Siapa yang diselamatkan (Khotbah Pdt Sutadi Rusli)

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Siapa yang diselamatkan
Sutadi Rusli-20180812-3x4.jpg

Pdt Sutadi Rusli

Ringkasan Khotbah
KebaktianIbadah Raya
TanggalMinggu, 9 September 2018
GerejaGBI Danau Bogor Raya
TempatGraha Amal Kasih
KotaBogor

In moment like this, I sing out a song
I sing out a love song to Jesus
In moment like this, I lift up my hands
I lift up my hands to the Lord

Singing I love You, Lord
Singing I love You, Lord
Singing I love You, Lord
Singing I love You, I love You

Shalom dan selamat pagi, pasti semua rohnya menyala-nyala Amin!

Pertama-tama saya mengucapkan banyak terima kasih untuk dukungan setiap Saudara baik dalam doa, daya, dan dana untuk pelayanan Bogor Agape Ministries (BAM) ke Tana Toraja, sejak tanggal 19 hingga 26 Agustus 2018 yang lalu. Semua karena pertolongan Tuhan, begitu banyak jiwa di sana boleh dipulihkan, diberkati, disembuhkan, dalam nama Tuhan Yesus Kristus! Amin!

Lukas 13:22-25,

Kemudian Yesus berjalan keliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa sambil mengajar dan meneruskan perjalanan-Nya ke Yerusalem.
Dan ada seorang yang berkata kepada-Nya: "Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan?"
Jawab Yesus kepada orang-orang di situ: "Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat. Jika tuan rumah telah bangkit dan telah menutup pintu, kamu akan berdiri di luar dan mengetok-ngetok pintu sambil berkata: Tuan, bukakanlah kami pintu! dan Ia akan menjawab dan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang.

Ini adalah satu Firman Tuhan, di mana Tuhan melayani ketika di Yerusalem. Ada seseorang yang bertanya kepada Tuhan Yesus, apakah sedikit yang diselamatkan? Tuhan tidak menjawab banyak atau sedikit, tapi Tuhan hanya berkata bahwa berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu!

Mari sama-sama renungkan apa yang Tuhan pesankan melalui ayat-ayat ini?

#1 Manusia memiliki kehendak bebas

Tuhan menciptakan manusia itu memiliki kehendak bebas, free will, bukan menciptakan manusia sebagai robot. Kita itu bukan memiliki Tuhan yang diktator.

Adam dan Hawa juga diberikan kehendak bebas, tapi akhirnya mereka makan buah yang terlarang. Padahal Tuhan sudah ingatkan kalau mereka makan, mereka akan mati. Ada pilihan bagi Adam dan Hawa, tapi mereka tetap makan setelah digoda oleh Iblis. Mereka lupa akan pesan Tuhan agar jangan makan buah terlarang itu.

Kain dan Habel, persembahan Habel diterima oleh Tuhan. Tapi sebaliknya persembahan yang dinaikkan Kain tidak diterima Tuhan. Akhirnya Kain kecewa sama Tuhan, iri hati, benci sama adiknya. Hatinya galau, bisa dibilang. Tuhan mengingatkan Kain, kenapa mukamu muram? Kamu hati-hati, dosa itu sudah mengintip.

Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya." (Kejadian 4:7)

Sudah dikasih peringatan sama Tuhan. Tapi Kain tetap memilih untuk membunuh adiknya.

Setiap bangun pagi ada begitu banyak pilihan. Pagi bangun, kita milih, mau doa, atau buka handphone dulu, atau makan dulu, atau gosok gigi dulu? Setiap jam demi jam kita diperhadapkan dengan pilihan.

Jadi Saudara, hari-hari ini mari perkuat pilihan kita. Dalam Ulangan 30:19,

Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu,

Ayo, pilih kehidupan, bukan pilih kutuk atau kematian, tapi kita pilih berkat! Pasti semua mau pilih berkat! Amin! Kita semua harus memilih berkat, bukan kutuk.

Tuhan ingatkan kita, pilih hidup yang diberkati oleh Tuhan.

Ada yang bilang, Pak hidup saya ini milik saya sendiri, apa saja saya bebas lakukan. Saudara dengarkan baik, orang-orang percaya itu dalam Firman Tuhan dikatakan, hidupmu sudah ditebus dengan darah yang mahal, bukan engkau lagi hidup tapi Kristus yang hidup dalam Saudara dan saya. (Galatia 2:20)

#2 Pintu yang sesak

… "Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! … (Lukas 13:24)

Apa sih itu pintu yang sesak?

Tuhan ingatkan kepada kita bahwa kita ada dalam satu era pencurahan Roh Kudus yang terbesar dan terakhir. Bapa rohani kita, Pak Niko, memberikan satu tema yaitu Pentakosta yang ketiga. Tuhan ingatkan kepada saya, di tengah-tengah era ini, selalu dalam setiap khotbah, dalam setiap pertemuan, deklarasikan kembali, ingatkan kembali kepada umat-Ku, siapa itu Aku!

Dalam KKR Bogor Agape Ministries Agustus lalu, dalam KKR terakhir ada Bapak Bupati, dia katakan, daerah Rentepao 90% itu adalah orang Kristen, bahkan di tempat kelahiran Bapak Bupati sendiri 100% orang Kristen. Tapi justru di situ Tuhan suruh ingatkan, baik di gereja maupun di luar gereja, termasuk di kantong-kantong Kristen, saya disuruh Tuhan tetap membagikan, mendeklarasikan kembali siapa itu Tuhan!

Jadi di dalam KKR itu, saya menyampaikan siapa itu Tuhan kepada mereka:

  1. Pertama, Tuhan Yesus Kristus adalah jalan dan kebenaran dan hidup, tidak ada seorang pun datang kepada Bapa tanpa melalui Dia! Amin!
  2. Tuhan Yesus Kristus adalah roti kehidupan
  3. Tuhan Yesus Kristus adalah tabib yang agung, bilur-bilur-Nya memberikan kesembuhan buat kita!
  4. Dan hari ini saya mau kabarkan satu kabar sukacita, kabar yang luar biasa, dia adalah pintu! I'm the door! Pintu berkat, pintu kesembuhan, pintu pemulihan, pintu mujizat, pintu pertolongan, pintu penuaian buat Saudara! Amin!


Firman Tuhan dalam Matius 7 katakan mintalah maka akan diberikan, ketoklah pintu maka pintu akan dibukakan! Mungkin Saudara datang dengan pergumulan, Tuhan sudah sediakan pintu untuk diketuk, ketoklah, Tuhan siap untuk memulihkan, memberikan kesembuhan. Selama pintu ini masih ada, kita pasti akan ditolong dalam nama Tuhan Yesus Kristus! Amin!

Mari dengungkan terus di tengah-tengah orang percaya maupun belum percaya, ingatkan kembali, beritakan kembali supaya jadi obor, Tuhan kita adalah obor di tengah-tengah kegelapan! Haleluya! Saya dorong kepada kita semua, selipkan dalam setiap ibadah yang ada, siapa itu Tuhan Yesus Kristus. Supaya makin banyak orang mendengar siapa itu Tuhan Yesus Kristus. Amin!

Saudara yang dikasihi Tuhan, mungkin kita kemudian bertanya, siapa yang mau masuk melalui pintu yang sesak itu? Ada seorang muda datang sama Tuhan Yesus, dia tanya apa yang harus aku lakukan supaya masuk Kerajaan Allah?

Matius 19:16-22, Orang muda yang kaya,

Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: "Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?"
Jawab Yesus: "Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah."
Kata orang itu kepada-Nya: "Perintah yang mana?" Kata Yesus: "Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."
Kata orang muda itu kepada-Nya: "Semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih kurang?"
Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku."
Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya.

Anak muda ini langsung ciut. Murid-murid bilang siapa yang bisa diselamatkan kalau gitu?

Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sukar sekali bagi seorang kaya untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Sekali lagi Aku berkata kepadamu, lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah." (Matius 19:16-22)

Bagaimana unta masuk lewat lobang jarum?

Tetangga kota Yerusalem, yaitu kota Betlehem, ada perbatasan di sana, ada tentara Israel dan Palestina. Di situ ada Kristen Arab dan Muslim Arab. Kalau kita ke sana, sebelum masuk ke tempat Yesus lahir, ada gerbang yang besar sekali. Pintunya besar tapi saya lihat selalu tertutup. Persis di sampingnya ada pintu yang kecil. Kalau mau masuk ke dalam, mau lihat di mana Tuhan Yesus lahir, kita harus masuk dengan menunduk. Itulah yang disebut pintu lobang jarum.

Bagaimana cara unta itu masuk ke pintu kecil? Unta biasanya membawa beban, barang-barang di punggungnya. Sehingga kalau dia mau dibawa masuk melalui pintu kecil itu, barang-barang di punggungnya harus ditanggalkan terlebih dahulu, kemudian dia harus berjalan menunduk untuk bisa melewati pintu itu.

  • Ini bicara, pertama, bahwa yang buruk-buruk, dosa, harus kita turunkan terlebih dahulu, dikubur baik-baik. Mari, tanggalkan dosa dan merendahkan diri supaya bisa masuk ke pintu itu!
  • Kedua, menunduk artinya kita harus merendahkan hati. Orang yang rendah hati siap ditegor Tuhan, supaya kita bisa masuk ke dalam lobang itu dan keluar sebagai pemenang, karena kita adalah orang-orang yang lebih dari pemenang.

Itu yang Tuhan mau, tanggalkan semua dosa, hal-hal masa lalu. Saudara, kita perlu kerendahan hati supaya kita selamat dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

#3 Menjadi ciptaan baru

Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. (Yohanes 3:5)

Air bicara baptisan selam. Kalau ada yang belum dibaptis selam, ayo, beri diri Saudara untuk dibaptis selam. Apakah kita hari-hari ini sudah berubah? Lahir baru? Menjadi lebih baik bersama Tuhan? Amin! Begitu kita masuk air, Hamba Tuhan akan berdoa dan mengatakan, engkau mulai hari ini mati dari kehidupanmu yang lama, mulai hari ini engkau bangkit dalam kehidupanmu yang baru.

Berikutnya, Roh bicara mengenai buah Roh. Setiap orang percaya harus punya buah Roh dalam kehidupan kita.

Saudara, nanti sore, perpindahan tahun Ibrani, dari 5778 ke 5779. Dari Ayin Chet 5778 ke Ayin Tet 5779. Kita tahun depan adalah tahun 2019.

Angka 9 itu luar biasa.

  • Ada 9 buah roh, 9 karunia roh, 9 ucapan bahagia. 9 bulan dalam kandungan.
  • Angka 9 itu dikalikan berapa saja, pasti kalau dijumlahkan kembali menjadi 9.
  • Indonesia, 9 huruf. Indonesia pasti diberkati Tuhan!
  • Angka 9 adalah angka berkat. Tahun 2019, Saudara pasti lebih diberkati Tuhan! Amin!
  • Angka 10 orang bilang angka penghukuman. 10 perintah Allah, tidak ada yang sanggup untuk menggenapinya, tapi Tuhan Yesus sendiri yang menggenapi hukum Taurat.

Kenapa Tuhan suruh kita kembalikan 10%, persepuluhan, yang 1 bagian diserahkan kepada Tuhan? Supaya sisa 9 bagian, bicara angka berkat, sehingga yang melakukan itu pasti diberkati Tuhan luar biasa! Waktu tidak lakukan, Saudara sedang "mengganduli" angka hukuman itu. Berkat bukan semata-mata jasmani, tapi rohani, kesehatan, damai sejahtera, sukacita berlimpah-limpah dalam kehidupan orang percaya. Amin!

#4 Menjadi pelaku Firman

… "Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! … (Lukas 13:24)

Kata berjuang dalam Yunani adalah agonizomai. Bukan siomay. Agonizomai artinya pergulatan.

Ada bangsa Spartan yang jago-jago gulat. Waktu satu keluarga punya anak laki-laki, maka pada umur 7 tahun akan diserahkan kepada satu Mentor untuk jadi pegulat-pegulat yang gagah. Setelah dilatih, mereka akan dipertemukan, masih kecil-kecil, semua badannya diminyaki dan dipertandingkan. Di situ mereka bergulat dan siapa yang keluar jadi pemenang.

Untuk masuk dalam pintu yang kecil, Saudara, kita perlu berjuang. Keselamatan itu gratis tapi untuk melakukan kebenaran Firman Tuhan itu kita perlu kekuatan dari Roh Kudus supaya kita mampu menjadi pelaku-pelaku Firman Tuhan!

Kita perlu minta kekuatan dari Roh Kudus, supaya kita tampil sebagai orang-orang yang lebih dari pemenang, kita masuk dalam kerajaan Sorga!

Ada yang menarik, ayat ke-25, dikatakan,

Jika tuan rumah telah bangkit dan telah menutup pintu, kamu akan berdiri di luar dan mengetok-ngetok pintu sambil berkata: Tuan, bukakanlah kami pintu! dan Ia akan menjawab dan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang.

Saudara, ada saatnya pintu akan ditutup! Hari-hari ini pintu itu masih dibuka, tapi pintu itu akan segera ditutup! Persiapkan diri, jangan sampai kita ketok dan pintu itu sudah ditutup selama-lamanya. Sepanjang ada kesempatan, pergunakan baik, karena masih Tuhan buka sampai hari ini, Tuhan berkati kita semuanya. Amin!