Gereja Bethany Indonesia

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Logo Sinode Gereja Bethany Indonesia

Sinode Gereja Bethany Indonesia, atau Gereja Bethany merupakan sebuah Sinode yang berbadan hukum gereja Indonesia dan berpusat di Surabaya. Gereja Bethany merupakan salah satu gereja dengan teologi karismatik dengan denominasi Pentakostal. Gereja ini merupakan anggota dari Persekutuan Injili Indonesia (PII). Gereja ini didirikan di Surabaya pada tahun 1978 oleh Pdt Abraham Alex Tanuseputra, bermula dari 7 orang hingga tahun 2009 berkembang menjadi 70.000 jiwa.

Sinode Gereja Bethany Indonesia berdiri dan diakui pemerintah secara resmi melalui Surat Keputusan Dirjen Bimas Kristen Departemen Agama RI No. DJ.III/Kep/HK 00.5/5/158/2003 pada tanggal 17 Januari 2003.

Visi dan misi

Visi
Mendirikan Jemaat-jemaat di semua tempat dan disepanjang waktu, sebagai wadah kehidupan murid-murid Kristus yang bertumbuh menjadi dewasa, menghasilkan buah-buah Roh dan hidup dalam persekutuan kasih persaudaraan yang kudus dan berkemenangan, Successful Bethany Families.
Misi
  • Melaksanakan Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus. Memberitakan Injil kepada semua bangsa, kabar suka-cita tentang jalan keselamatan melalui iman, yaitu percaya dan menerima Tuhan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat.
  • Mewujudkan Gereja yang Kudus dan Am dengan menjalankan fungsi lima jawatan pelayanan, yaitu: Penginjil, Gembala, Rasul, Nabi dan Pengajar.

Pengakuan Iman

Gereja Bethany Indonesia, mengakui, menerima, dan menetapkan Pengakuan Iman Rasuli sebagai Pengakuan Iman Gereja Bethany Indonesia:

I. 1. Aku percaya kepada Allah Bapa yang mahakuasa, Khalik langit dan bumi,
II. 2. Dan kepada Yesus kristus, Anak-Nya yang tunggal, Tuhan kita,
3. Yang dikandung daripada Roh Kudus, lahir dari anak dara Maria,
4. Yang menderita dibawah pemerintahan Pontius pilatus, disalibkan, mati dan dikuburkan, turun kedalam kerajaan maut,
5. Pada hari yang ketiga bangkit pula dari antara orang mati,
6. Naik ke sorga, duduk disebelah kanan Allah, Bapa yang mahakuasa
7. Dan akan datang dari sana untuk menghakimi orang yang hidup dan mati
III. 8. Aku percaya kepada Roh Kudus;
9. Gereja yang kudus dan am; persekutuan orang kudus;
10. Pengampunan dosa;
11. Kebangkitan daging;
12. Dan hidup yang kekal.

Pranala luar

Situs Bethany lokal