Tahun Ibrani 5772

Dari GBI Danau Bogor Raya

Langsung ke: navigasi, cari
Tahun Ibrani 5772
Logo profetik.png
Devosi
Periode22-28 Agustus 2011
Sebelumnya
Selanjutnya

Tidak lama lagi kita akan memasuki tahun baru Ibrani 5772, yang dimulai pada pukul 18.00 tanggal 28 September 2011 hingga 16 September 2012. Tahun 5772 disebut juga sebagai tahun Ayin Bet.

  • AYIN (=70)
Ayin melambangkan Mata Tuhan yang tidak terbatas memberi arahan kepada setiap ciptaan-Nya untuk menggenapi tujuan pokok di dalam Penciptaan, hendak membawa semua ciptaan-Nya untuk menyadari tujuan ilahi mereka atau tujuan hidup mereka di dalam dan bagi Kerajaan Tuhan. Secara profetik, sepanjang dekade ini sejak tahun 5770, kita sudah memasuki sebuah musim di mana di dalam keintiman bersama Tuhan kita menerima arahan-Nya sebab Mata Tuhan akan menuntun.
“Aku hendak mengajar dan menunjukkan kepadamu jalan yang harus kau tempuh: Aku hendak memberi nasihat, mata-Ku tertuju kepadamu.” (Mazmur 32:8)
Adalah sangat mendesak bagi semua Pemercaya di dalam Tubuh Kristus disepanjang dekade ini untuk menetapkan mata mereka kepada hal-hal yang di atas di mana Tuhan berada dan berfokus kepada-Nya.
Gaya hidup “Memandang Tuhan” merupakan gaya hidup Yesus sendiri ketika Ia berada di bumi. Oleh sebab itu Ia hanya melakukan apa yang Ia lihat Bapa-Nya melakukan (Yohanes 8:38, 26, 28-29). Dan Ia telah memberikan teladan-Nya kepada kita. Ketika kita memupuk sebuah gaya hidup “Memandang Tuhan,” kita pun akan diubahkan menjadi serupa dengan gambar-Nya dari kemuliaan kepada kemuliaan. Ini memampukan kita untuk memasuki kepenuhan tujuan hidup kita di dalam Kerajaan dan bagi Kerajaan di hari-hari terakhir yang menentukan.
  • MISTERI HURUF BET/VET
Huruf Bet (baca: beit) adalah huruf ke-2 dari Aleph-Bet (Gr. Alphabet), dengan nilai 2. Bet juga dipakai sebagai kata awalan ‘di dalam’, ‘di’ atau ‘dengan’ (in, at, or with).
Penulisan huruf Bet dengan sebuah titik (Heb. dagesh) di dalamnya, berbunyi ‘b’ seperti di dalam kata boy; penulisan huruf Bet tanpa titik di dalamnya mengubah bunyi ‘b’ menjadi bunyi ‘v’ seperti di dalam kata vine, dalam hal ini disebut ‘vet’ (baca:veit).


Daftar isi

Bet di Alkitab

Pelbagai penulisan huruf Bet–Vet–Beit–Beth–Beis–Bait:

Awal penciptaan

Sekalipun huruf Bet ada di dalam urutan ke 2 di dalam Aleph-Bet setelah huruf Aleph (1), namun huruf Bet merupakan huruf pertama melalui kata ‘Bereshit’ (atau B’resheet) yang artinya ‘Pada Mulanya’ (Eng. In the beginning), yang Tuhan pilih dan dipakai pada Alkitab Ibrani (Tanakh) sebagai kitab pertama. Alkitab kita menerjemahkan kitab pertamanya, Kejadian (Eng. Genesis). Dari sinilah baru huruf Bet ditemukan di dalam kata ‘Bereshit’. Ini mengatakan kepada kita bahwa segala sesuatu sebelum penciptaan tersembunyi bagi kita, Aleph merupakan kata diam (silent letter).

Para orang bijak Yahudi tertentu berpikir ini dapat disebabkan oleh karena huruf Bet: (1) memberi konotasi kuasa karena kekuatan roh (ruach) yang diucapkan pada Penciptaan. Bet menyuarakan suara ledakan yang menyatakan kekuatan dan kuasa yang keluar dari misteri huruf Aleph yang berdiri secara tidak bersuara di belakangnya di dalam Penciptaan. (2) Yang Maha Kuasa sedang menyatakan bahwa manusia tidak mengetahui prinsip-prinsip di dalam Penciptaan.

Satu pemikiran lagi dikarenakan huruf Aleph merupakan huruf yang tidak diucapkan, sebab mewakili Bapa di dalam kemuliaan-Nya yang tidak terkatakan dan kehidupan, di mana selamanya mendahului segala sesuatu (lihat Yesaya 44:6, bandingkan dengan Wahyu 22:13).

Huruf Bet menggambarkan sebuah Rumah atau Tempat Tinggal

Menurut literatur Yahudi, motivasi Ilahi di dalam Penciptaan adalah bahwa Tuhan Yang Maha Kudus di Surga merindukan sebuah tempat tinggal di alam kenyataan yang lebih rendah yakni di bumi. Penggenapan kerinduan-Nya ini dimulai dengan penciptaan manusia, manusia rohani di dalam rupa dan gambaran-Nya yang berpakaikan tubuh jasmani. Manusia yang diperintahkan untuk bertambah banyak jumlahnya untuk menguasai seluruh bumi dan menjadikan bumi menjadi wilayah Kerajaan Tuhan. Tuhan menginginkan setiap manusia menjadi bait-Nya (bet/beit) di mana Ia dapat tinggal di dalam mereka.

Dikatakan di dalam:

  • Keluaran 25:8, “Mereka harus membuat tempat kudus bagi-Ku, supaya Aku akan diam di tengah-tengah mereka.”
  • Yesaya 56:7, “Mereka akan Kubawa ke gunung-Ku yang kudus dan akan Kuberi kesukaan di rumah doa-Ku. Aku akan berkenan kepada korban-korban bakaran dan korban-korban sembelihan mereka yang dipersembahkan di atas mezbah-Ku, sebab rumah-Ku akan disebut rumah doa bagi segala bangsa.”
  • Yohanes 14:23, “Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
  • Yohanes 15:7, Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

Bet dan Pewahyuan Yeshua

Yeshua sendiri mengakui bahwa diri-Nya adalah Aleph dan Tav (Gr. Alpha dan Omega), Yang Awal dan Yang Akhir. Setiap huruf-huruf Aleph-Bet mewahyukan pribadi Yeshua.

Bet adalah gambaran Yeshua sebagai Tuan atas Rumah-Nya (Master of the House)

Pertimbangkan kata ‘Bereshit’ (atau B’resheet) sekali lagi. Kita tahu Yeshua “ada bersama-sama pada mulanya dengan Tuhan,” dan diri-Nya sendiri adalah Tuhan (Yohanes 1:1-2). Kepala dari Rumah Ciptaan tidak lain adalah Yeshua Sang Mesias (Ibrani 3:4). Selanjutnya dikonfirmasi oleh ayat Kejadian 1:1 berdampingan dengan Yohanes 1:1. Dikatakan Yeshua berdiam, bertabernakel dengan kita (Yohanes 1:14). Tubuh-Nyapun adalah Bet-El (Bait Elohim, Bait-Nya), tempat kediaman Tuhan Yang Maha Kuasa.

Bet dan Pewahyuan Yeshua: Hubungan antara Bapa dan Putera

Huruf Bet digunakan di dalam beberapa Nama dan Titel Tuhan, termasuk Borei Israel (Pencipta Israel), tetapi terutama terhubung dengan ben Elohim (Anak/Putera Allah).

Menariknya, jika kita menggabungkan kata sebutan untuk Bapa ‘Av’ (Aleph bet) dengan kata sebutan untuk Anak/Putera (ben) kita akan mendapatkan kata even artinya batu. Even Ma’asu adalah “Batu yang Dibuang” (Rejected Stone) dan menggambarkan Yeshua, Dia yang dibuang/ditolak oleh Israel pada waktu kedatangan-Nya pada pertama kalinya.

Tertulis di dalam kitab Kejadian pasal pertama ayat yang pertama, “Pada mulanya Allah menciptakan …” (Heb. Bereshit bara Elohim …) Kata untuk cipta di dalam bahasa Ibrani adalah ‘bara,’ dan kata untuk Anak/Putera (Eng. Son) adalah ‘bar’. Jika kita pisahkan kata ‘bara’ menjadi ‘bar-a’ kita akan mempunyai ‘bar Aleph’ yang mengacu kepada ‘putera (bar) Bapa (Aleph)’: “Pada mulanya putera Bapa …” (“In the beginning the Son of Aleph …”)

5772

Di musim Ayin Bet ini kita diminta untuk tetap berfokus kepada Tuhan agar dapat menerima arahan-Nya dan mengingat kembali kepada tujuan awal Tuhan menciptakan kita umat manusia, dan agar kita memasuki penggenapan dari tujuan Tuhan di hari-hari terakhir. Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!

Di dalam Yesus Kristus, oleh darah-Nya kita telah menerima penebusan dari dosa, baik dari dosa yang diturunkan, dosa korporat dan dosa pribadi dan menjadikan setiap kita ciptaan baru dari benih Dia, putera tunggal Bapa, Yeshua HaMashiach, Yesus Kristus untuk memenuhi semua dan segala sesuatu.

Ini dapat terjadi apabila setiap umat tebusan-Nya menyadari betapa Tuhan pada awalnya merindukan untuk berdiam, bertabernakel di dalam diri manusia, memenuhi manusia dengan diri-Nya, dengan hati dan pikiran-Nya, memberdayakan manusia dengan kuasa-Nya. Manusia menjadi tempat kediaman-Nya, bait bagi Roh-Nya, tempat kesukaan-Nya di bumi, Rumah Kemuliaan. Apabila Tuhan diijinkan duduk bertakhta di dalam bait-Nya, yakni di dalam hati setiap kita, niscaya karakter-Nya, kasih-Nya, damai-Nya, otoritas dan kuasa-Nya, hikmat dan nasihat-Nya memenuhi setiap kita dan gereja-Nya secara korporat.

Sesungguhnya kunci dari berkat-berkat-Nya terletak apabila Kepala atau Tuan dari yang empunya Rumah, Yesus Kristus melalui Roh-Nya tinggal di dalamnya tidak sekedar melawat Rumah-Nya tetapi memiliki akses penuh atas kediaman-Nya.

Ia mau agar kita menjadi Rumah Doa bagi Segala Bangsa, menangkap desakan dan keluhan isi hati-Nya bagi dunia, agar segala bangsa datang kepada-Nya, Mesias bagi dunia yang selama ini telah dirindukan oleh bangsa-bangsa. Melahirkan kehendak-Nya atas bangsa-bangsa termasuk atas Israel, bangsa pilihan-Nya, melalui doa-doa orang-orang kudus-Nya. Sebab akan tiba saatnya pintu anugerah bagi bangsa-bangsa tertutup dan mata Tuhan akan beralih kembali kepada bangsa pilihan-Nya, dan kali ini Sang Batu Penjuru tidak lagi ditolak dan dibuang.

Ia mau kita menjadi Rumah Pujian dan Penyembahan bagi Tuhan yang senantiasa memuliakan Dia dan menebarkan aroma Surga di bumi. Tuhan memilih huruf Bet diantara huruf lainnya di dalam Tanakh karena huruf Bet membuat semua ciptaan memuji/memberkati Tuhan. Ia mau agar gaya hidup dari hati yang menyembah ada di dalam setiap kita. Ia ingin menjadikan kita pembawa-pembawa hadirat-Nya merubah atmosfir sekeliling kita, mempersiapkan jalan bagi Dia.

Ia mau menjadikan kita Rumah Roti di mana oleh karena kehadiran-Nya di dalam hati kita maka senantiasa ada pewahyuan yang segar.

‘Bereshit’ artinya ‘pada mulanya.’ Pada mulanya adalah Firman … Ia mau agar Firman-Nya menjadi dasar yang kuat di dalam hidup kita. Agar di hari-hari terakhir di mana goncangan-goncangan akan terus terjadi, setiap kita tidak tergoncangkan. Ia mau kita tinggal di dalam Firman dan Firman tinggal di dalam kita. Ia mau agar kita dibangun oleh firman-Nya, dibingkai oleh firman-Nya, ditetapkan dan diteguhkan oleh firman-Nya. Ia mau firman-Nya dilepaskan, suara-Nya, pesan-pesan-Nya diperdengarkan dengan kuasa dan kasih-Nya!

Ia mau menjadikan kita Rumah Kreativitas Roh Kudus di mana dari dalam hati kita keluar aliran-aliran air hidup yang memproduksi kehidupan-Nya, menyinarkan terang-Nya di tengah-tengah dunia yang semakin gelap dan suram. Mengalirkan buah pikiran-Nya, kegairahan-Nya, nilai-nilai dan cara-cara-Nya, strategi-strategi-Nya yang segar, metoda-metoda baru, pelayanan-pelayanan, karunia-karunia pemberdayaan Roh Kudus.

Ia mau menjadikan kita Rumah Mujizat, dipenuhi dengan pemulihan-pemulihan, kesembuhan, tanda-tanda heran dan ajaib, hal-hal yang supranatural.

Ia mau menjadikan kita Rumah Berkat, jika kita menjadi selaras dengan kehendak-Nya, maka kita berada di dalam zona berkat ilahi! Bet adalah zona berkat ilahi. Huruf Bet mewakili berkat-berkat (Heb. Brachot). Ia mau kita diberkati untuk menjadi berkat. TUHAN memberkati dan melindungi engkau; TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera. Amin!

Sebab kemuliaan dan kemegahan Rumah Tuhan di akhir jaman akan melebihi dan melampaui kemegahannya yang semula.

Di musim ini peranan pembapaan yang sejati dari hati Bapa (Aleph) dilepaskan kepada para pemimpin untuk terus berdiri di belakang anak-anak rohani (ben), membina, mendorong, menopang, mendukung, melepaskan, melindungi dan memberi kekuatan.

Sumber