin oleh Tuhan. Orang Kristen yang hidup dalam prinsip Kristen/firman Tuhan, akan menjadi orang yang memiliki etika selalu ingin melakukan yang benar, bukan sekedar hal yang baik.
    Tetapi jika kita hanya hidup oleh logika saja, kita tidak akan pernah mengalami kuasa Tuhan. Akhirnya kita pasti gagal menjadi saksi bagi dunia.
    Sharing: logika atau alasan-alasan apa saja yang masih Anda percayai/anut, yang masih menghalangi Anda untuk mengalami perjumpaan dengan Tuhan?
  2. Hidup oleh kuasa Roh Kudus (Galatia 5:18)
    Orang Kristen ini memiliki hati yang tertuju kepada Allah dan selalu mencari Dia dalam setiap aspek kehidupan mereka. Mereka mengerti pentingnya bertumbuh dalam hal hubungan intim dengan Tuhan melalui doa, mempelajari firman Tuhan, dan hidup dalam ketaatan.
    Sharing: dari doa, baca firman, dan ketaatan, hal mana yang masih sering Anda gagal disitu?

Kesimpulan dan saling mendoakan

Hasil yang luar biasa dari hidup oleh Kuasa Roh Kudus adalah Anda dapat mengubah "dunia" bagi Allah. Orang Kristen yang dengan bergairah mencari wajah Allah dan mengalami Allah, akan dapat merubah wajah dunia di manapun mereka berada. Mulailah dari dunia sekelilingmu. Mungkin keluargamu, lingkungan persaudaraanmu, dunia kerjamu, dunia usahamu, atau bahkan kota dan bangsamu. Tuhan Yesus memberkati.