Khotbah:Masa depan yang penuh pengharapan (Breakthrough Prayer 2011)

Dari GBI Danau Bogor Raya

Langsung ke: navigasi, cari
Masa depan yang penuh pengharapan (BP 2011)
Sutadi Rusli-20110213-3x4.jpg

Pdt Sutadi Rusli

Ringkasan Khotbah
Pdt Sutadi Rusli
KebaktianBreakthrough Prayer 2011
TanggalSabtu, 15 Januari 2011
GerejaGBI Danau Bogor Raya
TempatGraha Amal Kasih
KotaBogor
Masa depan yang penuh pengharapan (Breakthrough Prayer 2011)
Breakthrough Prayer (2011)
Breakthrough Prayer
PeriodeJanuari 2011
Tanggal15 Januari 2011
OlehPdt Sutadi Rusli
SebelumnyaBreakthrough Prayer Januari 2011 (Pdt David Sulardi)
SelanjutnyaIt's all about Jesus (Pdp Paul Tuanakotta, SKom)
Buletin Greater #01 (Januari 2011)

Shalom, sungguh kita bersyukur kalau pagi ini kita bisa bersama-sama dalam Breakthrough Prayer. Memang dalam Oktober-Desember 2010 yang lalu kita sudah mengadakan 9 Weeks of Breakthroughs dan Saudara perlu perhatikan, pintu berkat itu sudah dibukakan bagi Saudara dan saya. Jadi kalau kita tidak ikut dalam Breakthrough Prayer sepanjang 2011, berarti Saudara sebenarnya rugi, karena Tuhan sudah bukakan berkat-berkat yang luar biasa untuk kita semua dan kita tinggal menuai.

Memasuki 2011 Tuhan sudah berikan Tuhan ini adalah Tahun Multiplikasi dan Promosi, dan kita juga memiliki tema Greater Miracles, Blessings, and Promotions.

Tahun 2011 ini, Tuhan akan memberikan kepada kita, mujizat yang lebih besar, berkat yang lebih besar, promosi yang lebih besar, orang-orang percaya akan menjadi kepala dan bukan ekor, di mana saja Saudara ditempatkan Tuhan, Saudara akan dipakai luar biasa, ada banyak orang-orang yang datang kepada Saudara untuk minta didoakan, bertanya mengenai Tuhan Yesus Kristus, karena di dalam setiap orang percaya ada kuasa dalam nama Yesus Kristus. Bahkan dari orang yang biasa-biasa saja, tapi Tuhan bisa angkat untuk memuliakan Tuhan Yesus Kristus.

Masa depan yang penuh pengharapan

Yeremia 29:11, Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Ini adalah ayat bagi kita memulai tahun 2011. Saudara yang dikasihi Tuhan, dengarkan baik dan masukkan dalam hati Saudara: rancangan Tuhan dalam hidup Saudara bukan rancangan kecelakaan, tapi rancangan damai sejahtera, keluputan, perlindungan, bahkan masa depan yang penuh harapan. Jangan lagi ada yang berkata "nasib saya sial" karena semua orang percaya memiliki masa depan yang penuh pengharapan. Kalau kita mengerti rancangan Tuhan demikian, Saudara mengerti berkat Tuhan ada dalam hidup setiap orang percaya.

Jangan sekali-kali Saudara datang ke tukang ramal, ke paranormal. Begitu kita datang ke sana, kata-kata yang mengutuk akan ada dalam hidup kita. Tapi rancangan Tuhan bagi orang-orang percaya adalah rancangan damai sejahtera, masa depan yang penuh pengharapan.

Yohanes 10:10, Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Jadi kalau Saudara baca ini, ada dua sisi: satu sisi dari pencuri dan satu sisi dari Tuhan Yesus:

  • Kalau kita ada di sisi pencuri, dia hanya mencuri, membunuh, dan membinasakan. Iblis mulai mencuri fokus dan perhatian Saudara, dari fokus kepada Tuhan dicuri. Kemudian dia mulai membunuh gairah, semangat, datang beribadah, sehingga akhirnya Iblis membinasakan, tidak mendapatkan apa-apa.
Ini menjadi satu peringatan bagi kita, janganlah perhatian kita dicuri Iblis, sehingga kita tidak lagi menggantungkan pada Tuhan tapi kepada kekuatan-kekuatan manusia, kekuatan-kekuatan di luar Tuhan Yesus, akhirnya dibunuh dan binasa.
  • Tapi waktu kita ada di sisi Tuhan Yesus, Dia berkata, bahwa Dia datang untuk memberikan hidup yang berkelimpahan. Yesus datang untuk memberi hidup. Upah dosa adalah maut, mati. Kita semua adalah orang-orang yang berdosa, dan upah dosa adalah maut, mati. Tapi justru Tuhan datang untuk kita dan Dia yang menjadikan kita orang-orang yang seharusnya mati menjadi hidup kembali. Kita bersyukur kita sudah diselamatkan dalam nama Yesus Kristus, menjadi orang-orang yang diberkati, dan hidup kekal bersama Tuhan Yesus Kristus.

Mujizat masih ada

Kita lihat kisah Lazarus. Lazarus yang adalah saudara dari Maria dan Marta, mengalami sakit. Dan waktu itu Yesus diberi tahu, tapi rupanya Tuhan sengaja menahan untuk tidak datang menjenguk Lazarus, dan Lazarus akhirnya mati. Setelah Lazarus mati, barulah Tuhan Yesus datang. Menarik untuk mengupas Yohanes 11. Waktu Yesus datang itu, Lazarus sudah mati selama 4 hari. Ada sesuatu yang Tuhan mau lakukan bagi Lazarus dan orang-orang di sekitar Tuhan Yesus pada waktu itu, dan juga menjadi pelajaran bagi kita. Angka 4 berbicara mengenai beberapa alasan:

  • Rabi-Rabi pada masa itu, mempercayai bahwa roh seseorang yang sudah mati selama 3 hari masih ada di sekitar jenazah yang ada, dan roh itu masih berusaha untuk kembali ke jenazah yang ada. Selama 3 hari itu diberi nama hari ratapan. Setelah selesai hari yang ketiga, masuk ke dalam hari perkabungan selama 4 hari. Total 7 hari.
Karena itulah, Tuhan datang pada hari keempat untuk mematahkan semua kepercayaan para Rabi itu. Kalau Tuhan datang pada hari sebelumnya, mustahil untuk mematahkan kepercayaan tersebut.
  • Secara medis, jenazah yang sudah berumur 4 hari itu sudah mulai berair, dan kondisinya sudah bukan saja bau, tapi sudah rusak. Tapi Tuhan justru ingin memperlihatkan, dari segala sesuatu yang tidak mungkin bagi manusia, justru mungkin dalam nama Yesus Kristus!
Saya tidak tahu apa yang mungkin sudah mati dalam hidup Saudara. Mungkin usaha Saudara sudah mati, hubungan keluarga sudah mati, hubungan suami istri mati, dokter sudah vonis untuk Saudara mati–tidak ada lagi harapan lagi disembuhkan. Tapi percayalah, Tuhan sanggup untuk membuat yang mustahil bagi kita, tidak mustahil bagi Yesus.

Saya tertarik dengan firman Tuhan dalam Yohanes 11:15, Dia melakukan ini supaya murid-murid-Nya belajar untuk percaya: “tetapi syukurlah Aku tidak hadir pada waktu itu, sebab demikian lebih baik bagimu, supaya kamu dapat belajar percaya. Marilah kita pergi sekarang kepadanya.”

Tuhan katakan, "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati.” Garis bawahi kata kuncinya, yaitu barangsiapa percaya! Kalau Tuhan izinkan terjadi masalah-masalah, pergumulan, dalam hidup Saudara, sebenarnya Tuhan sedang mengajar kita untuk belajar percaya. Amin!

Kalau hari ini Saudara mengalami apapun juga, percaya mujizat Tuhan masih ada.

Hidup dalam segala kelimpahan

Tuhan katakan dalam Yohanes 10:10b, Aku datang untuk memberi hidup dalam segala kelimpahan.

Saudara yang dikasihi Tuhan, pada waktu bicara kelimpahan, kita sering timbul dalam pikiran kelimpahan uang. Tapi ada sembilan kelimpahan yang jauh lebih penting:

  1. Kelimpahan sukacita (Kisah 2:28)
  2. Kelimpahan damai sejahtera (Roma 15:13a)
  3. Kelimpahan pengharapan (Roma 15:13b)
  4. Kelimpahan penghiburan (2 Korintus 1:5)
  5. Kelimpahan kekuatan (2 Korintus 4:7)
  6. Kelimpahan kebajikan (2 Korintus 9:8)
  7. Kelimpahan kasih (1 Tesalonika 3:12)
  8. Kelimpahan kemurahan (2 Korintus 9:11)
  9. Kelimpahan kesabaran (2 Korintus 6:4)

Saudara yang dikasihi Tuhan, ini yang Tuhan berikan buat kita, yaitu kelimpahan-kelimpahan yang luar biasa, dan pasti kita juga akan diberikan kelimpahan dalam berkat-berkat jasmani. Masa depan kita sebagai orang percaya adalah masa depan yang penuh pengharapan. Mujizat Tuhan masih ada dulu sekarang sampai selama-lamanya asal Saudara percaya.

Amin.